INFEKSI MENULAR SEKSUAL

Infeksi Saluran Reproduksi (Sebuah Ringkasan Informasi)

ancaman IMS

Apaan Tuh IMS ?

Singkatan populer Infeksi Menular Seksual (IMS) dan sekarang sering disebut juga Infeksi Saluran Reproduksi (ISR) atau dahulu dikatakan Penyakit Menular Seksual maupun Penyakit Kelamin. Pengertiannya adalah infeksi yang bisa menular dari seseorang ke orang lain dengan perantaraan hubungan seksual.

Semua orang beresiko tertular penyakit kelamin. Akan tetapi menurut penelitian, kaum perempuan memiliki resiko lebih besar untuk tertular, karena bentuk dan sifat alat reproduksi yang lebih rentan atau ”khas”.

Apa Aja Sich Gejala IMS ?

Biasanya gejala tidak terlihat dengan mudah dan butuh waktu untuk inkubasi. Sehingga banyak penderita tidak mengetahui dirinya telah mengidap penyakit.

Secara umum dapat diidentifikasi keberadaan IMS dengan melihat tanda-tanda penting, walaupun tidak mudah untuk melakukan. Misalnya ; rasa gatal, nyeri & panas pada alat kelamin dan waktu buang air kecil ; kadang mengeluarkan cairan ”Pus atau nanah” yang berbau dan berwarna ; timbul benjolan (bintil) dan luka pada alat kelamin & pembekakan sekitar daerah pangkal paha.

Apa Aja yang termasuk IMS ?

GO

Gonore” atau kencing nanah. Disebabkan kuman Neisseria gonorrheae. Gejala akan muncul antara 2-10 hari setelah berhubungan seks (“Kopulasi”). Dengan tanda khas berupa keluar cairan kental berwarna kekuningan, nyeri perut bagian bawah, tetapi kadang tanpa gejala.

syphillis

Sifilis” atau dikenal dengan istilah Raja Singa. Disebabkan Bakteri Treponema pallidum (Syphillis). Gejalanya muncul antara 2-6 minggu setelah berhubungan seks. Tipenya berdasarkan tahapan munculnya gejala, yaitu (1) Primer ; luka tunggal, menonjol dan tidak nyeri, (2) Sekunder ; bintil atau bercak merah di seluruh tubuh yang dapat hilang sendiri, dan (3) Tersier ; kelainan jantung, kulit, pembuluh darah dan gangguan saraf. Komplikasinya adalah kerusakan otak dan jantung, keguguran atau bayi lahir cacat dan mudah tertular HIV.

herpes simplex

Herpes Genital” yang Disebabkan Virus Herpes simplex. Gejala muncul antara 4-7 hari setelah berhubungan seksual. Gejala awal berupa tumbuh banyak bintil “anggur kecil” berair berkelompok dan nyeri, kemudian apabila pecah akan meninggalkan luka kering yang bisa hilang sendiri dan kambuh lagi jika ada faktor pencetus (stress, haid, alkohol dll). Komplikasinya pada bayi yang lahir mata buta, kematian janin atau aborsi dan klien mudah terinfeksi HIV.

trikomonas

Trikomoniasis” disebabkan oleh Protozoa Trichomonas vaginalis. Gejalanya  cairan vagina encer kuning kehijauan, berbusa dan berbau busuk, serta sekitar kemaluan bengkak, kemerahan, gatal dan terasa tidak nyaman. Komplikasinya umumnya ditemukan lecet-lecet di sekitar kemaluan, bayi akan lahir prematur dan mudah terinfeksi HIV.

klamidia

Klamidia” disebabkan oleh Infeksi Kronis Bakteri Chlamydia trachomatis. Gejalanya berupa keluarnya cairan vagina encer putih kekuningan, dominan keluhan nyeri rongga panggul dan adanya pendarahan setelah berhubungan seks. Komplikasinya adalah mempermudah infeksi Gonore, penyakit radang panggul, kemandulan, infeksi mata bayi baru lahir dan mudah terinfeksi HIV.

condiloma akuminata

Kutil Kelamin” atau “Condiloma Akuminata” ini disebabkan Human Papiloma Virus. Gejalanya antara lain berupa timbulnya banyak tonjolan kulit yang terlihat seperti ”jengger ayam”. Komplikasinya kutil itu dapat membesar tumbuh seperti tumor, bisa berubah menjadi tumor contohnya kanker mulut rahim dan mudah tertular HIV.

ulkus mole

Ulkus Mole” yang disebut juga Chancroid atau Bubo. Infeksi ini disebabkan Bakteri Hemophilus ducreyi. Gejala adalah luka banyak dengan cekung pinggir tidak teratur, keluar nanah dan nyeri, serta biasanya salah satu sisi kelamin mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di lipat paha, berwarna kemerahan, apabila pecah akan bernanah dan nyeri. Komplikasi sering ditemukan kematian janin pada ibu hamil dan mudah tertular HIV.

brosur hiv-aids

 

Human Immunodeficiency Virus (HIV)”, yaitu virus perusak sistem kekebalan tubuh (sel darah putih atau Leukosit) yang menyebabkan penurunan imunitas manusia hingga menimbulkan kerentanan terhadap serangan berbagai kumpulan penyakit yang disebut “Acquired Immuno-Deficiency Syndrome (AIDS)”.

Secara fisik tidak ada gejala yang ditemukan pada Window periode atau tahap dini maupun tahap awal terinfeksi HIV (0-5 tahun). Selanjutnya tahapan gejala mulai terlihat (5-8 tahun) dimana berat badan turun, cepat lelah, demam dan pembesaran kelenjar. Kemudian tahap penyakit AIDS (8-10 tahun) dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh, hingga penyakit yang sebenarnya tidak berbahaya malah menjadi mematikan. Diakhiri oleh tahap penderita meninggal yang diakibatkan berbagai penyakit oportunistik yang dideritanya.

Untuk mengetahui seseorang terinfeksi HIV-AIDS hanyalah dengan Tes Darah untuk mengetahui apakah didalam tubuh terdapat antibodi HIV. Tes tersebut harus diawali suatu prosedur tes dan konseling untuk klien yang dicurigai  disebut VCT (Voulantery Counseling And Testing).

Semua beresiko tertular HIV-AIDS. Penularannya adalah dengan cara  (1) Hubungan seks dengan orang dengan HIV-AIDS (ODHA) tanpa memakai kondom, (2) Transfusi darah atau transplantasi organ terpapar HIV, (3) Benda tajam atau jarum suntik yang terkontaminasi HIV, dan (4) Ibu ODHA kepada bayi yang dikandung melalui plasenta atau persalinan.

Tetapi HIV-AIDS  tidak dapat ditularkan melalui ; (1) Bersalaman, cium pipi dan berpelukan, (2) Makan dan minum bersama, (3) Gigitan serangga termasuk nyamuk atau perantaraan lalat, (4) Pemakaian fasilitas umum bersama, (5) Batuk maupun bersin ODHA, dan (6) Hidup serumah hingga mengunjungi ODHA, asalkan tidak berhubungan seksual.

Adapula keluhan lainnya berkaitan dengan IMS misalnya trauma pada kelamin seperti yang tampak pada gambar dibawah ini :

Gimana Caranya Ngobatin IMS ?

IMS bukan serangan penyakit yang bisa sembuh sendiri. Bila telat diobati akan menyebabkan gejala yang lebih parah dan penyakit jadi semakin sulit diobati, terutama mengakibatkan alat reproduksi rusak hingga kemandulan. Hal terburuk lainnya adalah menularkan ke orang lain, misalnya pasangan seksual atau ibu hamil ke bayinya yang lahir cacat.

Oleh karena itu, segera periksakan diri ke Dokter atau Rumah Sakit terdekat. Dengan ketepatan penanganan, pemeriksaan luar dan dalam, serta obat yang tepat maka IMS menjadi mudah untuk disembuhkan.

And Then, Gimana Caranya Mencegah IMS ?

Penyakit menular ini tidak dapat dicegah dengan mencuci alat kelamin (Mr. Penis & Ms. Vagina) setelah berhubungan seks, minum “Jamu”, kebersihan atau kerapian penampilan fisik dan minum antibiotik sebelum atau sesudah melakukan berhubungan seks.

Akan tetapi IMS dapat dicegah  dengan tidak melakukan hubungan seks yang tidak bertanggung jawab (Abstinence), berhubungan seks hanya dengan pasangan (Be Faithfull), memakai kontrasepsi atau Kondom (Condom), jangan bertukaran jarum suntik bekas narkoba (Don’t Inject) dan carilah sumber pengetahuan yang berkaitan atau informasi yang benar (Education).

GO girl

Guys And Girls, Remember ABCDE of K154RA And Stop Stigma!!!!

 

About these ads

121 Responses

  1. baru beberapa waktu yg lalu saya ikut seminar tentang HIV dan AIDS, dan ditunjukkan foto2 asli dari gambar diatas, jadi ngeri ngeliatnya :D

  2. yoi Bli…..Saya masih memakai gambar diatas, ditunggu edisi yg berisi foto-foto aslinya….thanxs for comment….sy link ya

  3. bali hanya anganku

  4. AIDS, Ims memang menjadi momok bagi kita semua. penyakit ini muncul akibat gaya hidup kita yang terlalu mmelewati batas. makanya wat temen2 jangan melakukan hubungan seks sebelum nikah ya dan setialah dengan pasangan kita.

  5. Terus bagaimana dengan berciuman bibir dengan ODHA apakah akan terinfeksi virus HIV. dan mengenai penyakit kelamin pada Ms. Vagina apa yang dimaksud dengan luka tonjolan tetapi tidak terasa nyeri. (luka tetapi tidak nyeri?)

    • Terimakasih atas pertanyaannya dan salam kenal,
      Berciuman (air liur) bukanlah media penularan daripada HIV, walaupun demikian kita tetap harus memperhatikan kondisi bibir dan sekitarnya, apakah terbebas dari luka kecil (mikro lesi) yang bisa menjadi media penularan melalui perantara darah yang ada.
      Kemudian mengenai luka pada MsVagina yang tidak terasa nyeri, hal tersebut khas terjadi pada kasus sifilis atau ulkus durum dimana akan terjadi luka didaerah sekitar kelamin yang berbentuk cekung, kondisinya kering dan apabila disentuh umumnya tidak terasa sakit.

  6. gambar2x menarik..izin u/ dipake jd bhn power point y..makasih sebelumx ;)

  7. pak mohon tolong jawab pertanyaan sbg brkt :

    1.gatal2 pada kelamin saya (laki2)
    2.susah buang air kencing

    • Salam kenal Pak Otokudiai,
      Mohon maaf Saya masih merasa kurang jelas dgn pertanyaan/keterangannya, sehingga Saya melakukan pengeditan pada kalimatnya. Mungkin bisa dilengkapi kembali agar tidak salah dalam pembahasannya.

  8. kemarin saya berhubungan dgn pacar saya cow..tp setelah 10 hari pacar saya pada penisnya keluar seperti nanah…krn saya cinta bgt ama dia saya kaget ampe nangis…kenapa yah …d saat cinta bersemi….cobaan datang.!.menyesal emang km tdk gunakan kondom…tp adakah obat yg mengurangi keluarnya nanah tsb atau menghentikan perih nya..walau dia yg merasakan sakit itu tp saya ikut merasakan kesedihan pacar saya…..dan saya harus tanggung jawab krn semua ini…krn kami uda berjanji sehidup semati…dgn katalain mati kami harus bersama sama

    • Terimakasih Galih,
      Sepertinya kemungkinan besar Pacar Galih terkena infeksi GO (gonore) jika ditinjau dari gejala yg ada, kencing bernanah dan perasaan perih saat berkemih.
      Saran Saya segera ke Dokter utk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

  9. saya seorang pria, 28 tahun. sudah beberapa bulan ini, kantung “buah zakar” saya bagian bawah, kering dan lama kelamaan terlihat luka garis garis, dan akan terasa nyaman kalo saya garuk pelan. pada saat di garuk, terasa perih tapi enak.

    apakah itu suatu penyakit kelamin? jika benar, apakah Anda tau solusinya ? dan Obatnya apa ?

    terima kasih
    Dedi

    • Selamat Pagi Pak Dedi,
      Saya belum mendapatkan gambaran jelas dr penyakit yg dialami Pak Dedi, bentuk luka seperti apa?
      Dari penjelasan yang diberikan sepertinya bukanlah wujud IMS asal tidak terdapat riwayat perilaku beresiko (free sex dll), mungkin kondisi tsb hanya brupa infeksi bisa jamur/yg lainnya.
      Saran Sy segeralah ke dokter umum/spesialis kulit-kelamin terdekat untuk mendapatkan solusi/obat yang tepat & mohon untuk tidak menggaruknya secara berlebihan krn bisa menjadi semakin buruk! Sementara mandilah dahulu dengan menggunakan air yang bersih & memberikan antiseptik.
      Terimakasih, semoga lekas sehat

  10. Saya telah mengkonsumsi tequinol 500g..tetapi masih saja dr kelamin saya sering keluar cairan seperti sperma ke kuning-kuningan..! Apa kah saya bisa smbuh bila mengkonsumsi obat itu??

    • Selamat Pagi Pak Wawan,
      Sebelumnya bisakah Anda memberitahukan Saya kandungan dr obat Tequinol 500g yg dikonsumsi? Krn Saya tdk mengetahuinya, walau sudah mencoba mencari di beberapa buku obat, internet maupun sejawat.
      Apakah cairan yg dikeluarkan bau? terjadi terus-menerus? adakah nyeri pada kelamin? Dari gambaran penyakit yang dijabarkan diatas sepertinya Bapak mengalami IMS, jika disertai riwayat perilaku beresiko.
      Segeralah memeriksakan diri ke Dokter untuk mendapatkan penanganan yg tepat? Sementara Bapak bisa menlanjutkan terapi tsb apabila memang diresepkan oleh Dokter krn pengobatan IMS membutuhkan waktu yg cukup lama.
      Terimakasih, semoga cepat sehat

  11. saya pernah mengalami penyakit gonore , tapi yang jd pertanyaan dipinggir penis saya ada semacam putih2 sdikit.klo mnurut sy itu sperti jengger ayam tp masih sdikit tetepi oleh dokter yg masih muda.dia katakan itu akibat bakteri gonore tsb?kira2 obat apakah yg cocok dan apakah ucapan dokter muda itu benar.trims

    • Selamat siang Rangga,
      Saya belum mendapat gambaran yang cukup mengenai kondisi tsb, putih2 tsb wujudnya spt apa? dan apakah ada keluhan lainnya.
      Jika putih2 tsb brupa cairan, kemungkinan memang benar sisa infeksi GO atau smegma (cairan/kotoran) dari penis yang menumpuk dibawah kulit. Sehingga perlu utk melanjutkan pengobatan.
      Saya sarankan Rangga untuk mengkonsultasikan dan memeriksakan diri ke Dokter terdekat agar mendapat terapi yang tepat.
      Terimakasih

  12. izin pake gambar” nya buat power point…

  13. apakah penyakit go berbahaya??
    Biasanya apa obat yang tepat untuk menyembuhkannya??

    • Penyakit GO / Kencing nanah tidak mengancam nyawa secara langsung, namun apabila kondisi tersebut dibiarkan akan timbul komplikasi kronis berupa kemandulan akibat infeksi dari organ reproduksi dan syok apabila infeksi bersifat menyeluruh.
      Obat yang tepat ada, namun hanya bisa didapatkan setelah melalui pemeriksaan dokter. Dibutuhkan kepatuhan pasien untuk kesembuhan. Terimakasih

  14. gejala IMS kita harus periksa kemana, dokter umum atau ke spesialis kulit/ alat kelamin ?

  15. mau tx… di sekitar selangkanganku sering gatal2, ada bintik bintik kecil yang kalu digaruk akan keluar cairan lengket. warna kulitx berubah jadi merah…dan gatal yang sama juga terjadi di ketiak saya. apa itu termasuk penyakit ims??? mohon djwb thanks

    • Selamat siang qq,
      Infeksi atau penyakit menular seksual hanya menular melalui aktifitas seksual yang tidak sehat dan berisiko, misalnya berganti-ganti pasangan dan tanpa menggunakan kondom. Jadi apa qq ada keterangan tentang kondisi ini?
      Kalau dilihat dari gejala memungkin saja ada ims atau infeksi pada kulit, coba untuk segera mengkonsultasikan diri ke dokter terdekat.
      Terimakasih

  16. dok,buah zakar saya kok sebalah kiri kadang bengkak kl hbs angkat beban berat,knp ya dok??????????trs kdg muncul benjolan di daerah leher…..kl keluar sering demam……tp kl buah zakar bengkak itu kadang kambuh kl amgkat beban berat…..makasih ats jawabanya……

    • Selamat siang,
      Maaf atas keterlambatan dalam membalas karena comment anda masuk ke spam,

      Buah zakar yang membengkak ketika mengangkat beban berat tersebut kemungkinan adalah tanda dari adanya kejadian Hernia Skrotalis. Kondisi tersebut timbul akibat menurunnya dinding usus halus ke dalam rongga skrotum/buah zakar, yang dapat dipicu aktifitas berat seperti mengangkat beban, terlalu keras mengedan, dan batuk yang keras. Keluhan ini biasanya dapat berkurang dengan istirahat atau tidur sejenak, serta menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan perburukan seperti diatas. Saya sarankan untuk segera berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter umum/spesialis bedah terdekat.

      Untuk kondisi munculnya benjolan disekitar leher mungkin bisa diperjelas kembali karena saya tidak mendapatkan informasi yang jelas. Terimakasih dan demoga bermanfaat

  17. selamat sore,, saya mw tnya neh.. saya ada bintik2 di sekitar kulit kelamin saya..tpi,gk gatal stelah saya priksa ke dokter kulit dan kelamin kta dokter gk apa2 tu kta dokter tu..
    bgmna saran y”? apkh bnar gk apa2 tu..?

    • Selamat malam mas,
      Dari cerita yg disampaikan diatas mengenai gambaran keluhan yg dialami sepertinya mendekati kondisi herpes genitalis/infeksi virus.
      Namun hal tersebut haruslah diperiksakan kembali baik ke dokter spesialis kulit-kelamin/umum untuk kepastian diagnosis yg baik dan terapi yg tepat.
      Utk smentara ini cobalah hidup yg sehat,jaga kbersihn diri n hindari prilaku brisiko.
      Terimakasih

  18. o ya dok karna saya sangat syng 5 pcr sy kalo pcr saya juajak sex dia gax mau lalu q kencan ma dia habis itu pcr saya saya bawa ke rmh teman saya lalu disitu aku ajak pcr saya untuk sex kagi2 dia gax mau tapi setelah q paksa akirnya dia mau dan setelah saya dan pcr saya berhubunggan sex vagina pcr saya menggeluarkan cairan apakah itu penyakitnya dok????????

    • Selamat malam,
      Saya masih kurang mendapatkan informasi terkait kondisi diatas, misalnya gambaran cairan yang dimaksud, keluhan lainnya termasuk gejala yang ada pada diri anda.
      Namun sekilas sepertinya yang keluar adalah cairan lubrikasi vagina sebagai tanda pasangan anda mencapai tahap yang tepat untuk melakukan penetrasi dalam rangka hubungan seksual dan bukan merupakan penyakit ataupun IMS.
      Terimakasih,

  19. Selamat Siang Dok !!!

    Saya numpang tanya permasalahan istri saya..1 minggu lalu diantara vagina dan anus ada sedikit benjolan.. setelah ke dokter SpOG dan SpKK ternyata vonisnya Condyloma..Pengobatan baru dilakukan ditetesi cairan yang nggak boleh dicuci selama 4 jam..obatnya perih setelah itu ternyata diperiksa lagi ternyata benjolan itu hilang.

    Setelah itu control lagi ke SpKK ternyata dibagian atas ada timbul 1 seperti kutil kecil.. dan dokter bilang ini condyloma juga, tapi saat ditetesi obat yang sama, ternyata ini tidak perih seperti yang pertama. setelah 4 jam dicuci dilihat lagi ternyata tidak rontok spt yng pertama.

    Saya mau tanya dok..
    1. Apakah dimungkinkan pada saat ke dokter SpKK, bisa sekaligus dicek secara keseluruhan di mana saja letak condylama tersebut.. Soalnya 2 kali datang.. ada ditempat yang berbeda katanya.. nanti suruh kontrol lagi.
    2. Bagaimana cara melakukan pengecekan, apakah HPV ini masih ada atau tidak? bisakah dengan test HPV DNA dan papsmear?
    3. Sebagai suami,, bagaimana cara saya melakukan cek apakah saya pembawa virus HPV ini atau bukan? saya sebaiknya ke dokter SpKK juga? karena saya tidak merasakan ada keluahan apa-apa..

    Terima kasih Dok..

    • Selamat malam bapak,
      Pada prinsipnya condiloma akuminata atau jengger ayam merupakan wujud infeksi kronis dari virus human papiloma (hpv). Virus ini kemungkinan sudah lama berada pada tubuh seseorang,dan ketika kekebalan/kondisi kesehatan seseorang menurun maka muncul keluhan/bentuk infeksiusnya berupa tumbuhnya benjolan pada kulit.
      Dengan demikian menjawab pertanyaan bapak ;
      1. Dimungkinkan oleh dokter utk mendiagnosa/menemukan condiloma yg multipel wlo dalam pengobatan memang dilakukan terpisah satu-persatu’
      2. Utk mengetahui keberadaan pasti penyebab bisa dilakukan tes antibody spesifik terkait hpv,namun sy rasa tidak perlu mengingat cost-benefit. saat hpv menginfeksi seseorang pertama kali maka selanjutnya akan dorman/berdiam dalam tubuh kita sepanjang hidup dan virus tsb dapat melakukan replikasi/pertambahan jumlah. Yg bisa kita lakukan adalah usaha pencegahan dr transmisi virus n menjaga status kesehatan kita. Apabila sudah mengalami gejala hendaknya mengikuti prosedur pengobatan dgn taat dan sabar krn diperlukan waktu yg cukup utk mengobati/menghilangkan keluhan yg timbul.
      3. Utk bapak sy hanya sarankn usaha pencegahan dr munculnya infeksi dgn menjaga kesehatan secara umum dan jangan khawatir krn saat ini penanganan didunia kedokteran moderen sudah sangat baik.
      Semoga informasi yg saya berikan ini bermanfaat dan utk selanjutnya utk kontrol rutin ke dokter spkk dan spog.
      Selamat tahun baru 2012,tak lupa sy ucapkan

      • mlm dok……….. saya mw tanya 3 hari yang lalu ada benjolan yang gatal di bibir Mrs.V saya kemudian sembuh sendiri tanpa saya obati.tapi masih ada bekasnya. dan sekarang ada benjolan lagi kecil-kecil tapi lebih banyak sekitar 4-5 benjolan.kadang saking seringnya saya garuk, bagian V yang dalam jd ikut gatal dan jadi perih ketika kena air…. perlu diketahui saya berumur 20 tahun, belum menikah dan belum pernah berhubungan intim.saya mohon penjelasannya beserta solusi dari dokter… thanks a lot………….

      • Mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaannya,berhubung ada kesibukan lainnya.
        Boleh saya tahu bentuk benjolan seperti apa?berisi cairan,bintil-bintil dan adakah keluhan lainnya?
        Jika dilihat sekilas memang sepertinya ada permasalahan kesehatan pada daerah kelamin anda,namun saya sarankan utk berobat ke dokter agar mendapat penanganan yg lebih baik.

  20. sata mau bertanya tentang penyakit saya ini, saya mengalami luka seperti luka bakar / bintil jamur di bagian pelir nya(kantung pelir) beberapa waktu lalu banyak, dan sudah hilang saya obati, tapi sekarang timbul lagi…dan saya ingin menanyakan spisifikasi penyakit apa yang saya alami. bagaimana cara mengetahui nya apakah harus lewat periksa darah atau gimana??? mohon jawabannya

    • Selamat malam mas sata/rifky,
      Bisa gambarkan kembali keluhan yang dialami agar lebih jelas memperkirakannya?
      Kemudian juga mohon informasi mengenai obat yang sudah digunakan sebelumnya?
      Sekilas dari pemaparan kemungkinan kondisi yang ada adalah bintil-bintil kecurigaan akibat infeksi virus, misalnya herpes simpleks. Untuk penyakit IMS ini disarankan utk ke praktek dokter terdekat utk mendapatkan obat yg sesuai. Pemeriksaan tambahan tidak begitu diperlukan kalau gambaran klinis sudah jelas herpes genitalis.
      Semoga bermanfaat,

  21. permisi,mau tny nih. Dari bbrp hari lalu, pangkal paha saya terasa gatal2 dan timbul luka cekungan brwarna kemerahan, dan selang brp hari,wrnany brubah mnjd abu2, brbntuk melingkar dan cekung di tengahnya. Saat memakai CD seharian, pasti ada cairan berbau tdk sedap yg menempel (membasahi) CD .. mohon jawabannya dok.. terimakasih :)

    • Selamat malam,
      Sy belum mendapatkan gambaran yg jelas ttg kondisi yg sedang dialami, akan tetapi sekilas sy menangkap ada problem berupa kemungkinan terkena infeksi jamur.
      Saya sarankan utk segera memeriksakan diri ke doter terdekat utk mendapatkan penanganan yg tepat dan selalu menjaga kebersihan pakaian dalam anda.
      Terimakasi

    • saya menyediakan pemeriksaan gonore dan klamidia yang bisa anda lakukan langsung di apotik terdekat seperti K24 dll hubungi saya obatnya hanya sekali makan saja….jadi anda tidak perlu ke dokter (karena perasaan malu dll) cukup hubungi saya saja (sms only) thx Tuhan Memberkati saudara

  22. Dok saya mau tanya di pingir kepala penis persisnya di bibir samping, ada bintil ada bercak merah di bagian kepala penis tidak ada hanya samping saja.

    Kadang gatal tapi banyakan tidak. Saya sudah cuci dengan detol berapa hari ini rasanya perih hangat. Saya dari lahir belum di sunat.

    Apakah berbahaya?

    Thanks sebelumnya

    • Selamat malam mas,
      Sepertinya ada bekas trauma pd ujung penis anda (glands) apabila dilihat dr gambaran keluhan yg telah disampaikan.
      Jika berkenan bisa berkonsultasi via japri ke email sy disertakan foto gambaran keluhan tsb.
      Saran sy adalah menjaga kebersihan organ kelamin anda dgn membersihkan usai berkemih, menganti secara tratur celana dalam dan hindari kontak seksual tanpa pengaman.
      Selain jg saran utk segera memeriksakan diri and ke dokter praktek trdekat dan jangan mencoba mengobati sendiri seperti yg telah dilakukan saat ini.
      Semoga bermanfaat,

  23. bang saya laki, 19 thn
    saya takut ini apakah ulkus mole atau tidak .
    ini membuat saya jadi tidak semangat menjalani hidup ini

    belum pernah seks .hanya ciuman … dan belum pernah pengobatan hanya saleb saja yang saya pakai sekarang
    lokasi nya hanya disitu saja dan hanya satu saja . saya rasakan pada jumat tanggal 11 bulan 5 dan sampai sekarang saya lihat membaik karena sebelum saya obati .kulitnya tidak kering .
    tidak ada rasa nyeri . hanya kalau terkena air saja
    tidak ada keluar cairan yang aneh dari alat kelamin saya . seperti nanah .atau darah .
    yang saya maksud kehilangan semangat hidup ,saya takut ini penyakit kelamin. itu saja bang ..

    lukanya cekung ke luar Bang … dan saya gunakan obat saleb Betason-N Betamethasone neomycin Krim yang saya beli dari Apotik .
    Cembung .. Keluar bang …
    kayak kaca spion ..kereta …

    jadi saya nanti ke Apotik dan beli saleb antibiotika murni gitu aja ?? uda ngerti itu kan bang ,
    ngomong ngomong berapa lama ini sembuh …?? apakah sampai 1 bulan ? dengan pemaikaian teratur .?|

    • Sementara dari gambaran yang saya lihat dan berdasarakan keterangan yang telah disampaikan,
      sepertinya kondisi yang dialami ini hanya berupa luka lecet trauma biasa,
      Kemungkinan pula salep yang gunakan adalah antiseptik ataupun antibiotik yang bagus untuk perawatan luka tsb,

      Kemungkinan luka tersebut memang karena trauma, sehingga luka tampat lecet dan sedikit meninggi.
      Untuk pengobatan mungkin bisa ganti dahulu salep tersebut, krn agak kurang tepat dari kandungannya.

      Benoson-N berisi antibiotika dan antiradang, dimana antiradang ini tidak efektif untuk mengobatinya.
      Bisa dibeli di apotik terdekat, jika tdk membaik, harap segera berobat ke dokter utk penanganan yg lebih baik.
      Umumnya dalam waktu 2 minggu sembuh, asalkan bisa mengikuti saran-saran saya td.
      Misalnya kalmoxilin/ikagen/sagestam salep.

      Saran tambahan saya adalah menjaga kebersihan organ kelamin dengan menghindari luka tsb terkena air yang kotor,
      mengganti dalaman minimal 2x perhari dan abstinensia (puasa) dari aktifitas seksual dahulu.
      Apabila ada yang kurang jelas dan keluhan tsb tidak menghilang jg, saya sarankan utk segera ke dokter praktek terdekat.

      Semoga bermanfaat dan lekas sehat.

  24. dok, saya mau tanya nih…beberapa hari lalu saya melakukan oral seks dengan pasangan saya lalu berhubungan seksual juga….nah pas oral seks tersebut, pasangan saya melakukannya dengan agak kasar dengan menyedot terlalu kuat penis saya…keesokan harinya pada pagi hari muncul cairan putih mirip sperma yg keluar dr ujung penis saya….dan itu sampe 3 hari tapi keluarnya hanya pada pagi hari saja, dan saya tidak merasakan nyeri sama sekali ketika kencing dan tidak ada bercak merah atau luka apapun pada penis saya….apa itu termasuk gornea atau klamidia dok? mohon petunjuknya….pernah saya test saya pake celama warna putih untuk tidur dan keesokan harinya celana saya ada bercak berwarna hijau2 gt dok….tapi sekali lagi, saya tidak nyeri or ada bercak2 merah pada penis saya…apa penyakit itu ya dok?

    • Selamat pagi mas john,
      Maaf baru berkesempatan membalas karena kesibukan perkuliahan dll,
      Kalau dilihat dari keluhan yg dialami, kemungkinan besar saudara mengalami gangguan pd saluran kencing/reproduksi, bisa gonore atau lainnya.
      Saya sarankan utk segra berobat kepraktek dokter terdekat.
      Terimakasi dan semoga bermanfaat

  25. saya kena penyakit kencing nanah .,,
    kira” apa obat yg tepat buat saya ya .,
    trimmss…

    • Berobatlah dgn memeriksakan diri kedokter agar mendapatkan penanganan yg tepat. Jangan anggap enteng problem kesehatan tsb.

  26. pak.
    saya mendapatt gejala gatal pda sekitar kelamin saya, dan keluar cairan putih dan berbau.
    apa kah ini termasuk penyakit ims.
    tapii saya blm pernah melakukan hubungan seks.
    gimana tu pak?
    dan saya mau tnya itu termasuk ims atau bukan ?
    kalau iya itu termasuk ims apa ?
    terima kasih

    • Selamat malam mas,
      Saya belum mendapatkan informasi yg cukup jelas mengenai keluhan yg terjadi pd kelamin anda, sehingga saya tdk bisa memastikan kondisi tsb termasuk ims atau tidak.
      Apa ada keluhan lainnya selain adanya luka, keluar cairan putih dan berbau tsb? Ada rasa gatal? luka berwujud seperti apa? Cairan putih yg keluar berasal dr mana? Baunya seperti apa? Sebelumnya tdk pernah mengalami hal seperti ini?
      Terimakasi, bisa juga kontak via email pramareola14@ymail.com

  27. Selamat pagi mas..
    mau nanya.. di bagian testis saya dekat batang ada semacam benjolan entah apa benjolan dari pori2 kulit atau bukan terasa gatal, jika saya garuk biasanya jadi waarna putih, apa ini termasuk penyakit IMS? atau mungkin boleh saya minta email mas untuk saya kirimkan fotonya…
    terima kasih =)

    • Boleh dikirimkan fotonya ke email pramareola14@ymail.com ? Oya cairan yg keluar dr saluran/lubang kencing? Warnanya? Ketika kencing ada perasaan tdk nyaman ; sakit/panas? Bintil2 tsb muncul sejak kapan? Apakah anda sudah berkeluarga? Aktif berhubungan seksual? Dgn siapa ; istri/lainnya? Adakah menggunakan pengaman? Thx

      • gk ada mas.. kencing normal saja, gk ada rasa sakit ataupun panas..
        saya skrng sudah tdak aktif berhubungan.. bintilnya baru2 saja sekitaran 4hari yang lalu…

      • Okey mas,
        Boleh saya tanya kembali
        Kapan terakhir berhubungan, dgn siapa saja? Istri atau lainnya? Ini terkait keluhan yg ditanyakan mas, apakah terkena infeksi menular seksual. Terimakasi

  28. Terakhir berhubungan 2 bulan yg lalu, saya belum berkeluarga mas.. Kalo diliat keliatannya seperti jamur saja mas.. Tpi pengen minta pendapat dari mas juga untuk memastikan… Soalnya dulu juga diselangkangan saya banyak. karena waktiu kecil saya jorok bgt.. Hahaha…

    • Kalau sekilas dr gambaran keluhan yg disampaikan mas n diperkuat dgn foto, sepertinya memang ada infeksi jamur disertai reaksi alergi yg kemungkinan akibat daerah tsb selalu lembab/berair n kurang terjaga kebersihannya,bukan merupakan infeksi menular seksual.
      Saran sy sering mengganti dalaman,jgan biarkan basah/berkeringat. Taburi bedak antigatal/salycil n oleskan krim antijamur.
      Semoga lekaz sehat

  29. permisi om,,
    saya mau nanya ni,, di kepala alat kelamin saya ada benjolan yg menyerupai kutil dan sudah pecah dan mengeluarkan nanah, seperti ny benjolan itu mau membesar lagi,,di bagian batang ny pun ada bekas luka2 dan kutil.. dan berat badan saya pun terus menurun,dan juga susah tidur.. membuat saya tak semangat jalani hidup..saya malu untuk periksa ke rmh sakit… ini penyakit apa ya dok? apakah ini hiv/aids
    .

  30. dari gambar yg telah saya kirim ke email ny.. itu penyakit apa om?
    terimakasih

  31. saya laki-laki umur 18 tahun belum pernah melakukan hubungan seks, sudah hampir satu bulan di penis saya timbul benjolan dan semakin banyak tetapi tidak sakit terkadang gatal dan daerah penis saya mengering awalnya hanya gatal yang luar biasa pada selangkangan saya selama hampir 1 bulanan lebih dan sekarang baru muncul bentol-bentol merah itu, apakah ini herpes dok? mohon bantuanya dok, karna sebagai remaja seperti saya ada rasa malu untuk pemeriksaan

    • Oke dari gambaran sekilas memang sepertinya rio mengalami infeksi pada organ reproduksi/seksual,
      Utk lebih jelasnya bisa ke dokter terdekat atau konsultasi via email ke pramareola14@ymail.com
      Bisa sertakan foto/gambar kondisi penyakit saat ini, thx

  32. Selamat malaam pak. Skitar seminggu lalu saya melakukan hub sex di tempat prostitusi. Saya melakukan hub sex 2x, pda saat hub yg kedua, kebetulan kondom saya sudah habis, dan akhirnya saya berhubungan tanpa kondom. Tepat satu hari yg lalu, saya mendapati ada cairan kental berwarna putih kekuningan yg keluar sedikit demi sedikit melalui penis..

    Dari penjelasan yg saya baca diatas sepertinya terkena penyakit gonorho..
    Setelah menceritakan kepada teman dekat sya yg sering pergi bersama saya untuk “jajan”, dia jg pernah terkena penyakit yg sama seperti yg sya alami. Pda saat itu dia mengkonsumsi obat Tequinol dan sembuh dalam 3 hari sudah tidak ada lagi nanah yg keluar..

    Setelah saya menambah informasi melalui google, sya mendapati bahwa Tequinol ada lah obat yg mengandung Ciprofloxacin / Siprofloksasin HCl.
    Saya ingin menanyakan apakah obat rekomendasi dari teman saya itu juga mendapat rekomendasi dari bapak? Apakah kandungan Ciprofloxacin / Siprofloksasin HCl dalam obat Tequinol memang cocok untuk mengobati gonorho? Trims

    • Selamat malam mas,
      Gambaran yg anda sebutkan kemungkinan benar memang gonore n obat yg disebutkan adalah salah satu jenis antibiotika yg berkhasiat jg utk gonore.
      Namun sy sarankan utk brobat ke dokter terdekat utk mendapatkan diagnosis yg tepat n tentu saja penanganan yg baik pula.
      Oke,semoga lekas sehat

  33. selamat sore,
    penyakit saya mirip banget sama yg digambar, tapi saya tidak pernah berhubungan seks, kadang penyakit itu gatal gatal dikemaluan dan suka kambuh, dan gatal2nya pun sampai ketubuh. awalnya dari teman sekamar saya, tiba tiba menular. gimana yah solusinya selain kedokter ?

    • Maaf baru membalas, ada kesibukan upacara di kampung bali n langkanya sinyal yg baik
      Mohon diinfokan mirip gambar penyakit yg mana dr berbagai jenis ims yg ada? Atau utk privasi bisa kirimkan gambarnya via email ke pramareola14@ymail.com
      Yg terbaik bisa dilakukan adalah segera berkonsultasi dgn praktek dokter terdekat.
      Terimakasih

  34. Selamat mlm pak,…

    Sy mw tanya, bbrp hr yg lalu saat sy melakukan mastrubasi(tanpa menggunakan pelumas) stlh bbrp mnt tiba2 muncul benjolan merah di kepala penis,..
    Benjolan merah itu halus,tidak bernanah dan tidak gatal,selain itu di antara kepala penis dan batang penis muncul satu bintik merah kecil,tidak gatal dan tidak perih….
    Apakah sy terkena kutil kelamin atau penyakit IMS yg lain?

    • Selamat malam ari,

      Boleh dikirimkan gambar gangguan yg dikeluhkan via email ke pramareola14@ymail.com agar bisa mendapatkan kemungkinan diagnosis yg lebih baik?

      Sebelumnya ingin mengajukan sedikit pertanyaan ; Sejak kpn keluhan tsb muncul? Sebelumnya pernah mengalami hal yg sama? Adakah keluhan lainnya disekitar kelamin n dibagian tubuh lainnya? Apakah Ari sudah aktif melakukan aktifitas (hubungan) seksual sebelumnya, dgn siapa saja n apakah menggunakan pengaman?

      Terimakasi n sy tunggu kabarnya

  35. Mas..sblmnya slm kenal..saya mau bertanya cm melalui email dan saya akan menyertakan gambar kondisi sakit sy skrg..sblmnya sy ucapkan trmakash..dan saya harapakn replynya

  36. Posting yang sangat2 bermanfaat nih..
    oiya, om mimin saya kirimin email..
    di cek ya emailnya..
    terimakasih..

  37. selamat siang dok,

    saya umur 20 tahun,

    saya belum pernah berhubungan intim dengan wanita, tapi di kepala penis saya ada luka bernanah.. sudah di periksa ke dokter dan katanya infeksi tapi gak ngasih tau itu infeksi apa….

    pertamanya sih gatal di batang kelamin, dan waktu batang penis saya gatal saya garuk seperti ada bintil agak keras sih tapi saya pikir itu bekas jaitan waktu sunat… terus saya kasih salep, tapi gatalnya malah menyebar sampai bawah pusar dan sampai lutut…. lama-kelamaan saya mendapati luka di kepala penis, waktu itu sempet seperti kering jadi hitam gitu lukanya, namun karena ke gesek sama celana jadinya malah timbul nanah…

    kalo malem juga gatalnya minta ampun dok…

    sebelumnya juga diselangkangan saya sempat gatal-gatal, seperti ada jamur dok,

    saya sudah dikasih obat sama salep sih sama dokter, memang bukan dokter spesialis tapi saya sudah di suntik juga sama dokternya,,,,

    saya ingin memastikan kira-kira itu infeksi apa dok,…? karena itu membuat saya kepikiran dan mengganggu pekerjaan saya… terimakasih sebelumnya dok….

    • Terimakasih atas konsultasinya,

      Mungkin bisa dikirimkan gambaran (foto) penyakit pada kelamin via email ke pramareola14@ymail.com.

      Bila mengevaluasi dr tanda dan keluhan yg ada kemungkinan mengalami luka (ulkus) yg disertai infeksi, artinya luka tsb tdk bersih dan terjadi infeksi sekunder (bisa jamur, bakteri dll).

      Saran sy kembali memeriksakan diri ke dokter umum/spesialis kulit-kelamin terdekat utk mendapatkan diagnosis tepat dan penanganan yg baik.

      Semoga lekas sehat

      • sebelumnya terimakasih udah di balas dok, oh iya saya juga mohon maaf dok, saya belum sempat ambil foto penyakit saya ini…

        oh’ jadi ada kemungkinan luka ulkus ya dok ?
        apa itu berbahaya dok ? soalnya ini di kepala kelaminnya dan rawan ke gesek sama celana tapi sekarang saya perban…

      • Klo tdk ada riwayat aktifitas/hubungan seksual yg berisiko sebelumnya, saya rasa tdk akan mengalami infeksi menular seksuaal.
        Kemungkinan yg kmaren memang luka cekung (ulkus) jika gambaran keluhan n tanda seperti itu.
        Semoga lekaz sehat

      • oh begitu ya… terimakasih kalo gitu dok, saya jadi lega klo dokter bilang gitu… dan mohon maaf klo saya terlalu banyak bertanya dok…

      • oh ya dok, satu lagi yang membuat saya penasaran, saya mau tanya tentang bahaya onani itu apa sih ? dan apa bisa sampai ims ? terimakasih..

      • Onani atau masturbasi yg dilakukan oleh laki-laki adalah suatu aktifitas merangsang diri sendiri maupun dgn bantuan pasangannya secara seksual dan aktifitas ini normal dilakukan oleh laki-laki yg sudah pubertas.

        Asalkan dilakukan secara bersih dan benar, maka onani tsb tdk akan menimbulkan komplikasi/masalah kesehatan termasuk infeksi menular seksual.

      • Oh iya dok terimakasih banyak atas semua jawabannya…

  38. langsung sja
    kira2 ini gjala apa yah?
    kepala penis terlihat ada bercak atw bintik merah … agak gatal sih … itu gjala apa? krna ktka kencing … nggak trasa sakitt …
    kira2 gjala apa itu n pncegahanx dgn cara apa?
    º°˚˚°º♏ªKª§Ǐ♓º°˚˚° º

    • Selamat pagi mas trafa,

      Mungkin bisa diperjelas gambaran keluhannya dgn mengirimkan foto/gambar gangguan yg terjadi via email ke pramareola14@ymail.com, sy tunggu.

      Kemudian sedikit pertanyaan bagaimana dgn riwayat aktifitas seksual anda? Sudah pernah berhubungan? Dengan siapa? Apakah menggunakan pengaman? Pernahkah mengalami hal yg sama?

      Terimakasih

  39. yah … prnah brhubungan tpi tdk smpe msuk mr.p k ms.v
    prnah brhubungan sm pacar dan tidak mnggunakan pengaman …
    gjala ini tidak prnah sya alami sbelumnya …

    cman prnah sakit demam smpe 5 hari …. trus uda itu brlanjut trserang flu n batuk … saat itu muncul bercak merah pda bgian kpala penis ….. sya fikir mgkin krna demam atau alergi makanan sja …
    jdi Ɣâŋĝ muncul hanya lah bercak merah kisaran 0,3cm smpe 0,5cm … n trasa gatal dikit … hanya itu dok ….
    mohon maaff gambarx nnti sya kirim … brhubung jringan susah dsni …
    º°˚˚°º♏ªKª§Ǐ♓º°˚˚° º

    • Boleh saya tau dr kapan mengalaminya? Apakah memburuk?
      Adakah nyeri/rasa panas saat berkemih? Keluar cairan (putih/nanah/darah/bening) spontan dr kelamin? Thx

      • (•͡˘˛˘ •͡)” hmm ◦°◦ºº‎ ◦°◦ºº…
        sjak 2 minggu Ɣâŋĝ lalu kalo gak salah …
        maap telat…
        skrg bercak merahx ud berwarna biru khitaman n mngring hgga kea mau trkelupas …
        gak da nanah kluar …
        kondisix mgkin uda bisa sya blg agak membaik dikit lah …
        karna bercak merahx sbagian uda agak brwarna biru khitaman n mngering …
        mnurut qita bgaimna?
        mohon saran n tanggapanx …
        kbetulan kmren2 sya olesi jg dgn madu … coba2 … krna sya baca2 d intrnet … bisa d olesi dgn madu …
        º°˚˚°º♏ªKª§Ǐ♓º°˚˚° º

      • Selamat malam mas,

        Oke terimakasi atas responnya,
        Jika dilihat dr keterangan/gambaran keluhan yg anda sampaikan, memang kemungkinan sementara adalah proses luka/peradangan dgn infeksi pada kelamin, namun sepertinya bukannya bentuk dari infeksi menular seksual.

        Saran kongkrit saya adalah segera memeriksakan diri ke praktek dokter umum/spesialis kulit dan kelamin utk diagnosis yg lebih tepat dan tentu saja mendapatkan penanganan yg tepat pula. Jangan coba-coba memberikan pengobatan yg tdk jelas khasiat n efektifitasnya.

        Umumnya utk kasus yg dialami anda akan diberikan pengobatan antibiotika lokal berupa krim ataupun minum dan anjuran untuk menjaga kebersihan organ rrproduksi tsb termasuk menggunakan pengaman (kondom) ketika melakukan aktifitas seksual.

        Semoga lekas sehat,

  40. ‎​btw dokter bgian mna baikx memeriksax?
    krna sya blum prnah dpat dokter sp. kulit … trlebih untk sp kelamin … kalo dokter umum apa gak msalah jie…
    mngenai pemberian madu … apa tidak apa2 jie kah … mlihat jg khasiat madu itu banyak. .. Hεεε【ツ】ђεεε【 ツ】hεεε. .
    makax sy olesi dgn madu …
    º°˚˚°º♏ªKª§Ǐ♓º°˚˚° º

    • Saran saya segera ke rumah sakit umum daerah terdekat menuju poliklinik khusus infeksi menular seksual atau penyakit kulit-kelamin agarmendapatkan penanganan yg tepat.
      Sy tdk memiliki informasi terkait khasiat madu utk infeksi pada kelamin, saran sy jangan digunakan apalagi klo kotor/terkontaminasi, madu memang berkhasiat tapi klo di sajikan dgn baik dan dalam bentuk obat standar.
      Terimakasi

  41. dok pada kepala kemaluan saya terdapat luka sprt melepuh kyk luka bkar kemudian pd testis banyak sekali bintik merah yg gatal…

    • Selamat pagi mas,
      Bisa dikirimkan foto gambaran keluhan tsb via email pramareola14@ymail utk konsultasi yg lebih baik.
      Sebelumnya sy ingin menanyakan, adakah riwayat berhubungan seksual dahulu? Dengan siapa partner seksualnya? Berganti2 partner dan apakah menggunakan kondom?
      Selanjutnya keluhan2 tsb dr kapan munculnya? Adakah cairan yg keluar dr kelamin? Rasa nyeri saat buang air kecil? Keluhan lainnya secara detail?
      Dan terakhir anda berdomisili dimana? Apakah sempat berobat dan meminum obat?
      Terimakasi dan saya tunggu responnya

  42. siang dok ,, saya pengantin baru .. ,melakukan hub biasa2 saja tapi kenapa sekarang timbul sepeti bentol besar di batang penis (gambar seperti (trauma pada kelamin) tidak gatal cuma kadang perih .. ini kenapa ya dok ? apa yg saya harus lakukan terima kasih

    • Boleh disampaikan konsultasi ini via email ke pramareola14@ymail.com untuk lebih baiknya.
      lampirkan juga keluhan yang ada dan kalau boleh beserta foto gambaran bentol tsb?
      Sejak kapan keluhan tsb muncul? ada nyeri saat buang air kecil, rasa panas saat bak, dan keluar cairan dari lubang kelaminnya?
      Terimakasih

  43. mas…mau tanya, suami saya ada benjolan keras di “buah zakar-nya” benjolannya berwarna pinggirannya sperti kulit dan tengahnya berwarna putih, namun benjolannya dipegang keras, dan sekarang di selakanggnanya suami saya mau ada benjolan lagi, tapi belum terlihat namun waktu dipegang terasa keras dan benjol. itu apa ya dok?

    • Oke boleh dikirimkan gambaran keluhan yg terjadi via email ya?
      Boleh jg dijelaskan kembali secara runut keluhan tsb ; dari kapan, dimana saja, keluhan lain yg menyertai, ada riwayat penyakit apa saja, riwayat pengobatan dll. Terimakasi

  44. Klo yg digambar asli di atas itu krn apa y penyebabnya? Sy mengalami hal yg sama persis timbul bentol merah yg tidak gatal ada satu seperti di gambar 1 lg di kepala penisnya… Mohon bantuan penjelasannya… Thx b4

  45. mas di kepala penis saya terdapat bintik2 merah mengeluarkan cairan bening mas mudah pecah dan terasa gatal kira2 saya terkena penyakit apa ya mas

  46. EMM,.,.
    dok mau tanya..
    di ujung penis saya ada benjolan seperti jerawat berwarna merah terang, nggak gatal dan nggak terasa apa-apa, tapi udah seminggu nggak hilang, bahaya nggak ya kira2,

    • Halo, terimakasih atas konsultasinya, Jika dilihat dari gejala yang ada sepertinya cukup berbahaya jika tidak mendapatkan penanganan yang benar, kemungkinan besar mengarah ke infeksi pada organ seksual Namun alangkah baiknya klo bisa diberikan informasi lebih rinci ttg keluhan tsb dan disertai gambar melalui email ke pramareola14@ymail.com

  47. dok kalo terkena kutil kelamin obatnya apa ya dok ?
    terima kasih.
    apa boleh saya kirim gambar juga.
    jujur saya takut dan resah dok

    • Silakan dikirimkan gambar utk bantuan mendiagnosis penyakit/keluhan yg dialami ke pramareola14@ymail.com,
      Sertakan gambaran keluhan (lokasi, sejak kapan mengalami, adakah nyeri/luka/cairan keluar dari kelamin, riwayat kehidupan seksual dan riwayat pengobatan?).
      Utk kutil kelamin disarankan utk memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu, pengobatan cenderung berupa pembedahan utk tahap yg lanjut. Terimakasih

  48. Pagi dok,
    saya pria 36 tahun, 3/4 mggu yang lalu saya sempat “jajan” dengan memakai sarung, lalu 3 hari belakangan ini ada satu benjolan berisi cairan, setelah pecah dan menjadi kering(hanya luka kecil) muncul satu benjolan tunggal lagi persis sama, kira2 jenis sakit apa ya dok? ini cukup sering terjadi dengan tenggang waktu 1 / 2 bulan (langganan)

  49. Saya mengalami bintil bintil pada vagina
    terasa gatal dan kalau digaruk menjadi warna merak bintil nya
    .. Apakah penyebabnya dan bagaimana solusinya ?

  50. permisi pak. saya feby hermawan pak. saya punya keluhan di bagian daerah kelamin saya alias di kulit telur atau di bawah penis saya terdapa bentol2 tapi sewarna dengan kulit penis
    ini penyakit apa pak? di obati dengan apa?

    thx .

  51. saya mau konsultasi klo berkenan..
    di daerah penis saya seperti ada benjolan kecil yg bentuknya seperti daging jd kecil..
    tidak terasa sakit dan lunak sifatnya dan tidak berbentum bulat sempurna.. tidak rata permukaannya..
    kira2 apa ya dok? apakah kutil kelamin?
    mohon infonya

  52. saya mau konsultasi klo berkenan..
    di daerah penis saya seperti ada benjolan kecil yg bentuknya seperti daging jd kecil..
    tidak terasa sakit dan lunak sifatnya dan tidak berbentum bulat sempurna.. tidak rata permukaannya..
    lokasinya hanya di lingkaran penis daerah perbatasan bekas sunatan
    kira2 apa ya dok? apakah kutil kelamin?
    mohon infonya

  53. Dokter, saya mau tanya..
    3 minggu lalu saya mengida gonorea, saat itu saya mengonsumsi siprofloxacine, tp tidak hilang timbul dus
    Skrang testis saya mengeras dan membesar. Kira kira saya sudah terkena apalagi dokter dan penanganannya bagaimana ya?

    • Dokter, saya mahasiswa kdkteran d sumut.. sya mau nanya..Saya mengida gonore 3 minggu lalu dok, saya minum siprofloxacine, kdang dus hilang kdang timbul
      Tapi saya sempat putus obat
      Skrang sya sudah mengalami pembesaran dan pengerasan di testis,nyeri,perut kanan bawah(inguinal)dekat selangkangan nyeri,serta keluhan tambahannya badan pegal pegal serta demam. Tanpa mual muntah dokter.
      Kira kira saya terkena apa dan penanganannya gimana dokter? Tolong dijawab ya dokter, saya menyesal dan malu
      Kalau saya beri ceftriakson 250 mg im boleh ga dokter?
      Trimakasih dokter

      • Selamat pagi,
        Mungkin saran saya segera memeriksakan ke dokter senior praktek umum/spesialis kulit dan kelamin utk keluhan anda,
        Jika dilihat dr gejala kemungkinan sudah disertai orchitis n infeksi sekunder, hal ini kemungkinan karena pengobatan yg tdk adekwat, termasuk penggunaan antibiotika yg kurang tepat,
        Semoga bermanfaat dan lekas sehat,

  54. mohon bantuanya pak,,
    sy seorang pelajar 16th dan belum pernah berhubungan badan,,
    waktu itu badan sy demam dan sakit kepala, karena tidak kuat sy memutuskan untuk dirawat di rumah sakit, setelah beberapa hari badan sy membaik, tpi waktu sy buang air kecil terdapat luka kecil berbentuk lonjong di batang penis sy, karena belum mengerti mengenai masalah tersebut, sy membiarkanya, sekitar 1 minggu luka tersebut sembuh dan membekas,,

    yang sy tnyakan, penyebab luka tersebut apa dok? apakah itu IMS? padalah sy belum pernah berhubungan badan, namun pernah onani,,
    terimakasih

    • Selamat malam robert,
      Jika melihat keluhan n informasi yg disampaikan kemungkinan luka tsb bukanlah wujud infeksi menular seksual. Mungkin saja diakibatkan trauma minor yg tdk disadari dan yg terpenting saat ini sudah mengalami kesembuhan.
      Saya rasa tidak ada hubungannya kondisi luka dikelamin tsb dgn kondisi deman n sakit kepala hingga dirawat rumah sakit yg anda alami.
      Saran saya segera memeriksakan diri ke dokter praktek umum/spesialis kulit n kelamin utk mendapatkan penanganan n konseling yg lebih baik.
      Terimakasih dan semoga lekas sehat

  55. Selamat malam dok :). Saya baru saja mengirim e-mail konsultasi saya. Tolong di cek ya dok, maaf merepotkan. Terima kasih sebelumnya :)

  56. saya kirim e-mail konsultasi dok, tlong dibantu.. terimakasih..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,589 other followers

%d bloggers like this: