Derita Akibat Sariawan

sariawan1

Oleh :

dr. Nilam dan dr. Pramesemara

(Staf Unit layanan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali)

****

Alow KISARA,

Sory Kakak, Putu nanya lewat sms aja ya karna lagi sariawan. Sulit buanget ngomong n ndak enak maem juga. Tolong donk, gimana biar cepat sembuh dari derita ni? :-(,

Putu di Bukit Jimbaran, +6282146909XXX.

*****

Terimakasih atas sms-nya Putu :-),

Seperti yang diketahui bahwa mulut merupakan salah satu pintu gerbang utama tempat masuknya mikroorganisme ataupun hal-hal lain yang bisa merugikan kesehatan. Secara umum di dalam rongga mulut terdapat banyak kuman ataupun mikroorganisme lainnya yang merupakan bagian dari flora normal yang tidak menimbulkan gangguan kesehatan apapun (non patogen), serta turut menjaga kesehatan mulut dan membantu fungsi pencernaan.

Saat kekebalan (sistem imun) tubuh menurun termasuk pada mulut, maka mikroorganisme yang normal hidup di dalam mulut bisa berubah menjadi patogen yang mampu menimbulkan berbagai penyakit infeksi. Daya tahan pada rongga mulut yang menurun akibat infeksi tersebut terutama akan menimbulkan sariawan sebagai akibat gangguan penyerta lainnya yang berasal dari proses mekanik (cedera), trauma suhu (panas dan kering), paparan bahan kimia, kekurangan mineral terutama vitamin C, dan kekurangan hemoglobin darah (anemia).

stomatitis

Penyakit Sariawan

Sariawan merupakan salah satu permasalahan kesehatan yang sudah tidak asing lagi terjadi di masyarakat. Hampir semua orang pernah mengalami penyakit sariawan dalam hidupnya. Jika terkena sariawan maka serasa hidup menderita sekali, serba salah saat ingin makan ini atau ingin makan itu, bahkan berbicara pun kadang-kadang ikut sulit karena rasa nyerinya.

Penyakit sariawan yang dalam bidang ilmu kedokteran dikenal dengan nama Stomatitis Aphtosa berarti suatu proses radang atau infeksi yang terjadi pada daerah mukosa (bagian lunak) rongga mulut baik pada areal pipi maupun lidah. Biasanya bisa berupa bercak luka berwarna putih-kekuningan dengan permukaan yang agak cekung dan dapat berupa bercak tunggal maupun berkelompok.

Saat ini, sariawan merupakan penyakit pada rongga mulut yang paling banyak terjadi dan diperkirakan mengenai 2-66% populasi di dunia. Insiden kejadian penyakit sariawan lebih tinggi ditemukan pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

Beberapa faktor risiko yang diduga dapat langsung menyebabkan timbulnya sariawan antara lain kondisi kebersihan gigi dan mulut yang buruk, trauma makan akibat tergigit ataupun terkena panas, kelainan genetik, dan kekurangan zat besi, asam folat, vitamin C, vitamin B6, dan vitamin B12. Selain diakibatkan reaksi alergi bahan makanan tertentu, kelainan pada sistem pencernaan, stress emosional, gangguan hormonal terutama yang terjadi pada perempuan saat sebelum dan sesudah menstruasi, kurangnya asupan cairan (minum), dan kebiasaan merokok turut menjadi pencetus terjadinya sariawan.

Keluhan Sariawan

Gejala awal dari sariawan dapat berupa rasa panas atau terbakar pada bagian rongga mulut, kemudian akan diikuti dengan munculnya rasa nyeri. Perlahan-lahan rasa nyeri akan dirasakan memburuk dalam beberapa hari sebelum hingga sampai munculnya ulkus (luka cekung) dan selanjutnya rasa nyeri menghilang setelah terjadi proses penyembuhan. Bercak luka yang ditimbulkan akibat dari sariawan akan terasa agak kaku dan sangat peka terhadap gerakan lidah atau mulut, sehingga rasa sakit atau panas yang dirasakan tersebut dapat membuat kesulitan untuk makan dan minum hingga susah untuk berbicara.

Acapkali individu yang mengalami sariawan juga akan memproduksi atau mengeluarkan banyak air liur. Umumnya luka akibat sariawan akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4-20 hari. Apabila sariawan belum juga sembuh sampai waktu 20 hari atau lebih, maka haruslah diperiksa lebih lanjut untuk menentukan penyebab atau apakah ada gangguan lainnya.

Kasus sariawan jarang menimbulkan komplikasi yang serius. Namun jika terjadi peradangan atau infeksi yang meluas sampai menimbulkan absess (luka bernanah), maka dapat menimbulkan permasalahan lanjutan, misalnya kekurangan nutrisi yang disebabkan nafsu makan yang berkurang akibat rasa nyeri, menurunnya kemampuan berkomunikasi, dan kemungkinan timbulnya penyakit pada lidah, gusi, dan gigi akibat buruknya higienitas mulut.

Mengobati Sariawan

Tentunya semua hal yang terkait sariawan akan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Oleh karena itu, perlu untuk mencegah timbulnya sariawan dengan cara menjaga kebersihan rongga mulut dan mengkonsumsi nutrisi dengan gizi yang cukup terutama makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Dianjurkan pula untuk menghindari stress dan aktifitas yang dapat menimbulkan trauma pada mulut, seperti luka akibat menggosok gigi yang terlalu keras ataupun menggunakan tusukan gigi.

Jika sudah terlanjur mengalami sariawan, maka dapat mencoba melakukan kumur-kumur dengan air garam hangat ataupun cairan khusus guna membersihkan rongga mulut. Segera memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat. Jangan pernah menganggap enteng sariawan karena terkadang bisa menjadi tanda awal timbulnya penyakit-penyakit lain yang lebih serius.

Bagi rekan-rekan pembaca IMOB yang masih membutuhkan informasi tentang sariawan ataupun tentang kesehatan umum lainnya. Silakan kunjungi KISARA Youth Clinic (KYC) di Jalan Gatot Subroto IV nomor 6, Gedung PKBI Daerah Bali lantai-1. Klinik ini merupakan unit pendukung dari program KISARA (Kita Sayang Remaja) yang layanannya buka setiap hari Senin-Jumat kecuali libur, Pukul 09.00-15.00 WITA. Info selanjutnya bisa hubungi telepon (0361)-430200, berinteraksi via website www.kisarayouthclinic.org, facebook™ group, email kisarayouthclinic@yahoo.com, dan twitter™ @kisara_clinic.

**************

sariawan

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,589 other followers

%d bloggers like this: