Organ Reproduksi Perempuan

kespro

oleh :

dr. I Gusti Ngurah Pramesemara, S.Ked

Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali

*********

Alow Kakak Dokter Kisara,

Mo nanya, apa aja alat-alat reproduksi cewek itu? Bedanya dengan organ sex? 

Mpe skarang Tania masih bingung, thx.

Tania (081337174XXX   

 *********

Menjadi remaja di era yang modern ini bisa menjadi sesuatu fase kehidupan yang menyenangkan sekaligus memberikan kewajiban hidup yang cukup berat. Kini remaja selalu dituntut untuk menjadi anak yang baik, rajin belajar, dan ditambah dengan banyak tugas lain yang harus dikerjakan tiap harinya. Di sisi lain remaja harus mampu menjadi sosok yang mengikuti trend dan mode terbaru agar diterima oleh teman-teman sebayanya. Yakinkah para remaja sudah pintar untuk membagi perhatian agar semua dilema di atas bisa sejalan dengan baik?.

Membicarakan tentang gaya hidup di kalangan remaja sekarang ini, tentu ada hal-hal wajib yang harus dipunyai agar tetap gaul sehingga bisa menjalani masa remaja dengan asyik dan indah. Bekal utama yang wajib dimiliki adalah ilmu pengetahuan dan salah satu wawasan yang mutlak diketahui adalah mengenai kesehatan reproduksi dan seksualitas (KESPROSEKS) remaja.

Banyak remaja yang belum memahami ilmu kesehatan reproduksi dan seksualitas sehingga terjerumus dalam pergaulan bebas dan berbagai kenakalan yang tidak bertanggungjawab. Acapkali karena ketidakpahamannya, remaja menjadi kurang mampu untuk mengontrol dorongan seksual dan keinginan dini untuk berhubungan seksual sebelum waktunya. Selain mengakibatkan kehamilan tidak diinginkan di usia yang masih sangat muda, tidak menutupi kemungkinan mengalami Infeksi Menular Seksual (IMS) terutama penyakit Human Immunodeficiency Virus – Acquired Immunodeficiency Syndrome (HIV-AIDS).

mens

KESPROSEKS PEREMPUAN

Definisi dari kesehatan reproduksi adalah semua keadaan sehat baik secara fisik, mental, maupun sosial berkaitan dengan sistem reproduksi yang terdiri dari organ-organ reproduksi dan fungsinya untuk menghasilkan keturunan. Sedangkan seksualitas berarti segala sesuatu yang menyangkut hidup manusia sebagai mahluk seksual, yaitu fisik organ-organ seksual maupun emosi, perasaan, kepribadian, dan sikap yang berkaitan dengan perilaku, orientasi, dan problem yang berkaitan dengan aktifitas seksual.

Organ reproduksi dan seksualitas pada perempuan ataupun laki-laki adalah saling terkait dan mampu menjalankan fungsinya secara bersamaan. Organ-organ reproduksi pada perempuan, misalnya vagina atau ovarium pun mampu menjalankan fungsi sebagai organ seksual dan sebaliknya. Namun tidak semua organ seksual pada perempuan bisa berfungsi sebagai organ reproduksi, seperti zona-zona erotis pada kulit, mulut, bibir, mata, tangan, dan lainnya. Hal yang sama berlaku pula pada alat kelamin laki-laki.

REPRODUKSI PEREMPUAN

Secara garis besar, organ-organ reproduksi perempuan dapat dibagi menjadi dua bagian, yakni luar (eksterna) dan dalam (interna). Adapun yang termasuk organ reproduksi  eksterna pada perempuan, antara lain :

  1. Mulut kemaluan (Labia) terdiri dari masing-masing sepasang Labia Mayora yang berukuran besar dan Labia Minora yang berukuran kecil. Keduanya berfungsi melindungi  lubang kemaluan (Vagina) dari lingkungan luar tubuh.
  2. Bibir kemaluan (Vulva) merupakan bagian awal dari rongga senggama (Vagina) yang menghubungkan rahim (Uterus) dengan lingkungan luar tubuh. Vulva dibentuk oleh Klitoris (Klentit), yaitu sebuah benjolan daging berukuran kecil yang sangat peka terhadap rangsangan taktil atau seksual karena banyak mengandung pembuluh darah dan ujung-ujung saraf sensoris. Tepat di depan Vagina terdapat bagian Vulva, yakni selaput dara (Hymen) berupa lapisan tipis yang tidak mengandung pembuluh darah.
  3. Liang senggama (Vagina) adalah saluran berbentuk silinder, diameter sekitar 6-7 cm, panjang 9-10 cm, dindingnya kasar dan berbentuk lipatan-lipatan yang elastis. Berfungsi sebagai tempat penis berada saat senggama, menampung cairan ejakulasi, saluran untuk keluarnya cairan menstruasi, dan jalannya persalinan bayi.

repro perempuan

Kemudian untuk organ-organ reproduksi interna pada perempuan adalah sebagai berikut :

  1. Leher rahim (Serviks) merupakan bagian terbawah dan terluar dari rahim yang memproteksi organ-organ reproduksi yang terletak lebih dalam, dan sebagai pembatas penetrasi dari penis laki-laki ketika melakukan hubungan seksual.
  2. Rahim (Uterus) adalah bagian tempat berkembangnya janin dan sumber perdarahan saat perempuan mengalami menstruasi. Berupa ruangan berongga yang dilindungi oleh tiga lapis otot (endometrium, miometrium, dan parametrium), banyak pembuluh darah, dan selaput lendir. Ketika perempuan tidak hamil, bentuknya seperti buah alpukat yang gepeng dengan berat sekitar 30-50 gram.
  3. Saluran Telur (Tuba Fallopi) merupakan tempat berjalannya sel telur (Ovum) setelah keluar dari ovarium (ovulasi) dan pembuahan saat spermatozoa bertemu dengan ovum. Jumlahnya sepasang di kiri dan kanan uterus, dan ujung lateral membentuk umbai-umbai (Fimbrae) guna menangkap ovum hasil ovulasi.
  4. Indung Telur (Ovarium) adalah sepasang organ di kiri dan kanan fimbrae yang mengeluarkan sel telur secara periodik dan bergiliran, serta sebagai penghasil dua hormon utama bagi perempuan, yaitu Estrogen dan Progesteron.

Ketika mendiskusikan tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas remaja, hendaknya juga mengangkat hal-hal lain yang terkait seperti pubertas, gender kehamilan, kontrasepsi, IMS, dan HIV-AIDS hingga penyalahgunaan NAPZA. Oleh karena itu, janganlah pernah  tabu dalam membahas hal-hal yang terkait aspek reproduksi dan seksualitas manusia baik pada perempuan maupun laki-laki, apalagi demi tujuan kesehatan.

Akhirnya, bagi sahabat remaja yang masih membutuhkan informasi lebih lanjut tentang KESPROSEKS dan seputaran kesehatan umum lainnya. Silakan berkunjung ke Klinik Remaja KISARA (Youth Clinic) di Jalan Gatot Subroto IV nomor 6 Denpasar di Gedung PKBI Daerah Bali lantai-1 yang buka layanan setiap hari Senin-Jumat Pukul 09.00-15.00 WITA atau hubungi telepon (0361)-430200.

*********

About these ads

One Response

  1. terimakasih infonya…sangat bermanfaat sekali…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,589 other followers

%d bloggers like this: