Memaknai Tantangan Masa Depan Seorang Remaja

Youth International Day 2009 ; Sustainability, Our Challenge Is Our Future

13082009Dua  bulan di pertengahan tahun 2009 ini memang penuh dengan berita yang mungkin menjadi bagian dari sejarah bangsa Indonesia nantinya. Rentetan itu dimulai pada pagi hari tanggal 18 Juli 2009 dengan terjadinya aksi teror peristiwa pengeboman Ritz Carlton dan JW Marriot yang mengakibatkan batalnya  kunjungan klub sepakbola Manchester United dan terungkapnya kembali aktifitas para teroris di negeri ini. Pada akhirnya pasukan khusus Densus 88 berhasil membuktikan ketangguhannya dengan meringkus mati beberapa oknum teroris beserta jaringannya, salute Pak!

Tetapi bukan berita kesedihan saja yang mesti terus diratapi oleh bangsa ini. Ternyata bulan Agustus 2009 ini sarat dengan even yang sepatutnya kita sambut dengan gembira. Bali, sebuah pulau yang sering menjadi halaman pertama menggambarkan kondisi Indonesia di mata dunia, sedang melaksanakan suatu konferensi AIDS yang akbar se-asia pasifik dari tanggal 9 hingga 13 Agustus 2009. Tak lama berselang kita juga akan merayakan dirgahayu Indonesia ke-64 pada tangal 17 Agustus 2009 esok. Selamat ulang tahun negeri-Ku, Saya bangga sebagai bagian dari nusantara. HAIL PANCASILA!!!

International Youth Day

Namun yang utama sebenarnya bahwa di bulan ini, tepatnya tanggal 12 Agustus 2009 kita rutin memperingati Hari Remaja Internasional. Mungkin masih banyak khalayak yang belum mengetahui perihal ini, walau di seluruh dunia sudah dirayakan sejak tahun 1999. Jadi sudah tepat sepuluh tahun Kita telah merayakan dan sudah banyak kegiatan positif yang dilakukan oleh berbagai pihak yang peduli guna menyambutnya.

Tak lupa, identitas yang paling utama adalah penggunaan Pita Hijau sebagai lambang kepedulian masyarakat dunia terhadap gerakan kepedulian terhadap hak-hak remaja terutama hak-hak kesehatan reproduksi dan seksualitas. Dengan gerakan memakai pita hijau ini sekalian juga menginformasikan bahwa bulan Agustus adalah bulannya remaja internasional dan tanggal 12 Agustus adalah hari remaja internasional.

logo-2009_youth dayUntuk tahun 2009 ini, secara internasional hari remaja dirayakan dengan tema “Keberlanjutan ; Tantangan Kami, Masa Depan Kami” setelah di adopsi kedalam bahasa Indonesia. Disini mengandung pesan bahwa keberlanjutan masa depan dunia berada di tangan para generasi muda Kita dan itu merupakan tantangan untuk Kita semua, bukan hanya mengalihkan beban tersebut kepada mereka. Kondisi tersebut tidak hanya merujuk kepada menjaga keseimbangan lingkungan dan pembaharuan. Kesinambungan yang diharapkan bisa diibaratkan sebuah kapsul, dimana dibentuk oleh tiga hal, yakni kesempurnaan lingkungan sosial, kesehatan dan ekonomi.

Bagaimana cara merayakan hari remaja internasional tersebut? Disebutkan dalam website United Nations bahwa para remaja maupun masyarakat yang peduli dapat membentuk sebuah Tim (Team Up), Mengorganisasikannya (Organizing) dan Melakukan Aksi (Take Action) dalam World Programme of Action for Youth.

Di Indonesia sendiri, hari remaja secara semarak juga sudah mulai terdengar. Di Bali pada khususnya, melalui lembaga Kita Sayang Remaja (KISARA) juga telah secara rutin melakukan berbagai even-even positif yang banyak melibatkan para remaja Bali.  Untuk tahun ini berhasil memunculkan Deklarasi Remaja Bali 2009 dengan jargon utama “Youth Leadership ; Driving The Change” atau “Kepemimpinan Muda ; Penentu Perubahan”  yang berisi pesan-pesan remaja Bali sebagai berikut :

  1. Remaja Bali mendukung pelaksanaan pendidikan kesehatan reproduksi secara terstruktur dan sistematis di dalam sistem pendidikan.
  2. Guru sebagai elemen pendidik berkewajiban sebagai agen informasi kesehatan reproduksi bagi siswa, dan sekolah berkewajiban dalam penyediaan layanan kesehatan reproduksi yang ramah terhadap remaja.
  3. Semua elemen masyarakat berkewajiban dalam mengakomodasi hak-hak kesehatan reproduksi remaja.
  4. Remaja Bali meminta kepada semua komponen masyarakat dan instansi pendidikan supaya tidak mengintimidasi remaja yang mengalami kehamilan yang tidak diinginkan (KTD) dan sebaliknya membantu mengadvokasi.
  5. Edukasi dan layanan kontrasepsi bagi remaja adalah kebutuhan remaja, sehingga wajib disediakan melalui optimalisasi kemitraan dengan pusat-pusat remaja yang telah ada.
  6. Pemberdayaan remaja adalah upaya menuju remaja yang  kompetitif, sehingga pembentukan Pusat Remaja yang terintegrasi sebagai sarana penyaluran keterampilan adalah tanggung jawab pemerintah dan masyarakat.
  7. Remaja Bali mendorong program pemberdayaan yang pro terhadap remaja dan menghimbau untuk lebih melibatkan remaja dalam penentuan suatu kebijakan.

green ribbonSemoga momen hari remaja internasional ini bisa membentuk generasi muda yang mampu diandalkan untuk ikut membangun masa depan negara Indonesia yang Kita cintai ini menjadi lebih kemilau lagi. Pada akhirnya bisa disusul dengan agenda-agenda lainnya yang pro remaja dan didukung oleh semua pihak yang sudah selayaknya makin peduli terhadap remaja kita yang memang menginginkan perubahan. Selamat Hari Remaja….

3 Responses

  1. selamat hari remaja, semoga di momen HUT kemerdekaan RI ini remaja Indonesia bisa lebih baik lagi…

  2. hiduo remaja Indonesia…ka Pram..pengen ikutan KISARA Aku..menyusul ucup, pasek, dwija yamada,dll
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: