Penatalaksanaan Kusta di Indonesia

Tujuan utama program pemberantasan kusta adalah menyembuhkan pasien Kusta (Lepra) dan mencegah timbulnya cacat serta memutuskan mata rantai penularan dari pasien kusta terutama tipe yang menular kepada orang lain untuk menurunkan insiden penyakit.

Regimen pengobatan kusta di Indonesia disesuaikan dengan rekomendasi WHO (1995), yaitu program Multi Drug Therapy (MDT) dengan kombinasi obat medikamentosa utama yang terdiri dari Rifampisin, Klofazimin (Lamprene) dan DDS (Dapson/4,4-diamino-difenil-sulfon) yang telah diterapkan sejak tahun 1981.

Program MDT ini bertujuan untuk mengatasi resistensi Dapson yang semakin meningkat, mengurangi ketidak-taatan pasien, menurunkan angka putus obat, mengefektifkan waktu pengobatan dan mengeliminasi persistensi kuman kusta dalam jaringan.

Berikut ringkasan pedoman pemberian paket medikamentosa pada kasus Kusta, antara lain :

Tabel 1. Obat dan dosis regimen MDT-PB

Obat & Dosis MDT – Kusta PB Dewasa Anak
BB < 35 kg BB > 35 kg 10-14 thn
Rifampisin(diawasi petugas) 450 mg/bln 600 mg/bln 450 mg/bln(12-15 mg/kgBB/bln)
Dapson(Swakelola) 50 mg/hr(1-2 mg/kgBB/hr) 100 mg/hr 50 mg/hr(1-2 mg/kgBB/hr)

Pengobatan MDT untuk kusta tipe PB dilakukan dalam 6 dosis minimal yang diselesaikan dalam 6-9 bulan dan setelah selesai minum 6 dosis maka dinyatakan RFT (Released From Treatment = berhenti minum obat kusta) meskipun secara klinis lesinya masih aktif. Menurut WHO (1995) tidak lagi dinyatakan RFT tetapi menggunakan istilah Completion of Treatment Cure dan pasien tidak lagi dalam pengawasan.

Tabel 2. Obat dan dosis regimen MDT-MB

Obat & Dosis MDT – Kusta MB Dewasa Anak
BB < 35 kg BB > 35 kg 10-14 thn
Rifampisin(diawasi petugas) 450 mg/bln 600 mg/bln 450 mg/bln(12-15 mg/kgBB/bln)
Klofazimin 300 mg/bln (diawasi petugas)dan dilanjutkan esok

50 mg/hr (swakelola)200 mg/bln (diawasi)dan dilanjutkan esok

50 mg/hr (swakelola)Dapson(Swakelola)50 mg/hr(1-2 mg/kgBB/hr)100 mg/hr50 mg/hr(1-2 mg/kgBB/hr)

Pengobatan MDT untuk Kusta tipe MB dilakukan dalam 24 dosis yang diselesaikan dalam waktu maksimal 36 bulan. Setelah selesai minum 24 dosis maka dinyatakan RFT meskipun secara klinis lesinya masih aktif dan pemeriksaan bakteri BTA positif. Menurut WHO (1998) pengobatan MB diberikan untuk 12 dosis yang diselesaikan dalam 12-18 bulan dan pasien langsung dinyatakan RFT.

Namun dibalik program MDT, ternyata masih terdapat efek samping yang ditimbulkan MDT yang dilaporkan. Berikut ini tindak lanjut terhadap efek samping MDT yang mungkin terjadi (Rekomendasi UPK Kusta Depkes RI dan WHO, tahun 2000), yaitu sebagai berikut :

Tabel 3. Efek Samping dan Tindak Lanjut

RegimenMDT Efek Samping(ES) Tindak Lanjut Obat Subsitusi
Rifampisin Urin, tinja, keringat merah. Obat MDT dapat diteruskan.
Klofazimin Warna kulit menjadi hitam (hiperpigmentasi). Obat MDT dapat diteruskan. Etionamid dan Protionamid (Tidak dianjurkan, ES hepatotoksik).
Dapson Gatal, merah pada kulit. Bila berat kulit kepala dan seluruh tubuh dapat terkelupas. Stop Dapson dan segera rujuk penderita ke RS.

Kemudian beberapa hal yang perlu diperhatikan dan ditanyakan sebelum memulai pengobatan (Rekomendasi UPK Kusta Depkes RI dan WHO, tahun 2000), antara lain :

Tabel 4. Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memulai pengobatan Kusta

Keadaan Penderita Tindakan yang harus dilakukan
Jaundice (warna kuning pada kulit/mata) Rujuk ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam. Obat jangan diberikan, tunda sampai warna kuning hilang (fungsi hati sudah normal).
Anemia Berikan obat anemia disamping obat kusta
Tuberkulosis (TB) Pengobatan TB dengan Rifampisin tetap diberikan dan tambahkan obat kusta lainnya. Rifampisin pada kemasan obat kusta jangan diberikan lagi.
Hamil Obat kusta tetap diberikan
Alergi Sulfa DDS jangan diberikan

Terdapat beberapa hal yang perlu disampaikan sehingga penderita mendapat penjelasan sebelum diberikan pengobatan MDT, antara lain :

  1. Lama pengobatan.
  2. Cara minum obat.
  3. Kusta dapat disembuhkan, bila minum obat teratur dan lengkap.
  4. Bahaya yang terjadi bila minum obat tidak teratur yaitu dapat menularkan kepada keluarga dan orang lain, dan juga dapat menjadi cacat.
  5. Bila ada keluhan selama masa pengobatan diminta segera periksa ke Puskesmas.
  6. Bila penderita kehilangan rasa raba atau sakit, jelaskan pentingnya perawatan diri untuk mencegah cacat.
  7. Penderita yang sudah cacat fisik tidak akan kembali normal, tetapi perawatan diri tetap diperlukan supaya cacat tidak berlanjut.

Walaupun saat ini telah terdapat pengobatan MDT terbaru dengan sistem ROM (Rifampisin-Ofloksasin-Minosiklin) dan pengembangan obat alternatif (Klaritromisin, Eritromisin, Roksitromisin dan sebagainya), tetapi tetap masih dianjurkan regimen MDT-WHO (1995) dengan Rifampisin-Klofazimin-DDS sebagai terapi medikamentosa utama dari penatalaksanaan Kusta di Indonesia.

RUJUKAN PUSTAKA :

  1. Siregar. ”Atlas Berwarna ; Saripati Penyakit Kulit”, Edisi kedua. Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta. 2005.
  2. Tim Penyusun.  ”Pedoman Diagnosis Dan Terapi Penyakit Kulit Dan Kelamin”. Lab/SMF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, RSUP Sanglah, Denpasar. 2003.
  3. Tim Penyusun, Editor Adhi Djuanda dkk. ”Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin”, Edisi Ketiga. Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta. 2002.
  4. Tim Penyusun, Editor Adhi Djuanda dkk. ”Diagnosis dan Penatalaksanaan Kusta”. Balai Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta. 1997.
  5. Tim Penyusun, Editor Arif Mansjoer dkk. ”Kapita Selekta Kedokteran”, Edisi Ketiga, Jilid Kedua. Penerbit Media Aesculapius, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta. 2000.
  6. Tim Penyusun.  ”Buku Panduan Petugas Unit Pelayanan Kesehatan (UPK) Dalam Pelaksanaan Program Pemberantasan Kusta di Indonesia”. 2003.
  7. Tim Penyusun.  ”Manual Pemberantasan Penyakit Menular ; Kusta/Lepra”, Edisi ke-17. Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit Dan Penyehatan Lingkungan, Departemen Kesehatan RI, 2000.


215 Responses

  1. saya penderita kusta, entah mulai kapan tertular saya baru berobat juli 2009, dalam 4-6 bulan sy berobat rutin dan kontrol dalam waktu yg ditentvkan. walaw pada bulan pertama ada reaksi positif dgn timbul bentol2 yg menandakan ada kuman yg mati tp sejak bulan ketiga 2jari sy membengkok. sampai sekarang belum ada lagi reaksi positif padahal sy masih minum obat mdt warna merah. kira2 apa ada suplemen lain yg perlu sy konsumsi?

    • Selamat malam Pak Abdul,
      Sebelumnya Terimakasih atas pertanyaannya. Prinsip penyakit Kusta adalah menyerang sistem pertahanan tubuh Kita (imunitas) pd sistem saraf tepi & bersifat kronis (lama) sehingga sering terlambat ditemukan/disadari oleh klien. Secara umum pengobatan yg dpt diberikan utk meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi & menghindari kecacatan yg muncul.
      Utk terapi suplemen tambahan yg bisa disarankan berupa konsumsi makanan yg sehat & bergizi, cukup asupan vitamin & mineral, serta tentu saja diperkenankan meminum imunomodulator/stimulator (obat peningkat daya tahan tubuh) secara teratur, namun haruslah dengan kontrol & resep dokter.
      Saran terakhir tetaplah semangat dan rutin meminum obat yg diberikan guna mengurangi resistensi obat (kuman penyebab kebal), kejadian cacat & putus obat krn bisa menimbulkan ketidakefektifan semua obat Lepra.

    • Salam,,,
      Saya di fonis dokter terkena penyakit kusta,dan saya sudah mengkonsumsi obat 1thn,setelah itu sya di sarankan untuk ke laborat,dan hasilkan negatif tandanya sudah tidak ada virusnya,dan dokter memberhentikan pengobatan saya,sedangkan bekas2 penyakit dan mati rasany masih ada,,,
      Yg sya tanyakan apakah penyakit sya masih ada apa udah sembuh dok,,,??
      Terimakasih,,,

      • Selamat malam,
        Untuk mengetahui kondisi penyakit kusta memang hanya bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah saja,
        Bila hasil pemeriksaan tsb menunjukkan negatif berarti anda bisa dinyatakan sembuh saat ini,
        Namun seperti yang sudah saya sampaikan bahwa penyakit kusta melibatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga memungkinkan bisa saja kedepannya memunculkan masalah kesehatan kembali.
        Asalkan bapak rajin memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter, niscaya pasti kesembuhan akan tercapai, semoga selalu sehat,
        Terimakasih

  2. setelah pengobatan kusta apakah tetap akan terjadi pembengkokan sendi seperti dialami pak adul, bagaimana cara yabg pasti penularan kusta kepada oarang lain , apakah hanya lewat sentuhan dan bersin, trim

    • Selamat siang Ibu Ida,
      Pembengkokan pada sendi dapat dikembalikan dengan fisioterapi yang disesuaikan dengan kecacatan yang muncul. Metode terapi tersebut membutuhkan waktu dan kegigihan dari pasien.
      Untuk penyebaran Lepra adalah melalui kontak fisik (sentuhan) yang cukup lama dan intensif, dan penularan melalui nasal droplet (cairan mikro pada nafas/udara) yang tidak disadari. Bersin juga dimungkinkan juga penyebaran bakteri lepra bersamaan dengan virus flu dan mikroorganisme lainnya, karena itu solusinya adalah menjaga jarak dengan penderita namun bukan berarti mendikriminasikan mereka.
      Semoga bermanfaat,

  3. saya penderita kusta jenis MB , sebenarnya berapa lama saya harus minum obat jenis mdt, dan bagaimana cara untuk mengurangi hyperpigmentasi pada kulit, boleh gak saya pakai obat pemutih , dan apakah ada obat penggantinya, trims

    • Selamat sore Ibu Fitri,

      Mengenai seberapa lama Ibu meminum obat MDT utk kusta tipe MB adalah antara 12-18 bulan tergantung dari kemajuan yang dialami. Untuk hiperpigmentasi dikarenakan tumpukan unsur obat dibawah kulit dan gangguan yang ditimbulkan umumnya dari sisi estetik. Saran saya dapat dilanjutkan atau mengganti dengan preparat yang setipe namun tidak memiliki efek samping tsb. Jangan menggunakan produk pemutih kulit tanpa rujukan dokter, krna sebaliknya akan mengurangi sel-sel baik di kuliat yang berfungsi menahan paparan ultraviolet.

  4. istri sy pnderita kusta. menurut petugas puskesmas setempat,pengobatannya 1 tahun. dia sdh berobat dari, bulan juni 2009. tapi, pada bulan desember 2009, dia berhenti minum obat tersebut. setelah saya bujuk, dia melanjutkan untuk minum obat lagi. bulan april 2010 mulai lagi minum obatnya sampai sekarang. tapi pada bulan agustus 2010, semua badannya bengkak-bengkak, di sertai panas di seluruh badannya, petugas puskesmas memberikan obat berbentuk pil yang berwarna hijau dengan dosis 4 pil sehari.habis yang 4 pil, 3 pil sehari. sampai 1pil sehari untuk menghilangkan bengkak-bengkak, dengan obat penurun panas( farasetmol). anehnya, kalau terlambat atau lupa minum obat tersebut, bengkaknya kembali lagi. malah obat yang untuk pengobatan 1 tahun sudah hampir selesai. tanggal 14 bulan nopember 2010 selesai. jadi bagaimana jalan keluarnya? mohon petunjuknya pak..

    • Selamat sore Pak Aby,

      Sebelumnya saya tidak begitu jelas mendapatkan gambaran kondisi yang dialami istri bapak. Saran saya segera mengkonsultasikan kepada dokter/spesialis kulit dan kelamin perihal status kesehatan istri bapak.
      Tetapi dari literatur yang saya baca,tidak ada disebutkan efek samping atau komplikasi kusta berupa bengkak-bengkak dan pemberian parasetamol aman bagi pengidap kustas sebagai terapi simptomatik.
      Terimakasih

  5. apa benerefek samping dari MDT adalah kulit menjadi hitam ???
    apakah nanti kalau dinyatakan udah RFT bisa kembali normal warnah kulitnya??
    terimah kasih

    • Selamat sore Pak Habib,

      Benar sekali Pak Habib,terutaman Klofazimin. namun efek samping tsb aman, hanya tergangu secara kosmetik. Umumnya dibutuhkan waktu untuk menhilangkan keluhan tsb pasca RFT.
      Terimakasih,

      • berarti warnah kulit bisa kembali normal ya??
        brapa kira2 waktu yang diperlukan??

        thanks very much loh.. pak!!

      • Kemungkinan kembali normal itu ada, namun tergantung dengan fisiologi tubuh masing-masing orang

      • yang dimaksud fisiologi tubuh masing2 orang itu gmana??
        sekali lagi trima kasih..

      • Tergantung dari respon tubuh masing-masing, mas habib
        sementara saya belum mendapatkan informasi yang pasti mengenai hal tersebut

  6. Selamat siang pak. Begini, istri saya divonis menderita kusta tipe basah (MDT-MB). Dan sekarang sedang dalam pengobatan.Tetapi ada sedikit masalah ketika minum obat yg pertama(2 kapsul merah R300, 3 kapsul C100 dan 1D) dan terjadi tiap awal bulan.
    Sesuai anjuran puskesmas, 2 kapsul R300 diminum 15mnt sebelum makan dan sisanya 15 mnt setelah makan. Akan tetapi tiap kali 15mnt stlh minum R300 efeknya badan istri saya menggigil seperti orang demam. Kata petugas puskesmas krn istri saya gol. darahnya AB.
    1.Apakah benar alasan tsb?
    2.Apakah saya bisa tertular? Misal krn berhubungan badan dg istri saya?
    3.Bolehkah istri saya hamil selama pengobatan? Krn kita belum mempunyai momongan.
    4. Adakah efek negatif terhadap orang disekitarnya?
    Terima kasih.mohon jawaban ke email saya jg.
    Bpk. Yudi JKT

    • Selamat siang Pak Yudi di Jakarta,
      Saya coba menjawab :
      1. Saya rasa alasan diatas tidaklah benar, karena dari berbagai literatur yang saya baca tidak ada yang menyebutkan efek samping/komplikasi tersebut.
      2. Kemungkinan tertular bisa saja, apalagi jika kondisi imun bapak sedang menurun. Karena itu saya sarankan untuk selalu menjaga kondisi agar tetap sehat dan rajin mengingatkan istri untuk meminum obat.
      3. Tentu saja boleh, walau tetap harus dalam pengawasan dokter dan obat diminum teratur.
      4. Efek negatif pada orang lain hanya sebatas penyebaran/infeksi kusta, namun membutuhkan kondisi kontak yang intensif dengan pasien.
      Semoga bermanfaat,

    • Mohon maaf Bapak Yudi, atas keterlambatan membalas berhubung kesibukan kuliah pasca sarjana.
      Saya coba menjawab pertanyaan2 Bapak :
      1. Saya rasa tidak tepat alasan golongan darah sebagai penyebab keluhan menggigil, mungkin bapak bisa membawa istri ke dokter spesialis kulit utk berkonsultasi mengenai interaksi obat tsb karena ditakutkan adanya reaksi alergi.
      2. Bapak bisa saja tertular apabila kondisi/status imunitas/kekebalan tubuh Bapak sedang dalam keadaan rendah/tidak baik, solusinya adalah menjaga kesehatan dengan meminum suplemen multivitamin, menghindari perilaku berisiko (tidak merokok misalnya), higienitas tubuj dan sanitasi lingkungan tempat tinggal, dan rutin berolahraga.
      3. Boleh Bapak, namun saya sarankan untuk mendapatkan evaluasi yang rutin dari Dokter/Bidan setempat.
      4. Efek negatif dalam bentuk apa? Yang ada hanya resiko penularan terhadap orang-orang sekitar, namun tidak usah takut. asalkan bisa menjaga diri, saya rasa tidak akan tertular.
      Semoga bermanfaat dan selamat tahun baru 2011

  7. Maaf ni ada lagi. Istri saya tadi siang minum obat MDT untuk masuk bulan ke-5. Seperti yg saya paparkan diatas, istri saya mengalami panas tinggi seperti demam DBD. sampai-sampai mengigau. Saya takut hal ini membahayakan jiwa istri saya. Kejadian berulang ini mungkin akan berlangsung selama pengobatan. Tiap kali minum obat awal bulan (5 kapsul 1pil,sdh saya paparkan diatas).Mohon solusinya. Krn penjelasan pihak puskesmas kurang memuaskan. Terimakasih.

  8. selamat malam pak yudi
    suami sy menderita penyakit kusta dan menjalani pengobatan selama 3 tahun dan saat ini dokter telah menyatakan sembuh, tetapi muncul lagi masalah baru yaitu pinggang suami saya terasa sakit sehingga untuk tidur ataupun bangun terasa sakit dan telah dilakukan pemeriksaan lengkap bahkan sampai dilakukan MRI dan hasilnya memperlihatkan bahwa suami saya mengalami pengeroposan tulang belakang sehingga menekan saraf pada tulang belakang pertanyaan saya :
    1. apakah pengeroposan tulng tersebut akibat konsumsi obat (info pd saat terapi MH obat yg diberikan MDT, klovazimin, dan prednison)
    2. Bagaimana cara mengatasinya

    • Selamat siang,mohon maaf ini blog saya ibu nurhalisah,sory juga saya baru sempat membalasnya.

      Boleh saya tahu,berapa umur suami ibu?
      sepertinya kondisi osteoporosis/pengeroposan tulang bukan dkarenakan konsumsi obat-obatan terapi kusta,tetapi akibat konsumsi yg lama dari prednison.
      Ibu bisa baca di http://en.wikipedia.org/wiki/Prednisone utk penjelasan yg lebih detail.
      Utk mengatasi hal tsb adalah dengan mensubsitusi/menghentikan obat tsb,namun terlebih dahulu haruslah mengkonsultasikan ke dokter yg terdekat.
      Terimakasih,semoga bermanfaat

  9. Selamat sore pak,
    saya adalah salah satu penderita kusta, saya baru tau setelah darah saya diperiksa kemarin di Rumah sakit, dan saya disuruh minum obat MDT selama 1 tahun, saya mau tanya pak bila nanti saya minum obat secara teratur apakah kecacatan akan tetap timbul, hingga sekarang bagian tubuh saya belum ada yang mati rasa, hanya bercak2 kemerah2an. mohon petunjuknya ya pak.
    mohon jawabannya dikirim ke email saya juga ya pak.
    Terima kasih

  10. selamat malam
    pak kenapa jari jari kaki saya kok lemas apa itu bisa sembuh kembali soalnya saya ini kenak penyakit kusta ,,,,,,,,,,
    tlong saya mintak jawapanya pak ,,,,,,,,,,,?

    • Selamat pagi Pak Ari,

      Salah satu keluhan awal dari kondisi yang ditimbulkan infeksi Lepra adalah adanya gangguan pada kulit, perasaan “numb” (kaku/mati rasa) dan kelemahan otot.
      Kemungkinan yang Bapak sampaikan adalah salah satu gejala yang muncul, karena itu saya sarankan segeralah/rutinlah berobat setelah terdiagnosis kusta.

      Terimakasih,

  11. selamat siang pak,

    pak suami sya terkena lepra/kusta, sudah sempat minum obat 1 tahun. minum obat sebelum tidur sekitar jam 10an tapi sempat telat 1 hari dan paginya sekitar jam 8nan minum obat lagi yang baru. setelah selesai 1 tahun dokternya bilang dilanjutkan dengan natur-e untuk membersihkan kulit. Setelah 4 hr minum natur-e tiba gejala lepra muncul kembali dengan jumlah yg agak banyak di daerah muka. saya bingung harus gimana tolong diberikan penjelasan ( gejalanya ada bercak merah kaya bentol ). terima kasih

    • Selamat Siang Ibu Anggun,

      Saya masih perlu penjelasan lebih lanjut terkait gambaran keluhan dan gejala yang dialami Suami Ibu.
      Seperti apa gejala kusta yang dialami dahulu, gambaran singkatnya? apakah berbeda dengan yang baru muncul saat ini?
      Boleh saya mengetahui macam-macam obat yang diberikan dahulu ketika masih dalam masa pengobatan kusta?

      Namun dari keterangan yang ada, Saya rasa riwayat keterlambatan meminum obat dahulu tidak terlalu berpengaruh dikarenakan setelah itu Suami Ibu sudah masuk kategori fase “selesai meminum obat”. Perlu diingat, walau fase pengobatan menunjukkan kemajuan, tetapi kusta masih aktif berada dalam tubuh Suami Ibu, karena itu tetap mengontrolkan diri ke Dokter terdekat.
      Untuk keluhan munculnya benjolan merah setelah meminum vitamin, saya rasa bukan disebabkan produk tsb, walau tetap perlu diwaspadai adanya reaksi alergi yang muncul. Saran konkrit Saya adalah segera memeriksakan diri ke Dokter umum/spesialis kulit-kelamin terdekat.

      Terimakasih dan semoga bermanfaat.

      • terima kasih sebelumnya pak.
        saya cerita dari awal y pak….
        -gejala awal timbul bercak merah (bentol) / nodul dengan berbagai macam ukuran setelah itu periksa kedokter dikasih obat dapson selama 1 tahun (obat untuk satu bulan) pada bulan ke enam tiba2 telat 1 hr karna waktu itu sya pulang kampung dan lupa membawa obat, tapi paginya langsung minta obat baru dan berjalanlah sampai 1 tahun minggu kemarin…. setelah 4 hri minum natur-e tiba2 benjolan seperti dulu muncul dengan jumlah yg banyak di bagian muka dan kuping sebelah kiri bengkak seperti digigit kecoa…..karna takut semakin menyebar akhirnya suami saya minum obat dapson sisa yg tertinggal berbarengan dengan rifampicin… sebelum dapat saran dri dokter karna waktu itu dktr tdk bisa dihubungi… saya telpon dokter yg dikampung katanya reaksi obat (semacam alergi) lalu disuruh minum prednison….akhirnya dapson & rifampicin dihentikan dan minum prednison… baru diminum kemarin tp sepertinya belum ada reaksi…..

        pertanyaan.
        1. apakah penyakitnya tambah parah???
        2. apa pengaruhny obat dapson & rifampicin yg diminum 2hr lalu dhentikan???? (apakah obatnya msh efektif)
        3. resiko tertularnya berapa %??
        4. skrg badan sya suka terasa nyeri dan pegal apa itu gejala tertular atau karna saya sering tidur terkena kipas angin???]
        5. saya baru menikah 5bulan ketika suami saya masih dalam masa pengobatan…. apakah kami boleh punya anak????

        terima kasih sebelumnya pak…

      • Selamat Siang Mbak Anggun,
        Terimakasih atas informasi tambahannya dan selanjutnya Saya akan coba menjawabnya,
        1. Kemungkinan gejala yang ada saat ini adalah reaksi reversal atau kembalinya penyakit lepra tsb, karena kemungkinan suami Mbak tergolong dalam kategori borderline lepra yang mudah mengalami relaps (kekambuhan). Saran Saya adalah segera memeriksakan diri ke dokter umum/spesialis kulit kelamin untuk penanganan yang lebih tepat.
        2. Saya rasa pengobatan dapson beserta rifampicin tidak akan efektif jika diberikan dalam waktu yang sesingkat itu. Utk prednison juga saya masih meragukannya bahwa yang dialami adalah bukan sekedar reaksi alergi. Maka seperti pertanyaan sebelumnya, saya sarankan utk segera memeriksakan diri.
        3. Resiko tertular tetap ada, untuk persentasenya tergantung kondisi daya tahan tubuh dan seberapa kualitas kontak kulit Mbak dengan suami.
        4. Untuk gejala penularan secara umum sama dengan gejala yang dialami pasien kusta, saya rasa gejala yang disebutkan Mbak masih perlu dikonfirmasi kembali.
        5. Untuk keinginan memiliki keturunan, Saya rasa bisa ditunda dahulu hingga suami Mbak mendapatkan penanganan yang adekwat dan lebih baik lagi jika disertai konsultasi dengan sejawat dokter kebidanan dan kandungan utk mem-planning hal ini.
        Terimakasih dan semoga bermanfaat.

  12. kemarin sudah saya periksa ke dokter yang periksa dari awal ktanya ini cuma reaksi (efek) dr obat aj. trus suruh minum prednison 1hr 6tablet, rifampicin,kalk (atau ap gtu sy lupa namany) sm vitamin c (tablet). Klo ky gtu gmn y pak????

    • Selamat Pagi Mbak Anggun,
      Terimakasih utk tambahan informasinya,
      Menurut Saya multivitamin “natur-e” yang dicurigai menstimulasi reaksi alergi tsb, pada dasarnya memiliki konten yang hampir sama dengan vitamin c yang baru diberikan.
      Jikalau memang benar keluhan yg timbul merupakan reaksi alergi, menurut Saya tindakan sejawat Saya sudah benar,walau pemberian vitamin c perlu dipertanyakan kembali.
      Utk Kalk merupakan obat suplementasi untuk nutrisi tulang-sendi. Sedangkan Prednison berperan sebagai obat anti alergi.
      Lama atau tidaknya mengkonsumsi, Saya rasa tidak memperburuk kondisi kusta yang ada.
      Semoga bermanfaat Mbak,

      • terima kasih sebelumnya pak, tapi ada yg mau saya tanyakan lagi…
        Kemarin sya sudah periksakan lg ke RS. Sitanala Tangerang khusus kusta setelah di cek darah dan diperiksa ternyata masih ad bakterinya lalu saya jelaskan obat yg dikasih dri dokter sebelumny…. trus kta dokter yg baru ini suruh lanjutkan aja obat yg sebelumnya karna benjolan ini tumbuh kembali merupakan reaksi kedua. kalau sampai 6 bulan tidak ada perubahan maka ulang dari awal, karna katanya teori yang diterapkan disemua rumah sakit sama.

        yang mau saya tanyakan, lanjutkan saja/tidak pengobatan yang prednison,rifampicin,kalk dan vitamin C (tablet)? saya takutnya kalau kelamaan bakteri semakin menyebar pak….

        terima kasih….

  13. sya remaja putri usia 18 th. sya trkna kusta gtw sejak kapan. spertinya tertular sepupu sya. sya sudah brobat dan skrg memasuki bulan ke 6. alhamdulillah saya tidak mengalami rekasi apa2 spert demam, benjol atau apalah… kusta yg saya alami berupa bercak putih dan tidak berasa tpi kering. belakangain ini sya merasa kulit sya menjadi sangat kering dan kulit tubuh sya yg tadinya putih sekali menjadi merah kehitaman, terutama bagian kulit yg sering terpapar matahari. bagaimana cara mengatasinya pak? apakah gejala yg sya alami ini merupakan reaksi obat yg negatif atau positif? bagaimana sharusnya sya menyikapi semua ini? terlebih sya masih SMA

    • Selamat malam mbak. Sepertinya kondisi yg dialami adalah efek samping/komplikasi dr pengobatan yg dikonsumsi. Saran saya apabila keluhan estetika tsb dirasakan mengganggu,maka sy anjurkan utk mengontrolkan diri kembali n menyampaikan keluhan diatas guna mendapat pengganti obat yg lebih aman. Semoga lekaz sehat

  14. Pagi Pak,
    Mhn info karena pembantu sy sejak Mei 2011 ketahuan mengidap kusta dan sdh minum obat MDT yg bungkusnya wrn merah sejak Mei sd skrg .Pembantu sy mulai kerja Feb 2011 dan Mei 2011 baru ketauan stlh sy periksakan ke Dr.Kulit & Kelamin.Yang ingin sy tykan :
    1. Apakah dlm perjlnan wkt dr Feb – Mei dpt menularkan penyakitnya ? (meskipun saya jarang berdekatan krn sy kerja dr PK.06.30 sd 20.00
    2. Apakah stlh minum MDT apakah msh bisa menularkan penyakitnya ?
    3. Bagaimana cara utk mengetahui penularan penyakit kusta sejak dini ?

    Terima kasih

    • Selamat malam ibu tuni,

      Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Ibu :
      1. Pada dasarnya penyakit kusta akan menular melalui perantara kontak kulit yang cukup intens dengan pasien atau pengidap kuman tersebut, disamping infeksi dari inhalasi udara (droplet) pernafasan. Perlu diperhatikan aspek durasi waktu kontak, frekuensi pertemuan, dan juga pertimbangan kondisi kesehatan saat penularan, walau tetap disarankan untuk memeriksakan diri dan cek laboratorium untuk diagnosis yang lebih pasti. Dalam situasi ini, saya rasa tidak ada penularan yang terjadi, apalagi yang bersangkutan sudah dalam masa pengobatan.
      2. Kusta adalah tipe penyakit infeksi yang sangat tergantung pada kondisi daya tahan tubuh / imunitas seseorang. Jikalau pasien sudah menjalani pengobatan dan bisa menjaga gaya hidup kearah sehat, maka bisa dimungkinkan terbebas dari penularan.
      3. Secara garis besar dapat diketahui dari tiga gejala atau keluhan utama dari Kusta : (a.) Kelainan pada kulit berupa adanya bercak khas kusta yang penampakannya seperti panu tetapi mati rasa, (b.) penebalan atau pembengkakan pada saraf tepi yang ditandai rasa nyeri, dan (c.) kelaianan lain, misalnya raut wajah yang khas (seperti singa) dan lainnya.

      Semoga bermanfaat ibu Tuni,

  15. Selamat pagi pak,

    Beberapa waktu lalu mertua saya ketahuan kena kusta, beliau sering kontak dengan anak saya, sekarang beliau sudah mendapat terapi kusta. Tetapi saya melihat bercak2 putih pada punggung anak saya yang saya kira panu, tetapi setelah diobati antijamur tidak sembuh juga. saya menduga anak saya ketularan kusta. apa yang harus saya lakukan sekarang pak. Anak saya berumur 12 tahun.Terimakasih

    • Selamat Pagi Ibu Nindya,

      Pada dasarnya diperlukan kontak fisik yg cukup intensif utk penularan Kusta. Dilihat dari cerita yang Ibu sampaikan, Saya sarankan utk coba diperiksakan kondisi anak Ibu sebelumnya. Deteksi dini dan penanganan yang te[at dapat membantu kesembuhan yang lebih baik.

      Terimakasih dan semoga bermanfaat.

  16. Pak langsung aja yah (seputar kusta),,,,
    Suami saya kan ud agak mendingan, kulitnya juga ud mulai putih
    tpi seminggu ini bagian kuping bengkak banget, trus kaya tumbuh baru dibagian
    yang lain, warnanya merah muda gtu… pas konsultasi ke dokternya katanya reaksi
    tpi suruh minum obat dari awal lagi???
    Badannya demam udah 1 minggu gak turun2.
    (selama berhenti minum MDT dilanjutin minum prednison sampai sekarang)

    1. Mang begitu ya pak harus ulang minum obatnya???
    2. Nanti klo minum obat MDT lagi kulitnya hitam lagi ga???
    3. Saya punya adik umur 8bulan kira2 tertular ga ya klo sering deket2 sma suami sya???
    4. Sebenarnya kusta itu bisa disembuhkan ga si???
    5. Demam itu reaksi penyakitnya kumat bukan???

    Terima kasih sebelumnya pak.
    Mohon do’anya ya supaya suami saya bisa cepat sembuh…
    Amin…
    ^_^

    • Selamat siang,

      Kemungkinan suami Mbak Anggun kembali mengalami keluhan (bengkak di telinga dan demam) akibat Kusta.
      Pada dasarnya, penyakit Kusta ini bersifat kronis dan layaknya penyakit infeksi lainnya (seperti Tuberculosis dan lainnya) yang kemungkinan utk mendapatkan kondisi sembuh total sangatlah kecil.
      Hal ini dikarenakan kuman penyebab Kusta turut menyerang sistem kekebalan tubuh baik melalui kumannya sendiri maupun produk kuman tersebut (toksin, alergen, atau antigen).

      Oleh karena itu, Saya sarankan untuk memeriksakan diri kembali sembari memastikan kembali keberadaan infeksi ulangan Kusta. Setelah itu menjalani regimen pengobatan yang diberikan dengan taat guna mendapatkan kondisi kesehatan terbaik dan mencegah efek perburukan dari Kusta.
      Jangan takut dengan efek samping yang muncul karena sejauh pengalaman Saya, pengobatan Kusta relatif aman dan bekerja dengan baik, selain sudah ada obat-obatan subsitusi untuk efek samping yang muncul.

      Sedangkan perihal penularan seperti yang sudah saya jelaskan dahulu, bahwa butuh kontak yang intensif guna mentransfer penyakit tersebut. Keluhan dan gejala penyakit Kusta juga muncul pada orang-orang yang kondisi imunitasnya rendah.
      Pada anak yang kita takutkan adalah kondisi sistem kekebalan tubuh yang rendah tersebut, sehingga saya sarankan untuk menjauhi dahulu kontak yang berlebihan dengan pasien yang mengidap Kusta.

      Terimakasi dan semoga bermanfaat,

  17. saya terdeteksi menderita mh mb sejak oktober 2011, sejak saat itu saya diobati menggunakan klaritomisin 500/hari dengan dosis selama 2 minggu untuk setiap bulan. setelah 6 bulan, bta dinyatakan 0 persen dan negatif, tapi sejak beberapa minggu yang lalu sekujur kaki, tangan dan wajah muncul bentol merah, oleh dokter bersangkutan saya diberi rifam600, minosiklin 50, ofloksasin 400 setiap hari, sekarang jari2 pada tangan kiri bengkak dan telah sulit digunakan kedua punggung telapak kaki bengkak dan sakit untuk digunakan berjalan, kulit saya pada area yang bentol sangat kering dan terkelupas, terasa sangat panas… saya juga sangat sulit untuk tidur, saya baru bisa tidur pada jam 4/5 pagi dan bangun pada jam 9/10 setaip hari…

  18. Malam pak….
    Thun 1998 spupu sy tkena lepra setelah minum obat MDT-MB slama 6 bulan dy sembuh. 3 thun kemudian penyakitx kambuh lgi. Dikasi obat yg sama blum smp 6 bulan muncul 3 benjolan merah di wajah. Kata mantrinya itu reaksi dan dikasi obat untuk menghilangkan reaksi tsb. Setelah minum obat itu langsung hilang benjol2x & pengobatan MDTx dihentikan katax sudah sembuh. Ternyata 2 bulan yg lalu penyakitx relaps lagi. Stelah dipelajari tanda2 klinisx mengarah ke arah lepra PB. Ada lesi yg baru pada daerah jempol kanan bagian atas yg mati rasa. Dikasi obat utk lepra PB dwasa. Yg mw sya tanyakan apa obat itu bisa membunuh bakterix? Mengingat awalx diterapi menggunakan MDT-MB dwasa. Sudah 2 bulan ini dy minum obat utk lepra PB sesuai anjuran dokter tp tdk ada prubahan. Sering nyeri pda daerah lesi yg bru n kakix sering ksemutan. Mohon petunjukx pak…. Biar dy lekas sembuh.

    • Selamat malam mbak,
      Memang Lepra adalah problem kesehatan yg disebabkan infeksi kuman mikobakterium leprae, namun secara prinsip berbagai keluhan, gangguan kesehatan n gejala yg muncul adalah akibat reaksi imunologi/kekebalan tubuh dlm menghadapi infeksi kuman penyebab kusta.
      Hal inilah jg yg mendasari muncunya tipe-tipe dari lepra baik PB, MB ataupun borderline.
      Utk pengobatan memang sudah ada prosedur tetap yg membutuhkan kepatuhan pasien meminum obat dimana memerlukan waktu yg cukup lama dalam pemberiannya. Fungsi pengobatan selaen membunuh kuman juga untuk menurunkan respon tubuh.
      Semoga bermanfaat,

      • Jadi kesimpulanx dy tetap minum obat utk PB dwasa itu ya pak? Takutx obat itu tdak mempan membunuh bakterix karena dulu2x dy minum obat utk MB. Dulu dengan 1 lesi (lesi spt panu dgn ukuran pjg 6 cm lebar 3 cm) sja dikasi obat utk MB (obatx banyak) knapa skrg dgn 2 lesi (lesi yg bru tdk tampak spt lesi, hanya mati rasa dgn diameter skitar 2-3 cm) dikasi obatx PB (obatx sedikit). Jgn smp Mycobacterium lepraex dah resisten & akhirx tdk bisa sembuh hanya dgn obat PB.

      • Iya bu yanthi,
        Saran sy cb lanjutkan kembali pengobatan yg telah dijalani,
        Apabila keluhan masih saja muncul, maka sebaiknya segera mengkontrolkan diri ke poli kulit dan kelamin terdekat.
        Utk penentuan tipe kusta dibutuhkan tdk sekedar dr keluhan, tp jg melalui pemeriksaan laboratorium. Kondisi ini juga menentukan pengobatan yg akan diberikan.

  19. Asswrwbْ, anak sy berumur 5 th terkena kusta jenis MD, sdh minum obat slama dua bulan tp tambah bnyk muncul benjolan, kulit wajahnya jd hitam, yg saya tanyakan knapa koq stlh mnm obat kusta malah bnyk muncul benjolan dikakinya,berapa lama pengobatan utk jenis kusta MD,apakah akan berkurang benjolannya ato bertambah bnyk,utk mengatasi kulit hitamnya hrs mnm obat apa ya? Kemungkinan sembuh totalkah? Mohon dijawab pa? Terima kasih

    • Selamat Pagi,
      Saya coba menjawabnya Ibu, kemungkinan yang menyebabkan kulit berwarna hitam tsb memang dr reaksi obat yang diberikan.
      Saran saya kongkrit utk kembali kepada dokter yang memberikan pengobatan untuk meminta penggantian obat agar teratasi masalah benjolan kulit hitam yang terjadi.
      Untuk kemungkinan sembuh sangat bergantung dari ketekunan pengobatan yang dijalani.
      Terimakasi dan semoga bermanfaat,

  20. Dok aku tomo,
    saya 2008 terkena kusta PB dak di beri terapi obat MDT 6 bulan oleh puskesmas & sudah di nyatakan RFT.
    Tp 1 thun kemudian muncul lesi baru di wajah & saya berobat di dokter,rofamicin 600mg,ofloxacin 400mg,bicrolid 500mg,selama 1 bulan &di nyatakan sembuh.
    Tp 2011 muncul lesi baru di lengan kiri dan berobat lg di dokter dgn resep yg sama selama 6 bln dan kata dokter sudah sembuh,tp skrng kok malah betis kaki kiri mati rasa & smakin capat maluas & lengan tkn kanan jg.
    Apa itu kambuh & kenapa ?

    Untuk tambahan dok,
    Lesi di pipi berupa plak tipis yg tidak berkeringat,warnanya agak putih & pipi agak terasa kaku.
    Di lengan kiri kulit mengkilap agak merah agak terasa baal,punggun telapak tangan kiri adalah gejala awal ( benar” mati rasa) ,lengan kanan kulit agak mengkilap & sedikit baal.
    Betis kiri terasa baal sedikit mengkilap,dulu bulu di betis kiri pernah rontok tp skrng di tumbuhi bulu lg.
    dr tanda” itu semua,termasuk jenis kusta apa dok ??
    fungsi motorik gak ada gangguan

    • Selamat pagi Tomi,
      Maaf, apa Tomi berprofesi atau berlatarbelakang medis/kesehatan? Agar diskusi kita lebih berjalan dgn baik, krn sy rasa Tomi cukup familiar dgn istilah2 medis.
      Dari gambaran n sejarah pengobatan yg ada, sepertinya Tomi mengalami kekambuhan kusta. Hal ini bisa terjadi kemungkinan krn banyak hal, salah satunya adalah kemungkinan Tomi terserang kusta tipe pb yg borderline dimana mudah mengalami reaksi reversal akibat kesalahan dlm sistem imunitas/kekebalan tubuh, selain seringkali akibat kurang adekwatnya pengobatan.
      Saran saya adalah segera memeriksakan diri kembali dan kalau boleh langsung menuju dokter spesialis kulit terdekat, mungkin di tumah sakit umum daerah Tomi yg terjangkau. Hal ini merujuk kekambuhan kusta yg terjadi n mencegah semakin beratnya keluhan yg terjai nantinya.
      Semoga bermanfaat dn terimakasi,

  21. Saya cuma tukang listrik dok.
    Untuk gangguan motorik sampai saat ini gak ada dok,yg ada cuma gangguan sensorik sama otonom.
    Lesi di kulit yg sakit dan yg sehat iti warnanya sama dok,jd orang laen g mngkin tahu kalau saya sakit hansen.cuma lesinya agak mengkilap.
    Tapi jika perasaan saya senang / selalu bergembira,sakit saya gak terasa & agak membaik dok.
    Untuk dokter spesialis di daerah saya ada cuma 1,itupun gak kasih kepastian pengobatannya.

    Oh ya dok,apakah type MH bordeline itu gak bisa di sembuhkan ?
    soalnya yg pernah saya baca, type bordeline sngat resisten sama obat kusta,dan pasti akan mengalami reaksi reversal.
    Tahun 2009 saya pernah periksa di laboraturium rumah sakit di tuban ,itu atas inisiativ sndiri,dan hasilnya (-) , IM (-),IB (-),)yg di ambil sample kerokan cuping telinga dan periksa darah.

    Terima kasih untuk sarannya ya dokter sebelumnya,semoga makin sukses n karirnya semakin meningkat.

    • Saya salut dgn wawasan anda terhadap kesehatan terutama terkait morbus hansen ini,
      Dari beberapa literatur yg sempat sy baca memang disebutkan tipe borderline dr kusta cukup sering menyebabkan kekambuhan / reaksi reversal, penyebab tersering akibat pengobatan yg baik terutama timbulnya resistensi obat.
      Semoga lekas sehat dan segeralah berobat menuju dokter trdekat utk penanganan yg lebih baik.

      • Dok aku tomo penderita MH,
        Dok kemaren aku dah periksa di puskesmas,katanya koq cuma reaksi akibat strees dok,padahal menurut saya kambuh lg sakitku.
        Apakah benar kusta tak bisa di sembuhkan,trus dr tanda cardinal type sakit saya ini type yg mana dok ?
        Di pipi ada plak sebesar uang coin,bercak sprti panu tp tipis,di lengan kiri kanan ada lesi agak coklat tp masih ada sensasi rasa tp agak mengkilap dan kulit kering,di betis tulang kering ada gangguan nyeri dan kulit agak kering,dulu bulunya rontok-

        -tp skrng bulunya udah tumbuh lg dok tp nyeri syarafnya masih.
        Dan skrng betis kanan bulunya rontok dok,ada tanda” nyeri syaraf.
        Trus lengan kanan ada nyeri syaraf dan kulit kering dok…,padahal gejala awal th 2008 cuma di punggung telapak tagan kiri aja…mendapat terapy MDT 6 bln dok. Apa benar kusta gak bisa sembuh dok,menurut saya kampanye selama ini cuma memberi harapan kosong penderita kusta dok,bahwa kusta bisa sembuh.
        Pdahal yg saya alami sudah kambuh 2x..
        Saya kwatir istri saya tertular dok.

      • Selamat Siang Pak Tomo,
        Dari berbagai literatur disampaikan prognosis/kemungkinan kesembuhan dari infeksi kusta adalah sangat baik, apalagi sejak adanya pengobatan kombinasi
        namun kondisi tsb sangat tergantung dari ketaatan dalam berobat pasien dan semakin dini mendapatkan pengobatan.
        Terimakasi,

  22. siang dok.saya penderita kusta sejak thn 2009 dn udah dnyatakn slesai trapi MDT,dn sy cuman vitmin c dn b cmplek sj.tp stlh 2 thun kmudian mncul berca merah lg dkulit,dn sy priksakn lg dn tes lborat hsilny ngatif.kt doktr itu murni reaksi sj dn sy dkasi vit c,b cmplk,asthin dn zink.ni udh 5bln tp blm ad prubahn.yg sy tnyakn apakh sy hrus trapi MDT lg atau ckup mnum vit td??. Trimakasih Tuhan memberkati..

    • Selamat pagi,
      Maaf baru sempat membalasnya,
      Kemungkinan besar memang itu bukan tanda dr kekambuhan,
      Dr hasil lab sudah menyatakannya, tp tetap waspada n selalu menjaga hidup yg sehat,
      Terimakasi

      • sya fikri 20thn seorg mhasiswa d jogja asal madura… hmpir satu tahun yg lalu sya didiagnosa kusta kering tpi tak tau jenis apa dngan gjala bercak putih dan 2 jari tngan (jari tengah dan jari manis tngan kanan) sya yg khilang fungsi sensorik… Kemudian sya dikasih obat MDT MB yg ktanya hrus slesai dlm wktu 12 bulan dan skrang hampir slesai. Pertanyaannya sbg brikut :
        1. Slma pngobatan brjalan 3-6 bulan prtama ada reaksi nyeri, pradangan atau lbh tepatnya kesemutan yg ckup menyakitkan trutama lngan atas knan bgian bwah dan 2 jari yg sya sbut tadi… Kmudian sya dkasih prednison dngn aturan pakai 8 tablet prhari slma 2 minggu dan dturunkan dosisnya 2 biji stiap 2 minggu smpai tuntas kira2 3 bulan dan alhmdulillah itu membantu…bhkan mngembalikan fungsi sensorik tlapak tngan dalam sya bagian luar (dbwah jari manis dan klingking)

        tapi skrang, itu kembali lagi, tngan kanan sya nyeri lg bhkan lbh hebat dr sbelumnya dsertai baal (benkak gmanaa gtu, dbilang bengkah bukan, agak menebal gtu) dan bengkak mengkilap pda 2 jari sya yg sudah agak membengkok lbh tpatnya 3 dtmbh klingking, tlpak tngan dbwh 3 jri td spenuhnya khilangan fungsi sensorik, brkurangnya fungsi motorik tntu ada mski itu sdikit. DAN YG PALING BUAT SYA SHOCK ADALAH SYA TAK MAMPU MENULIS LAGI SCRA BAIK DAN BENAR, sya sudh tdk bisa makan dngn tangan dgn baik dan benar krna brkurangnya kemampuan 3 jari sya yg skrg kaku namun msh bs dgerakkan. pdhal UAS smstr 1 msh bisa. Dtinggal lburan 1 bulan trnyata udh ga bsa.

        ksna ksini sya konsultasi, tiap malam ktika akan tidur dan pagi ktka bngun tdur dgn pnuh harap sya rendam 15 mnit dlm air dinging atau hangat, sya pijit dan lenturkan smbil diolesi handbody atau minyak kelapa dngn asa smga hal ini cpat pulih kmbali. Tp sampai saat ini tak juga kmbali. Tak apalah mgkn bukan waktunya yg pnting sya sudh brusaha… Mantri sya drumah mnangis ktka sya mnceritakan hal ini dtlpn, mgkn krna mlhat kgigihan sya untk smbuh dan trus tetap kuliah… Beliau menyarankan sya untk kmbali mengkonsumsi prednison dgn dosis yg sma.

        soal kulit, dulunya sya kuning langsat keputihan, yaaa lumrahnya org indonesia lah krna sya mondok, stlh mulai pngobatan menghitamlah kulit sya tp stlah 3 bulan pngobatan, sudh agak mndingan kcoklatan bhkan 50 % hmpir pulih mski dsertai dgn brcak2 putih… Tp sya tak pduli btapa jeleknya sya saat ini. Yg pnting smbuh. Tp pristwa tngan knan ini yg mmbuat sya dmikian tak percya diri.

        dokter sya prnah brhenti mnum obat MDT slma kalo ga salah 5 hri krna saat itu (bulan puasa) sya tes kjogja dan obat ktinggalan drumah, mantri mnganjurkan sya untk tetap mneruskan, apa krna ini ya dok sya spt ini skrg atau hanya krna sya rutin minum obat dsore hari ?

        trmksh.

      • Selamat Siang Fikri,

        Sebelumnya saya ingin mengajukan pertanyaan, apakah fikri sudah menjalani pengobatan tsb dgn tepat dan mengkontrolkan diri secara teratur?
        Sepertinya saya menebak adanya reaksi dari obat mdt yang diberikan, selain akibat kurang teraturnya meminum obat dan kemungkinan juga tidak adekwat nya terapi yang ada.
        Saran saya segeralah memeriksakan diri ke dokter/spesialis kulit yang terdekat utk mengkonsultasikan hal ini lebih lanjut agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

        Terimakasi Fikri,

  23. Dok, tindakan apa yang harus dilakukan setelah melakukan kontak dengan penderita kusta?

    • Selamat pagi,

      Sejauh ini tidak ada tindakan khusus ketika kontak sesaat dgn seseorang yg mengalami kusta,

      Namun apabila ada kontak yg lama/erat dgn pasien kusta, maka disarankan utk menjaga dan memonitor kesehatan, serta bisa dicoba dengan mengkonsumsi obat2 penambah daya tahan tubuh (imunomodulator).

      Semoga bermanfaat,

  24. Selamat sore
    Saya di diagnosa terkena kusta dan minum obat MDT merah, setelah mau masuk bulan ke-5..kulit saya menghitam kemerah-merahan tadinya putih.. terus demam tinggi selama seminggu serta hemoglobin saaya turun. Apakah itu efek dari obat MDT?

    • Selamat siang,

      Untuk perubahan warna kulit (pigmentasi) kemungkinan besar bisa diakibatkan efek samping pengobatan kusta yang berjalan.
      Sedangkan demam tinggi dan hemoglobin yang menurun (anemia) perlu untuk dikonsultasikan ke dokter terdekat untuk mencari kemungkinan pengaruh pengobatan kusta terhadap kedua hal tersebut.
      {ada akhirnya saran untuk memeriksakan diri kembali dan berkonsultasi tentang obat kusta yang dikonsumsi ke layanan kesehatan terdekat.

      Terimakasih,

    • Yang aku baca efek samping rifampisin yang diminum awal bulan salah satunya ada flu like syndrome kemungkinan bisa bikin demam. Dan salah satu efek samping dapson yang diminum setiap hari adalah anemia hemolitik.

  25. saya penderita kusta, umur 18 thn.
    awalnya saya sudah lama mengalami kusta sekitar 6 bln yg lalu dan saya tidak mengetahuinya, tp karna ada UN 15 – 18 april 2013 saya baru konsultasi ke dokter pd tanggal 3 mei 2013, saat saya konsul ke dokter sp. kulit & kelamin, dokter mendiagnosa saya terkena kusta, saya disuruh ke lab utk tes darah, setelah itu saya disuruh dokter ke poli paru, dokter poli paru jg mendiagnosa saya terkena kusta, lalu saya diberi obat MDT-MB. hari pertama minum 5 obat sekaligus kemudian 2 obat setiap hari sampai hari ke 28, tanggal 6 mei saya mengambil hasil lab kuping kiri, punggung, wajah dekat hidung, jari telunjuk kiri & kanan positif lepra, sedangkan kuping kanan negatif. lalu saya ke dokter, dokter menjelaskan tentang lepra dan saya di kasih resep AVITER utk daya tahan tubuh selama 10 hari. saat hari ke 20 muncul warna merah di daerah kulit yg blm terlihat sebelumnya, lalu tanggal 27 mei saya ke RS utk mengambil obat dan konsultasi tentang warna merah yg muncul itu, dokter mengatakan bahwa warna merah yg muncul itu dikarenakan kulit yg netral terdapat lepra yg blm terlihat. muka saya yg tadinya merah agak kehitaman, laliu dokter menyarankan saya makan nasi merah utk menetralkan hyperpigmen.

    saran saya jangan pernah berhenti dan lupa minum obat MDT, karna kalau tdk diminum sehari saja, bakteri itu bisa jd kebal terhadap obat MDT. Dan juga jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. jangan lupa juga selalu berdoa kpd
    YME

    berikut pengalaman saya, semoga bermanfaat.

    saya berharap semua penderita kusta di indonesia maupun luar indonesia sana cepat sembuh dan terbebas dari bakteri lepra

  26. assalamualaikum.
    pak saya sudah lama menderita kusta,tapi baru bulan kemarin saya tahu,setelah dokter mengatakan saya fositif terkena kusta.
    setelah berobat dan minum obat yang warnah merah dari dokter belum genap sebulan kulit lengan tangan kanan saya yang terkena dampak kusta menjadi warna merah kehitaman dan terasa sakit,panas terus kulitnya terkelupas kering,
    apa itu reaksi fositif dari obat atau bagaimana??

    • Terimakasih atas konsultasinya,

      Perubahan yg terjadi pada bapak kemungkinan diakibatkan reaksi efek samping dr pengobatan,
      Saran saya adalah kontrol kembali menuju pusat layanan/praktek dokter yg memberikan pengobatan kusta untuk kemungkinan diperlukannya penggantian obat,

      Terimakasih

  27. selamat pagi dok.. sya mau tanya. sya masih berusia 18th… awalnya sya heran muncul seprti koreng berwarna hitam pd betis saya.. dan lalu muncul bercak bercak putih seperti panu… tidak gatal… sya takut terkena lepra dok… tp blm ada gejala demam dan nyeri sendi.. sya berencana akan menanyakan pada pihak puskesmas.. doakan saya fok. thax

    • Salam kenal anggi,
      Jika dilihat dr perjalanan penyakit ada kemungkinan bukan lepra/kusta,
      Saran sy memang segera diperiksakan ke dokter ya,
      Semoga lekas sehat

  28. begitu kah dok? alhamdulilah… td sya periksa ke puskesmas menurut dokternya bilang ini cma jamur… tp sya masi takut dok.. mula mula muncul benjolan hitam lalu melebar dan seperti panu. tidak gatal.. da sekarang menyebar didaerah perut… kulit yg seperti panu nya kering… semoga memang ini bukan lepra…. sya jg akan periksa ulang untuk memastikan hal hal yg saya takutkan… bagaimana dok? thx

    • Klo dilihat dr gambaran keluhan memang sepertinya bukan kusta/leprae,
      Saya rasa dokternya sudah memberikan penanganan terbaik sekarang lanjut menjalankan terapi, bila belum membaik nanti bisa memeriksakan diri kembali.
      Semoga lekas sehat

  29. semoga yang dokter katakan benar. amien jd saya tidak perlu takut dan resahagi memikirkan masalah ini…. wlo merasa was was…. terima ksih dok ^^ selamat malam maaf apakah ada panu yg warnanya kemerah merahan?? apa itu karna kulit sya yg putih ?? maaf bnyk tanya dok… kebetulan sya jg bekerja di apotek supaya ilmu saya bertambah.thx dok semoga sukses selalu

    • Maaf diagnosis yg diberitaukan oleh dokternya apa?
      Kalau infeksi jamur banyak macamnya, salah satunya memang adalah panu, tetapi sy rasa yg dialami adalah bukan panu, sepertinya infeksi jamur lainnya. Utk lebih jelas dan tepatnya, boleh dikirimkan foto gambaran penyakitnya via email ke pramareola14@ymail.com.
      Terimakasih

      • dokter bilang yg sya alami adalah sejenis jamur… sy diberi vit nova b komplex da salep miconazole dok…. nanti bsk saya krm pic nya via email… sya tetus terang tdk tenang….

      • Oke sy tunggu kirimannya, semoga bisa membantu,
        Namun percayalah dgn dokter yg sudah memberikan pertolongan, cb dilanjutkan ya pengobatannya.
        Oya, maaf backgroundnya apa? Agar sy lebih enak berinteraksi dgn istilah2 medis

      • sudah saya kirim dok emailnya… saya tunggu blasannya. thx

      • dok… maaf tolong cek email…

  30. maaf pak sya mau bertanya…
    sya menderita kusta sdah tiga tahun tpi bru kthuan lima bulan yg lalu,
    jadi sya skarang berobat satu tahun, tapi kmrin obat sy putus dua hari…
    apakah ada pengaruhnya pak dngan pengobatan yg sy jalani skrng ini…???
    makasih bnyak pak…
    smoga amalan bapak yg sngat bermanfaat ini, di blas dngen sang pencipta…

    • Pagi Tata,
      Bentuk pengobatan Kusta berupa paket yg mesti dijalani dgn waktu yg ckup lama n membutuhkan ketekunan.
      Dgn 2hari lupa/terlambat meminum obat, biasanya efektifitas obat menurun n angka kesembuhan jg kurang baik.
      Utk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan pd layanan kesehatan/dokter yg memberikan pengobatan kusta tsb.
      Semoga lekas sehat

  31. selamat malam mas, apakah benjolan pada wajah dapat dihiangkan, karena saya maluterus ditanya sama teman saya terkena penyakit apa, dan saya hanya bilang saya terkena alergi

    • Selamat pagi, Benjolannya seperti apa n sejak kapan? Ada keluhan mengganggu yg diakibatkan dr timbulnya benjolan tsb? Selama terbukti benjolan tsb bukan tumor/keganasan/kanker, maka rasanya aman bagi kesehatan. Terimakasih

  32. benjolan nya itu bukan kanker tapi karena kusta,
    1 minggu yang lalu saya bberobat ke dokter spesialis, setelah sampai sana saya disuruh untuk tes lab. setelah hasil labnya saya bawa ke dokter itu ternyata saya divonis positif terkena hansen,dan katanya obatnya hanya ada di puskesmas, lalu besoknya saya pegi ke puskesmas dan saya diperiksa lalu diberi obat MDT. setelah hampir seminggu ini saya minum benjolan pada wajah saya berubah menjadi merah, dan benjolannya itu apakah dapat hilang ?
    soalnya say malu karena terus ditanya temen” saya karena saya masih sekolah, dan gurupun tadi menanyakan penyakit saya, dan saya hanya menjawab terkena alergi

    • Terimakasih atas responnya, maaf sy kira benjolan bukan krn kusta, mungkin krn menjawab pertanyaan melalui smartphone jadinya tdk memperhatikan topik artikelnya.
      Boleh sy tau persisnya letak benjolan tsb atau gambarannya? Ada rasa nyeri?
      Memang dlm infeksi kusta, salah satunya akan menimbulkan pembengkakkan atau penebalan pada bagian wajah,
      Oleh karena itu, bersabarlah dan lanjutkan pengobatan dgn baik, niscaya umumnya keluhan tsb akan membaik dan berkurang.
      Semoga lekas sehat

      • Benjolanya itu ya seperti benjolan pada kusta pada umunya, tapi kustanya ini kering dan tidak berasa apa” cuma benjolan” dan berwarna merah
        Apakah dengan pengobatan secara rutin akan hilang bejolan” tersebut ?

      • Dengan pengobatan yg rutin dan teratur diharapkan mampu menyembuhkan sekaligus menghilangkan keluhan kusta yg ada, termasuk benjolan tsb. Prioritas utama saat ini adalah menyembuhkan diri dr infeksi kusta yg jauh lebih berbahaya. Utk gangguan tampilan (estetik) yg terjadi murni akibat dr infeksi kusta tsb, bukan krn pengobatan. Pembedahan bukanlah solusi utama perbaikan krn akan menimbulkan masalah kesehatan baru lagi berupa penyembuhan luka dan bekas luka (estetik).

  33. benjolannya itu seperti benjolan pada kusta umumnya di bagian wajah dan pungung, tapi ini kering dan tidak terlalu parah. benjolannya itu gak berasa apa” di wajah dan kalo di sekitar punggung kadang ada rasa gatal sedikit. dan sehari setelah meminum obat jari tengah dan telunjuk serta beberapa jari kaki terasa tebal tapi masih bisa berfungsi normal, apakah itu reaksi obat atau bagaimana ? sebelum benjolan saya itu tampak kulit siku sebelah kanan saya sudah tidak berasa lagi, apakah siku saya ini bisa sembuh ? dan terutama benjolan berwarna merah pada wajah saya dengan meminum obat secara rutin akan kah hilang benjolannya, atau bisa diobati dengan cara lain selain meminum obat dari dokter ? terima kasih

    • pak…saya punya saudara yang kena kusta, tapi dia sudah minum obat selama 1 th dan kata dokter sudah dinyatakn sembu…. tapi saya lihat memang kulit dia sudah normal tidak ada bercak kayak panu gitu. Dulu suadara saya kena kusta pas kelasa 1 smp dan dia sekarang sudah lulus s1 apakah kusta bisa kambuh lagi ?????

      • Terimakasih atas pertanyaannya,
        Kusta mungkin bisa kambuh kembali jika yang bersangkutan tidak mampu menjaga gaya hidupnya dengan sehat, karena pada dasarnya jejak bakteri/jasad renik tsb masih mampu berada/terdeteksi di dalam tubuh penderita.

  34. dok saya mw tanya kemarin pada saat minum obat mdt hari pertama untuk pertama kali tablet depsonnya terlewat terminum v di hari kedua saya minum depsonnya 2 tblt nah esok sayaa akan minm sesuai anjuran kiri kira ngefek g ke proses penyembuhan takutnya gagal pa saya harus minta satu plet obat mdt dan minum dari awal lagi trimakasih

    • Selamat malam pak,

      Saran saya segera konsultasikan kembali ke layanan kesehatan tempat bapak mendapatkan pengobatan mdt untuk lebih baiknya,
      Memang dibutuhkan keteraturan dalam minum obat utk kesembuhan, pada kasus bapak biasanya pengobatan tidak akan berjalan dengan efektif karena adanya riwayat lupa minum obat,
      Terimakasih

  35. Pagi pak, saya tahu menderita kusta awal july 2013 tapi awalnya bercak putih tu saya ketahui sejak awal mei 2010 yang saya kira awalnya panu biasa tp saat saya obati dengan obat panu tiada perubahan. Saat itu saya menunggu kelulusan sekolah. Sejak timbul itu suhu badan saya meningkat bahkan saat cuaca dingin sekali tapi saya tak tahu itu berasal dari bercak putih tu. Akhir july 2010 saya bekerja di Malaysia, lama kelamaan bercak putih yang awalnya seperti gigitan nyamuk tu bertambah besar sebesar koin yg pinggir warna merah dan tengah putih, saya pun mulai risih karna ada di pipi kanan bagian bawah. Saya sering pergi klinik disana tapi sekedar dibagi saleb dan antibiotik tapi tak ada perubahan hingga aprir 2013 saya dirujuk ke hospital disana saya di check banyak kali dari ronsen organ dalam, darah hingga gigi, terakhir saya dipindahkan ke spesialis kulit. Oleh dokter saya diambil darah bagian kedua telinga, kedua siku tangan dan kaki dan bagian bercak. Dan juga dioperasi SSS. Akhir july 2013 hasil keluar saya dibagi tau saya sakit LEPROSI, jujur saya baru dengar jenis penyakit ini, dokter pun menjelaskan semua. Sebelum dokter bagi obat ke saya dia periksa organ dalam saya karna obatnya terlalu keras takutnya organ akan rusak nanti, akhirnya saya dibagi obat rifampisin 200 mg/bulan, clofazimin 300mg/bulan dan 100mg/hari dan 100mg/hari, katanya LEPROSI ku jenis basah setelah minum obat itu memang lebih ok, setelah2 bulan saya dikembalikan tp saya dah bawa obat untuk satu bulan kedepan, setelah di Indonesia saya berhenti 3 bulan sampai januari 2014 saya kepuskemas karna penyakitku dah lama hampir 4tahunan mereka rujuk saya ke dokter spesialis kulit hasil sama disini namanya lepra atau kusta tapi dokter kata kusta jenis kering saya pun dibagi obat PB dewasa karna cuma satu bercak saja dan saya dah minum hampir 3 bulan tapi bercak tu masih sama tiada perubahan yang signifikan, saya lihat hasil tes disini BTA negatif mertua kakak saya dulu kerja di pusat kusta Tangerang kata jenis kusta saya basah . Pertanyaan saya:
    1. bisakah kusta basah berubah jadi jenis kering?
    2. Adakah kesalahan dalam mengenali jenis kusta?
    3. Adakah kalau kusta jenis PB dikasih Obat MB dan dikasih lagi obat jenis PB tak akan ada reaksi?
    4. Kalau sudah meminum obat MDT kusta tak akan menular?
    5 . Apakah kulit bekas eksim kusta bisa kembali normal ( terasa bila disentuh dan warna kembali norma)?
    Terimakasih, harap reply sekali ke-email saya

    • Selamat pagi,
      Saya akan mencoba menjawabnya,
      1) tipe2 kusta bisa saja berubah, wlo kasusnya agak jarang.
      2) jika dilakukan pemeriksaan fisik dgn baik, penjabaran keluhan dgn baik dan pemeriksaan laboratorium, maka kecil kemungkinan kesalahan terjadi.
      3) masing2 tipe sudah memiliki panduan pengobatan, jadi jika terjadi kesalahan diagnosis ataupun pengobatan, maka akan berpengaruh terhadap kesembuhan.
      4) pada dasarnya dgn meminum obat secara dini dan teratur, maka seseorang pasien kusta dapat meminimalisir penularannya, namun tetap disarankan untuk menghindari kontak secara berlebihan.
      5) apabila menjalankan pengobatan dgn baik dan teratur, maka kemungkinan besar akan mengalamk kesembuhan dgn baik. Namun pada beberapa kasus, kondisi estetik pada kulit cenderung akan menetap, tetapi perbaikan pada saraf akan terjadi.
      Semoga bermanfaat dan silakan mengkonsultasikannya kembali ke layanan dokter terdekat.

      • Pagi pak, Jika terjadi kesalahan dalam menganalisa kusta apakah memperburuk keadaan, kalau kulit tak bisa kembali normal adakah kusta itu akan timbul kembali meski sudah pernah dinyatakan sembuh.
        Terimakasih atas tanggapannya. Pada 19 Mar 2014 09:54, “Pramesemara’s Blog : Another Areola’s Athmosphere”

      • Saya coba menjawabnya kembali ;
        1) kusta merupakan penyakit infeksi kronis yang juga banyak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Jika terjadi kesalahan menentukan tipe kusta, maka akan berpengaruh pada terapi dan tentu saja kesembuhan.
        2) Ada kemungkinan sembuh total dr kusta, namun terkadang ditemukan jg kekambuhan. Semuanya tergantung dr penanganan yg baik dan secara dini.
        Semoga bermanfaat dan selanjutnya silakan berkonsultasi dgn dokter yg menangani anda karena kelemahan media ini

      • Pihak puskesmas kata reaksi bisa terjadi sebelum, selama bahkan setelah MDT selama masa 5th, apakah setelah MDT akan ada obat tambahan untuk mencegah terjadinya reaksi? Kalau tak apa yg harus dilakukan agar tak terjadi reaksi. Dan bila selama 5 th setelah MDT tak ada reaksi apakah si pesakit dinyatakan bebas kusta? Terimakasih banyak. Pada 20 Mar 2014 05:56, “Pramesemara’s Blog : Another Areola’s Athmosphere”

      • Terimakasih responnya Pak.
        Jika terjadi reaksi akibat pemberian mdt, maka akan dilakukan beberapa perubahan pada pilihan obat-obatan yang diberikan ataupun diberikan tambahan untuk mencegah reaksi tersebut. Untuk mengetahui seseorang bebas dari kusta setelah pengobatan, diakhir masa pengobatan akan dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik maupun laboratorium kembali.

      • Terimakasih atas segala informasi yg dibagi, Jika setelah berakhir masa pengobatan MDT tapi belum dinyatakan bebas dari kusta apakah pengobatan akan MDT tetap dilanjutkan dan berapa lama batasan waktu untuk seseorang bisa mengkomsumsi MDT mengingat obat ini terlalu keras dan berkemungkinan dapat merusak organ dalam?
        Thanks. Pada 21 Mar 2014 12:54, “Pramesemara’s Blog : Another Areola’s

      • Sudah ada protokol terapi nya bapak, terkait lama dan jenis obat yg diberikan pada pasien kusta.
        Lebih jelasnya, nanti bapak bisa tanyakan ke layanan/dokter yg memberikan terapi saat ini.

  36. Permisi dok,sebelumnya saya sangat berterimakasih karena adanya blok ini,jd saya penderita kusta kering(PB) sekitar 10×5 cm,udah berobat 7 bulan disuruh berhenti dari pihak puskesmas,tp tanpa rekomendasi hasil laboratorium.tp kulit msh terasa kaku,dan pegel,itu gmna dok,kemungkinan kambuh ada pa gak dok? Trs bs sembuhh gak dok,soalnya sampe sekarang saya msh meragukan kesembuhan penyakit ini dok,demikian terimakasih dok

    • Langsung saja Bapak,
      Saya sarankan untuk memeriksakan diri kembali ke layanan dokter atau rumah sakit umum daerah setempat untuk dilakukan pemeriksaan kembali dan terutama tes laboratorium untuk mengetahui status kusta.
      Kusta adalah jenis penyakit yang menyerang sistem daya tahan tubuh dan bisa berkembang dalam beberapa jenis, karena itu dibutuhkan penanganan yang optimal.
      Terimakasih dan semoga bermanfaat,

  37. pak saya mau tanya duklu teman saya menderita kusta tapi dia berobat sampai habis cuman sekarang dia mndapat mh reaksi bereupa bisul bernanah.
    pertanyaanku apakah reaksi tersebut bisa menular pada orang terdekat.

    • Mungkin saran saya adalah memastikan bahwa bisul bernanah tsb adalah akibat pengobatan kusta, karena reaksi yang bermacam-macam tergantung individu masing2,
      Penularan kusta sendiri membutuhkan kontak fisik yang cukup intens, oleh karena itu silakan datang memeriksakan diri untuk kepastian tsb,

    • pak yg ingin tanyakan.kenapa teman saya kalo nggak minum obat methil prednisolon sehari badan timbul berupa bisul bisul.mohon bantuannya pak.dan apakah ada obat lain yg layak untuk di minum.

      • Pagi, sejauh ini saya tdk memiliki pengalaman pengobatan kusta menggunakan metil prednisolon karena tidak masuk dalam protap penatalaksanaan kusta, silakan diskusikan dengan dokter yang menberikan, terimakasih

  38. sy seorg pendrt kst yg br selesai pengobatan setengh tahun yg lalu,benjolan serta bercak2 merah yg menghtm ini masih ada,apa lg dibagian wajah jk pikiran sy terlalu stres maka bercak merah akan lebih timbul lg.trs yg sy mau tanyakn dok. 1 apakah benjolan yg menghitam bekas kusta ini akan dgn sendirinya atau sy hrs konsumsi obat apa gitu dok? 2apakah sy hrs lab kembali untk memastikn kusta sy ini?sebab setelah selesai pengobatan selam satu tahun sy belum memeriksakan diri.

    • Selamat malam mai,
      Saya langsung saja mencoba membantu menjawab pertanyaan mai terkait pengobatan kusta ;
      1) benjolan/flek hitam yg muncul kemungkinan merupakan efek samping obat kusta yg diberikan kepada anda. Umumnya menetap, namun bbrp informasi yg sy dpt bisa membaik tergantung dr respon tubuh masing2 individu. Utk obat menghilangkannya secara spesifik tdk ada, smentara bisa dilakukan perawatan kulit/wajah dengan berkonsultasi ke dokter spesialis kulit/estetika.
      2) Disarankan pasca pengobatan kusta utk tetap mengkontrolkan diri/mengecek laboratorium minimal setahun sekali, karena kusta merupakan penyakit yg menyerang kekebalan tubuh dan sifatnya yg kronis. Saran saya segera mengkonsultasikan kembali ke layanan/dokter yg merawat anda dulu utk mendapatkan konseling n penanganan lebih baik.
      Terimakasih dan semoga selalu sehat

  39. salam pak, … saya penderita kusta MB , sudah mengikuti terapi MDT selama 8 bulan , sudah hampir 1 bulan tdk minum lagi karena obat MDT di puskesmas kosong mengakibatkan reaksi dari bakteri kusta muncul lebih banyak lagi . Apakah ada obat lain untuk menganti MDT selama kekosongan obat dari dokter?

    • Sore Mbak,

      Saya sarankan untuk menuju Rumah Sakit Umum Daerah atau praktek Dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin terdekat agar mendapatkan subsitusi MDT yang tepat. karena pengobatan kusta membutuhkan ketekunan dan kesabaran, serta diharapkan tidak terjadi kondisi putus obat.

      Terimakasih,

      • Dok, selamat siang sebelumnya.. Saya menemukan bercak putih, mati rasa oleh panas, dingin, maupun tusuk jarum, bulu rambut tidak teratur pada lengan saya waktu saya kelas 3 SMP , kemudian saya memeriksakan diri saya ke puskesmas, oleh puskesma di rujuk ke spesialis kulit, kmudian saya ke dokter spesialis kulit, tpi hanya diiagnosa infeksi jamur, diberi obat, kemudian saya cuek dg pnyakit ini, setelah sekitar 8 tahun brlalu, tak ada perbaikan dg keadaan saya,, kemudian saya kembali ke dokter spesialis kulit yg sma, namun kali ini saya didiagnosa vitiligo, dan saya memastikan ini mati rasa kepda dokter trsbut, dan saya menanyakan apakah ini kusta?? Dokter tersbut mnjawab pada brcak putih saya ini, tidak trdpt pnyakit kusta dan diberikan vit kulit, dan saleb kulit protopic. Saya bener bener takut dok,, apakah ini kusta? Kalau saya browsing tidak ada penyakit lain selain kusta yang menimbulkan kulit mati rasa. Apakah diagnosa tersebut slah? Langkah apa yang harus sya lakukan dok? Kalaupun ini kusta, apakah penyakit tersebut bisa sembuh dok? Tolong saya dok. Terimakasih

      • Selamat Pagi Mbak,

        Dilihat dari keluhan yang telah anda sampaikan memang menunjukkan kecurigaan pada infeksi kusta dan vitiligo, namun tetap saya sarankan untuk memeriksakan diri kembali ke praktek dokter umum ataupun spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk penanganan yang lebih baik dan diagnosis yang lebih tepat.
        Secara umum penyakit kusta adalah penyakit infeksi yang memiliki gejala gangguan pada kulit (bercak kulit yang mati rasa dll). gangguan saraf tepi (nyeri hebat dll), dan gangguan organ lainnya (penebalan wajah dll). Gejala yang muncul juga tergantung dari tipe kusta yang dialami.
        Untuk menegakkan diagnosis kusta pun disarankan untuk menjalani pemeriksaan laboratorium, jarang sekali mampu ditegakkan hanya dari gambaran gejala klinis semata. Keluhan kulit yang mati rasa sendiri memang khas pada kusta, namun bisa juga dialami pada penyakit lainnya.

        Terimakasih dan semoga bermanfaat,

  40. Selamat siang dok,, hari ini saya telah periksa ke dokter spesialis kulit yang lain dok, untuk hasil tes menggunakan mikroskop tidak ditmukan dok, negatif.. Namun saya disarankan untuk tes darah,, dan hasilnya 2 minggu lagi.. Yg saya tanyakan, benar kan dok, kalau kusta itu bisa disembuhkan?? Dan tidak menimbulkan kecacatan??

    • Asalkan mendapatkan penanganan secara dini yang tepat, pastilah kemungkinan utk sembuh sangat besar dan timbulnya kecacatan dapat dicegah, semoga lekas sehat

  41. malam dok,saya sangat senang dgn ada nya blog ini,karna sangat membantu saudara”kita yg lagi kebingungan menangani kusta,dan juga saya mau tanya,gimana ciri kulit yg kena kusta sudah sembuh,?

    • Maaf, Saya baru sempat menjawab,
      Ciri2 kulit yang dulunya terkena kusta dan kemudian saat ini sudah sembuh umumnya masih memberi gambaran kusta dengan perbaikan sesuai tingkat kesembuhan.
      Smakin dini dan teratur meminum obat kusta, maka kondisi kulit akan semakin baik dan tidak menampakkan gejala kusta.
      Terimakasih

      • Asalamualaikum, saya aneeh dengan keadaan saya sekarang dan saya bingung ada 4 brcak putih dtubuh saya dan dan tidak terasa kalo dicubit, ketika saya dateng ke dr kulit dan kelamin kulit tangan saya diliat dan dipegang sikunya katanya saya terserang kusta dan harus mengambil obatnya dipuskesmas dengan geratis ketika saya datang kepuskesmas saya diperiksa kembali oleh petugas puskesmas dan saya dicoba dengan kapas saya sedikit merasakan kapas yg disentuh kebercak saya itu dan katanya ini kemungkinan bukan kusta kata petugas puskesmas terus saya disuruh ke laboratorium biomed dan darah ditelinga saya diambil dan saya menunggu hasilnya beberapa jam lalu saya mendapat hasiknya dan ternyata negatif saya pun bingung, terus mana yg bner saya harus kemana lagi, terus tindakan apa yg skarang harus lakukan, mohon dijawaab secepatnya

      • Selamat malam,
        Terimakasih atas konsultasi anda yg cukup baik menggambarkan kronologis perjalanan keluhan anda,
        Pemeriksaan utama utk mengetahui ada atau tidaknya infeksi kusta adalah melalui pemeriksaan laboratorium untuk menemukan antibodi atau kuman penyebab kusta. Jadi bisa dipastikan anda memang bukan mengalami kusta.
        Tidak sepenuhnya keluhan bisa dikatakan sebagai penentu diagnosis penyakit. Semoga bermanfaat

  42. Dok ini saya tiara, saya sudah tes BTA dan darah alhamdulillah hasilnya negatif, namun saat lesi kulit saya di beri rangsang dg smcam benang dg ukuran yg berbeda, baru terasa di benang yang keempat, nah kemudian dokter masih menduga saya terkena kusta, oleh dokter saya diberi obat yang untuk kusta tipe PB . Yang saya tanyakan, Kalau seandainya saya tidak terinfeksi kusta, dan meminum obt kusta, apa dampaknya bagi saya dok?

    • Utk penentuan utama apakah anda mengalami kusta adalah melalui tes laboratorium, jadi diagnosis kusta tdk bisa ditegakkan dgn melihat gejala atau keluhan semata. Saran saya anda mencari dokter lainnya utk mendapatkan second opinion. Obat apapun jika diminum akan memberi efek pada tubuh, tidak boleh memberikan obat tanpa indikasi karena bisa menimbulkan efek yg tdk diinginkan pada tubuh.

      • Apakah dengan hasil tes darah yg sudah saya jalani saya bukan penderita kusta dok? Apa saya perlu melakukan tes darah kembali dgn dokter yg lain? Dokter tsb mnjleskan pada saya bahwa saya terkena kusta TT, saya bingung dok. Mohon penjelasannya. Kalau yg dimksud dengan suspect kusta itu yg sperti apa?

      • Tes bta n darah sudah ckup utk mendiagnosis kusta, keluhan atau pemeriksaan gejala belum bisa menegakkan diagnosis kusta.
        Saran kongkrit saya silakan ke dokter umum atau spesialis yg lain utk mencari second opinion, konsultasi kembali utk konfirmasi menyakinkan apakah mengalami kusta atau tidak. Semoga bermanfaat

  43. Pagi dok saya penderita kusta sdh tes darah di cuping n kerokan d t4 lesi aktif siku tangan kanan dan d nyatakan positif dan saat ini saya sdh diberi progam pengobatan mtd selama 12 bln dan alhamdulillah sisa 5hari lagi progam sdh habis. Yg saya tanyakan dok d bln k 7 timbul nodul di bagian muka(3 nodul) d badan jg lumayan banyak sdh k bidan petugas MH d tambah dosis pred selama 3bln dosis 8butir

  44. 6,4,3,2 hinga turun 1butir per hari (tp g ada perubahan d nodul muka) trus seminggu yg lalu d t4 lesi siku kanan jd kering merah bahkan luka kecil2 dan bernanah trus saya konsul d dok spesial kulit d kasih salaep sagestam gentamicin cream(oles d t4 luka) obat minum Methylprednisolone kaplet 4 (3x 2tablet) perubahannya sangat bagus dok luka langsung kering. Yg ingin saya tau dok nodul d muka yg mulai menipis itu bisa hilang kah? Klw dlm 5hr program mdt sdh habis saya bisa d nyatakan sembuh? Mksh dok

    • Selamat malam mbak,

      Nodul dimuka kemungkinan adalah wujud dari infeksi kusta tsb n syukur sudah tertangani dgn baik. Utk kesembuhan dr nodul kemungkinan ada, wlo seringkali susah mengembalikan seperti sediakala n dibutuhkan pengobatan yg tepat, dini n rutin.
      Utk memastikan anda terbebas dr kusta disarankan utk melakukan tes laboratorium utk konfirmasi kembali keberadaan kusta tsb.

      Terimakasih

  45. Mlm dok,
    sy shanti yg hari tu pernah tanya kesalahan dlm mengidentifikasi kusta sy, sy dah minum MTD jenis PB selama 5 bulan saat sy mengambil obat yg ke 6 bulan dokter melihat luka sy tak ada perubahan bahkan tambah parah dan dokter bilang sy salah minum obat yg seharusnya jenis MB karna luka sy dibagian wajah dekat mata. Trus sy ni dah minum MB hampir 6 bulan tapi Xde perubahan pada luka sy bahkan sy rasa panas di bagian kaki dan luka makin melebar dan sy temukan beberapa bercak di kaki juga tangan. Yg sy tanya, apakah yg sy minum PB selama 5bulan tu ada efek untuk penyakit juga tubuh sy, dan kenapa sy minum obat kusta masih bisa melebar dan bertambah bercak sedangkan yg sy tau kalau da minum obat kusta, kusta tak kan menyebar. Solusi apa yg mesti sy lakukan.
    Terima kasih

    • Selamat malam mbak,

      Seperti yg saya jelaskan sebelumnya bahwa meminum regimen obat kusta yg tdk tepat akan mengakibatkan kesembuhan tdk tercapai dan tipe kusta tsb akan semakin berkembang.
      Utk kondisi anda, saya sarankan kontrol ke dokter spesialis kulit n kelamin terkait keluhan anda tsb. Umumnya jika pengobatan tepat, maka kesembuhan pun akan tercapai n tdk semakin memburuk.

      Terimakasih,

  46. selamat sore dok, orang tua dinyatakan kusta mb hrs minum mdt 1 thn, pertama periksa cuma lesi dipipi dan sedikit dibadan. tapi kenapa setelah minum mdt 1 bulan sampe sekarang sudah masuk yg ke 2, kok semakin bnyk keluar dikaki dan tangan, apakah itu normal dok? kulitnya juga kering dan terkelupas di bercak itemnya itu, kakinya pun bengkak apakah itu normal? terima kasih buat jawabannya.

  47. Malam dok

    Maksh atas jawabannya dok. Tp misalnya nodul yg d muka yg sebesar permen mentos tsb d angkat (laser atw bedah/operasi kecil) kira2 bisa g dok? Efeknya berbahaya kah dok? Saat ini nodul tsb saya terapi oles pake herbal G-Gamat hasilnya nodul mulai menipis dok.

    Mksh dok

    • Selamat malam,
      Sejauh ini tindakan estetika bisa dilakukan, tidak ada efek berbahaya bagj kesehatan, namun hasilnya masih meragukan, apalagi klo pengobatan kusta yg dijalani kurang baik.
      Terimakasih

    • Malam mna yuni.. Mba mau tanya apakah tindakan estetika anda sdh berhasil.. Kalo iya blh mnta info tempatnya.
      Smga anda bersedia menginfokannya.
      Salam

  48. selamat siang dok, orang tua dinyatakan kusta mb hrs minum mdt 1 thn, pertama periksa cuma lesi dipipi dan sedikit dibadan. tapi kenapa setelah minum mdt 1 bulan sampe sekarang sudah masuk yg ke 2, kok semakin bnyk keluar dikaki dan tangan, apakah itu normal dok? kulitnya juga kering dan terkelupas di bercak itemnya itu, kakinya pun bengkak apakah itu normal? terima kasih buat jawabannya.

    • Selamat pagi,
      Kemungkinan besar hal tsb merupakan efek samping dr pengobatan mdt yg dijalani orang tua anda,
      Saya sarankan utk memeriksakan diri kembali ke dokter yg memberikan penanganan utk mendapatkan pengobatan yg sesuai.
      Terimakasih

  49. apakah ada obat tambahan selain MDT-MB yang saya minum ?

    • Malam, Minumlah obat kusta (mdt-mb) sesuai aturan yg ada utk kesembuhan yg lebih baik. Jika ada keluhan atau timbul efek samping dr obat kusta, disarankan memeriksakan diri utk mendapatkan obat pengganti atau tambahan yg diperlukan. Terimakasih

  50. selamat pagi dok, waktu saya persiapkan obat buat ortu saya memasuki bulan ke 3 yg sekali minum 6 obat, yg jenis klofazimin (obat dalamnya merah) tersobek sdkt sehingga isi keluar sedikit terus saya langsung kasih ortu minum bersamaan 5 obat lainnya. Yang mau saya tanyakan apakah ada efeknya karena yang pasti dosisnya pasti berkurang sedikit ya dokter, karena ini membuat saya kepikiran terus. Terima kasih

    • Selamat malam,
      Menurunnya dosis bisa terjadi karena hal yg seperti anda jelaskan. Pengobatan kusta memerlukan keteraturan dan dosis yg tepat.
      Oleh karena itu, saran saya lanjutkan pengobatan yg ada sambil tetap rutin memeriksakan diri ke dokter agar mengetahui perkembangan kesembuhannya,
      Terimakasih

      • mlm dok,ma,af dok saya mau tanya,saya terkena kusta ntah dari kapan,pas saya tes eh saya positip kena kusta,trus saya berobat ke puskesmas,lalu saya d kasih obat MDT ,karna saya ga tau cara minum obat nya,dari satu bulan Sampai 3 blnnan lah,saya minum obat nya,tidak seperti anjuran yg d tetap kan,karna saya tdk tau,itu pengaruh ngga ya,???

      • Selamat malam,
        Dengan ketidakteraturan dan kurang taatnya dalam berobat, tentu saja akan mempengaruhi kesembuhan anda.
        Saran saya segera menyampaikan perihal tsb dan meminta terapi kembali ke puskesmas yg merawat anda guna memperbaiki kesalahan yg dahulu.
        Semoga lekas sehat

  51. slmat siang dok..saya menderita kusta jenis MB,dan bentol2nya hanya sedikit sekali dan sekarang rutin minum obat MDT,Tapi memasuki bulan ke 2 sampai ke 3,,wajah dan seluruh tubuh saya timbul bentol2 banyak sekali..bilang pihak puskesmas ini adalah reaksi obat serta tahapan proses pengobatan.,yang sya tanyakan,,apakah ada cara mencegah timbulnya bentol lagi selama pengobatan dok?

    • Selamat siang,
      Saya rasa hal tsb memang bagian dari reaksi obat dan penyembuhan dari kusta tersebut.
      Lambat laun kondisi tsb bisa berkurang dgn seiring perjalanan waktu wlo cenderung menetap keberadaannya.
      Mungkin saran sy bisa diganti atau disubsitusi obat2 nya yg dicurigai menyebabkan benjolan2 tsb. Hal ini bisa dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit terdekat.
      Terimakasih dan semoga lekas sehat

  52. assalamu’alaikum
    saya mau bertanya
    apakah selama pengobatan dengan mdt boleh mengkumsumsi obat yang lain?
    terima kasih sebelumnya

  53. saya mencoba mencari obat yang lebih cepat dalam penyembuhan kusta dengan cara serching dok
    yang mau saya tanyakan apakah sya boleh mengkomsumsinya sedangkan saya dalam penggunaan obat mdt?dan apakah obat tersebut dapat dipercaya?

    • Obat mdt adalah paket obat standar yang digunakan dalam prosedur tetap penanganan kusta, tidak ada paket obat lainnya.
      Berhati-hatilah menggunakan obat secara sembarangan tanpa mengkonsultasikan terlebih dahulu ke dokter karena akan memberikan efek buruk pada kesembuhan kusta (memperlambat atau bahkan tdk menyembuhkan sama sekali).

  54. Malam dok,saya sangat merasa terbantu sekali denganada nya blog ini,ma,af sebelumnya,saya sudah minum obat MDT selama 7 bulan,yg saya tanyakan ko kulit yg memerah itu tambah tebal ya,apakah itu tanda”kuman sudah pada mati ya ,???
    “Terima kasih”

    • Selamat malam, Utk memastikan efektifitas pengobatan dan level kesembuhan anda dari kusta adalah hanya dengan melakukan pemeriksaan laboratorium (bakterioskopik atau serologik),
      Kondisi tsb mungkin bagian dari reaksi imunologis terhadap infeksi kusta, terimakasih

  55. Sebelum nya saya berterima kasih atas jawaban nya, ^_^
    Ma,af dok, apa yg d maksud reaksi imunologolis???
    dan tiap kali saya ngambil obat belon pernah d periksa malahan pas saya nanyain ini kulit menjadi tebal dokter nya malah nanya lagi ke teman nya.

    • Reaksi imunologis itu reaksi tubuh terhadap penyebab sakit, misalnya pada kusta ya reaksi tubuh terhadap kuman penyebab kusta dan produknya,
      Mungkin yg memeriksa bukan dokter, coba mencari second opinion ke dokter praktek terdekat, terimakasih

      • Saya mantan penderita kusta … tapi setelah saya berhenti pengobatan sudah 3 bulanan . Masih ada jga bercak yg di wajah . Kalo di bagian tubuh lain msh ada . Tapi saya sudah d nyatakan sembuh … terus saya tanyakan kpd org puskesmas, bercak yg di wajah ini katanya emg lebih lama hilang d bandingkan kulit yg lain di karnakan kulit wajah sensitif . Yg ingin saya tanyakan bagaimana caranya menghilangkan bekas yg d wajah trsebut ??? Dan apa boleh saya melakukan vit c sekrg ??? Tlg d balas

      • Selamat siang,
        Mungkin perihal ini bisa didiskusikan dgn dokter yg bergerak dibidang estetika terdekat dr domisili anda,
        Umumnya memang perbaikan dikulit wajah tsb akan berjalan perlahan2,
        Terimakasih

      • Saya mantan penderita kusta … tapi setelah saya berhenti pengobatan sudah 3 bulanan . Masih ada jga bercak yg di wajah . Kalo di bagian tubuh lain sudah tidak ada . Tapi saya sudah d nyatakan sembuh oleh pihak puskesmas… terus saya tanyakan kpd org puskesmas, bercak yg di wajah ini katanya emg lebih lama hilang d bandingkan kulit yg lain di karnakan kulit wajah lbh sensitif . Yg ingin saya tanyakan bagaimana caranya menghilangkan bekas yg d wajah trsebut ??? Dan apa boleh saya melakukan suntik vit c sekrg ??? Karna perubahan kulit saya , belum jga kembali seperti semula.Tlg d balas

  56. sore dok.. saya 18th siswa sma kelas 3…
    saya penderita kusta dan di sarankan minum obat mdt mb dan skrang sdh masuk bulan ke 3 saya meminum obat tsb dan gejala yang tampak sperti makin meluas… jari2 kaki saya mulai membengkak,pembengkakkan pada 2 jari tangan kiri (jari manis dan kelingking) jg makin membengkak dari biasanya dan di sekitaran wajah (pipi) saya juga mulai muncul benjolan2 berwarna merah…bulan depan kan sdh mau un trus apakah ada obat yang mampu menurunkan atau mengurangi pembengkakkan ini walau hnya untuk sementara waktu….?
    1 lagi dok… apakah rokok sangat mengganggu pengobatan ini….?

    mohon balasannya ya dok!!

    • Selamat malam mas,
      Sebelumnya apakah anda rajin meminum obat mdt tsb sesuai dosisnya dan rutin memeriksakan diri kontrol kembali?
      Jika sekilas dilihat dari keluhan yg anda sampaikan, sepertinya ada kegagalan pengobatan yg bisa saja disebabkan banyak hal, termasuk juga cara meminum obat yg salah dan atau penggunaan zat-zat lain yg mengganggu kerja obat, misalnya alkohol ataupun rokok.
      Oleh karena itu, saran saya stop merokok sepanjang menjalani pengobatan dan segera memeriksakan diri kembali utk mendapatkan konsultasi dan penanganan yang tepat,
      Terimakasih

      • Pak, mau tanya bagaimana caranya spy kemerahan diwajah akibat 3bln lalu ada reaksi kusta.. Krn hingga kini kemerahannya blm kunjung pudar apalagi hilang. Apakah bs mengambil tindakan estetik utk menyamarkan kemerahan tsb.
        Mhn responnya.

  57. selamat pagi dok, saya ingin bertanya, saya penderita MHMB berusia 19th. saat ini sedang menjalani terapi MDT dan masuk bulan ke 4, semalam saya minum 1 set obat diawal bulan yg terdiri dari 6 obat, tetapi ketika saya mau minum obat tsb, pil warna putih(DDS) nya jatuh dan hilang, saya harus bagaimana? saya sudah bertanya pada dokter yg menangani saya namun belum ada respon, saya benar-benar bingung, pernah juga di bulan kedua konsumsi MDT, obat saya ada yg sobek, apakah itu juga berpengaruh? saya sangat takut dan khawatir. saya takut jika harus mengulang kembali karena akan sangat lama. mohon dijawab dok, terimakasih

    • Selamat malam,
      Saya sarankan utk kembali memeriksakan diri ke puskesmas/dokter untuk mendapatkan resep pengganti obat yang rusak/hilang,
      Karena pengobatan MH membutuhkan ketaatan dan dosis yang pas agar mencapai kesembuhan yang baik.
      Terimakasih

      • Siang pak, saya di vonis dokter kena MH sekitar bln oktober tahun lalu. Sejak itu saya rutin minum mdt yg diberikan (krn ingin segera sembuh)
        Bln maret pertengahan, timbul kemerahan di lesi yg td nya putih (fyi yg awalnya putih itu, sejak saya berobat, 1bln-an bahkan lgsg hilang, jadi sekitar bulan november hinggal awal maret saya beraktifitas normal).
        Sejak itu saya dikasi obat tambahan beruoa medixon. Namun sampai saat ini kemeraham tsb blm kunjung pudar (sdh hampir 3 bln saya konsumsi medixon dgn dosis yg semakin turun).
        Yg saya mau tanyakan..
        Bagaimana caranya spy kemerahan diwajah akibat 3bln lalu ada reaksi kusta.. Apakah bs mengambil dengan mengambil tindakan estetik utk menyamarkan kemerahan tsb.
        Mhn responnya.

  58. sebelum’y saya ucapkan banyak terimakasih atas blog bermanfaat nie.
    malam dok, saya wahyu 26th penderita MH, namun sudah RFT, setelah saya tes lab ternyanta kuman masih positif,,,
    yg saya mau tanyakan, apakah saya harus lanjut terapi MDT atau tidak,,,
    Thank’s dok.

    • Selamat malam,
      Langsung saja,

      Saya sarankan untuk memeriksakan diri kembali terlebih dahulu untuk mendapatkan evaluasi dan konseling yang lebih baik.
      Namun secara umum saya sarankan anda untuk melanjutkan pengobatan sesuai arahan yang diberikan dokter yang merawat anda.

      Semoga lekas sehat,
      Terimakasih

  59. Dok saya pernah beberapa kali mengalami reaksi reversal. Lalu saat reaksi tjd muncul lesi dg jmlh banyak dan kecil di sekujur tangan dan kaki.. bagaimana menghilangkan lesi tsb dok? Pdhl sblm reaksi tdk ada lesi kecil2 itu.. dan bagaimana membersihkan tubuh dari basil lepra yg telah mati.. soalnya im saya 0 tapi ib saya masih +4

    • Selamat malam,
      Sesuai teori yang ada, umumnya reaksi reversal terjadi pada tipe kusta yang borderline dan terjadi ketika sedang menjalani pengobatan MDT.
      Saran saya adalah segera memeriksakan diri kembali ke dokter yang menangani anda untuk mendapatkan penanganan yang tepat terkait reaksi reversal tsb.
      Dokter akan memberikan beberapa obat tambahan 8sesuai keluhan yg muncul, seperti obat-obatan jenis kortikosteroid, penghilang rasa sakit, penenang dan lainnya.
      Untuk tes bakterioskopik biasanya dilakukan dalam mengidentifikasi bakteri penyebab dan mengamati pengobatan pada tempat kusta paling aktif.
      Untuk kondisi anda dibutuhkan waktu untuk tubuh membersihkan diri dari bakteri2 penyebab dan dengan menjalankan pengobatan dgn baik maka kemungkinan besar akan mengoptimalkan penyembuhan.
      Untuk selanjutnya, saya sarankan anda untuk mengkonsultasikan hal2 terkait ke dokter terdekat dari domisili anda dan rajinlah dalam berobat,
      Semoga lekas sehat,

  60. Maaf mau nanya, apakah warna kulit yang mnghitam akan truz mnghitam sampe” kya orang afrika apa gx,??

    Truz boleh gx, klo sekalian mengonsumsi obat herbal pemutih tbuh/ suplemen natur E

    tlong beri solusinya ya, .
    MAKASIH . . .

    • Selamat siang,
      Kulit menghitam merupakan reaksi tubuh terhadap pengobatan mdt akibat peningkatan aktifitas sel-sel pemberi warna kulit,
      Boleh saja mengkonsumsi obat-obatan tersebut, akan tetapi efeknya kurang jika dibandingkan dgn mengganti regimen obat mdt tsb.
      Terimakasih;

  61. Selamat malam dok, saudara saya terkena kusta dia sudah minum obat selama 8bulan, namun pada bagian tangan di siku bawah, di bawah dengkul dan pelipis mata sebelah kanan mengalami bengkak & bila di pegang seperti benjol, terasa panas dan dia mengatakan rasanya sakit, lalu dia konsultasi ke puskesmas, dokter disana mengatakan kalau dia kelelahan lalu di beri obat 3x sehari sesudah makan untuk 3 hari. Rasa sakit dapat menghilang namun jika obat habis sakitnya timbul lagi, sekali lagi dokter puskesmas bilang itu krn kelelahan namun saudara saya ini tidak merasa melakukan aktifitas yang melelahkan, pertanyaan saya apakah reaksi ini memang berasal dari obat yg rutin diminum selama 1tahun?

    • Selamat siang,
      Saya tidak bisa memperkirakan gangguan kesehatan yang terjadi pada saudara anda, namun bisa dipastikan hal tsb bukanlah reaksi obat2 kusta regimen mdt,
      Saya sarankan untuk rutin kontrol ke dokter yang merawat saudara anda tsb untuk mendapatkan penanganan terbaik,
      Terimakasih,

  62. Biar saya bantu jawab berdasarkan pengalaman saya :
    Sdr Ikhrom :
    * mengenai warna kulit yang menghitam, itu diakibatkan oleh obat klofazimin (lampren / butiran warna coklat) yang diminum.. fungsi dari klofazimin adalah untuk membunuh bakteri lepra yang ada dan si klofazimin ini akan mengendap di bawah lapisan kulit sebagai cadangan apabila ternyata selama proses pengobatan masih ada bakteri yang tersisa. Sehingga Warna dikulit tersebut akan terus ada (selama obat masih rutin diminum).. dan biasanya setelah selesai meminum klofazimin (lampren) tsb, maka sekitar 2-3 bulan, warna kecoklatan pada kulit akan menghilang dengan sendirinya.
    * selama berobat dokter (minum MDT) sebaiknya jangan mengkonsumsi obat herbal. Demikian juga dengan vitamin E atau pemutih tubuh, dsb.. karena semua yang dilakukan tidak akan menghasilkan seperti apa yang anda diinginkan, malah dikhawatirkan dengan suplemen yang ada akan menghambat proses pengobatan yang sedang dijalani.
    * ada beberapa kasus setelah mengkonsumsi vitamin e (nature e, dsb) malah membuat reaksi radang semakin menghebat..

    Demikian semoga bermanfaat

    Sdr. Andria : reaksi yang timbul pada diri anda biasanya merupakan tanda reaksi yang baik, karena efek obat berjalan baik, sayangnya memang berefek demikian,
    obat yang diberikan oleh puskesmas itu biasanya berupa steroid yaitu methyl prednisolon atau prenison (untuk meredakan dan mengurangi rasa sakit dan efek inflamasi yang ada dengan tanda merah, agak hangat apabila diraba dan memerah).
    sebaiknya apabila tidak terlalu mengganggu (rasa sakitnya) dan bengkak tidak terlalu parah, dsb.. jangan tergantung pada steroid.. karena tubuh kita bisa mengatasinya dan memproduksi antobody nya sendiri. karena selain bisa membuat ketergantungan pada obat steroid, juga efek dari steroid yang kurang baik (seperti osteoporosis untuk pemakaian jangka panjang dan moonface (wajah seolah membesar/ membulat).
    Menurut hemat saya, efek yang terjadi pada diri anda bukan karean kelelahan, tapi sebaliknya, daya imun anda yang semakin membaik yang membuat eek tersebut.
    semoga bermanfaat.

    regards,

    • Selamat malam Dok, saya divonis kusta 3 tahun yang lalu oleh dokter spesialis kulit dan kelamin setelah didiaknosa, terdapat lesi pada kulit berwarna merah ditelapak kaki dengan kulit kering dan mengelupas serta hilang nya sensasi rasa pada kaki, saya divonis menderita kusta PB namun hasil tes darah di lab negatif, saya diberi obat tunggal HECOBAC 500mg 2 butir sehari selama 3 bulan, dan setelah itu saya kontrol kembali ke dokter spesialis kulit dan kelamin dinyatakan sembuh dan hanya diberi vitamin saja, namun telah 2 tahun berlalu lesi pada kulit saya tetap ada dan masih tidak berasa jika diraba, yang ingin saya tanyakan adalah apakah pengobatan yang telah saya jalani sudah cukup efektif mengingat saya tidak di beri obat MDT sesuai rekomendasi WHO, trims atas responnya

      • Selamat malam,
        Saya sarankan anda untuk mengontrolkan diri kembali ke dokter (lainnya) terdekat untuk mengkonfirmasi kondisi saat ini dan mendapatkan konsultasi yang lebih baik.
        Saya melihat ketidaksesuaian dalam penentuan diagnosis penyakit yang anda alami dengan regimen pengobatan yg diberikan.
        Obat yg diberikan ke anda adalah antibiotika, seharusnya mdt untuk pengobatan kusta.
        Terimakasih

      • Malam dok.

        Terimakasih atas info nya, maaf saya mau memperjelas info obat yg saya konsumsi dari dok. Spesialis kulit dan kelamin untuk terapi kusta saya yaitu : penggunaan obat HECOBAC (Chlarithromycin) 2 x 250mg per hari selama 3 bulan saya konsumsi, dan hasilnya lesi pada kulit yg tadinya merah berubah menjadi agak kehitaman dan kulit yg tadinya terkelupas sudah menjadi halus kembali, hanya sensasi rasa masih hilang pada lesi tersebut, dan dari perubahan tersebut setelah 3 bulan saya konsumsi chlarithromycin tersebut saya dinyatakan aman dan telah 2 tahun berlalu belum ada kekambuhan namun lesi dikaki tersebut tetap ada dan sensasi rasa tetap hilang, apakah penggunaan obat yg saya konsumsi tersebut memang dapat digunakan dok untuk pengobatan kusta,

        Terimakasih

      • Selamat malam,
        Sepengetahuan saya, obat tersebut bukanlah pilihan utama untuk pengobatan kusta dan bukan pula bagian dari regimen obat mdt, sehingga seperti yang saya sampaikan tadi ada ketidaksesuaian, mungkin ada informasi yang kurang dari komunikasi antara bapak dengan dokter yang merawat.
        Terimakasih

  63. Maaf 1 prtanya,an lgi dok’

    kalo selama pngobatan MDT MB sekalian minum suplemen VEGE Blend boleh gx, ya itung2 buat jaga daya tahan tubuh dok,?
    Soal,nya saya jga sering lemas/ANEMIA dok, mau minum vitamin pnambah darah takut salah. . . .

    • Selamat malam,
      Saya rasa tidak masalah menambahkan suplemen atau vitamin dalam menjalani pengobatan mdt anda, yang penting teratur dan patuh dalam menjalani pengobatan mdt untuk kesembuhan kusta yang optimal.
      Terimakasih

  64. Dok, bagi penderita kusta makanan pantangannya apa saja dok,??

    • Pagi mas,
      Sejauh ini tidak ada pantangan spesifik untuk makanan dan minuman, walau secara umum hindarilah rokok dan alkohol atau sejenisnya yang menyebabkan perburukan pada tubuh,
      Terimakasih,

  65. Dok..12th lalu saya menderita kusta kering.waktu itu sdh ada bbrp bercak ditangan kanan saya.namun jari tangan msh normal hanya dipagian punggung yg ada bercak jika dipegang terasa nyeri sampai skrg.dlu saya minum obat tarivid dan rifamichin..stlh 6bln berobat saya dinyatakan sembuh.hasil lab dll dinyatkn negatif jg.3thn lalu saya coba kontrol kembali ke dokter yg menangani saya dlu…krn perasaan saya muncul bercak kecil2 sekali di sekitar bercak lama tp hsl lab jg negatif dan dokter jg blg negatif.3 bln lalu saya kontrol lg namun hny pemeriksaan dokter saja dokter mengatakan negatif..pdhl dilutut saya merasa ada bercak putih namun ukurannya tdk berubah..tp saya merasa ada kekebalan pada bercak lutut saya..apakah mungkin ada kekambuhan?apakah wajar jika bercak lama kadabg terasa gatal?thx dok

    • Selamat malam,
      Kusta merupakan salah satu infeksi yang juga melibatkan sistem kekebalan tubuh dalam perkembangannya, oleh karena itu dimungkinkan kekambuhan penyakit ataupun keluhan yang ada.
      Sebab gatal pada bercak kusta lama adalah wajar saja jika tanpa keluhan lain ataupun hanya bersifat sementara.
      Namun saran saya tetap memeriksakan diri ke dokter praktek terdekat untuk mendapatkan konsultasi dan penanganan lebih baik.
      Terimakasih

  66. Dok, setelah saya mnum Mdt MB msuk bulan ke 5 di bgian wajah & punggung keluar bentol2 merah kecil.
    Apa itu gx ppa dok,?
    apa bntol2nya gx bisa hilang.?
    Dn apa ada obat mnghilangkan bentol2nya,??

    Please bri solusinya dok . . .

    • Malam pak,
      Sepertinya keluhan tsb adalah wujud infeksi kusta. Sehingga saya menyarankan untuk rutin meminum paket obat kusta yang telah diberikan. Apabila dirasakan mengganggu dan memburuk, maka segeralah memeriksakan diri kembali ke dokter tempat anda berobat kusta sebelumnya untuk mendapatkan konsultasi yang tepat juga,
      Semoga lekas sehat,
      Terimakasih

  67. Selamat pagi dokter, hampir 1 thn Yang lalu saya pernah konsultasi disini. Sekarang mama saya udah abis minum mdt 1 thn secara teratur Dan sudah diperiksa ke spesialis dokter kulit dan dinyatakan sembuh Dan hanya diberikan lotion untuk menyembuhkan kulit keringnya. Saya menanyakan ke dokter apakah harus periksa darah dia bilang tidak Perlu krn dokter cubit mama dibekas lesi sudah terasa sakit. Yang mau saya tanyakan apakah benar mama udah terbebas dari virus itu? & apakah masih bisa menular? Terimakasih jawaban dokter saya tunggu

    • Selamat malam,
      Tetap pemeriksaan laboratorium adalah cara utama untuk menentukan diagnosis/kesembuhan,
      Memperhatikan gejala/keluhan juga bisa, namun nilai sensitifitas/spesifitas yang tidak sebaik tes laboratorium,
      Semasa masih ditemukan adanya bakteri penyebab kusta, maka kemungkinan untuk menularkan penyakit tsb masih ada,
      Terimakasih

  68. dok, tpi berapa lama bentol2nya bisa hilang,?

    Kalo berhenti minum mdt trsebut 1 atau 2 minggu ga papa dok,??

    • Selamat malam,
      Sejauh ini jika anda mengikuti aturan minum obat dengan baik dan rutin, maka kemungkinan gejala/keluhan yang ditimbulkan akibat infeksi kusta akan dapat berkurang/sembuh,
      Jikalau putus minum obat/berhenti menjalani pengobatan, maka kemungkinan penyembuhan tidak akan terjadi dan otomatis gejala/keluhan kusta akan semakin progresif muncul.
      Terimakasih

  69. dok sy sudah sembuh tp sodara sy ada yg terkena kusta dan tidak lama sya merasa ada baal baru dan lemas apakah sy tertular dr sodara sy

    • Selamat malam,
      Penyakit kusta bisa menular melalui kontak fisik yang intensif,
      Untuk kepastian diagnosis, alangkah baiknya anda memeriksakan diri ke dokter dan melakukan tes laboratorium,
      Terimakasih,

  70. Malam dok,langsung aja,saya udah menyelesaikan Terapi MDT selama satu tahun,dan d nyatakan sudah sembuh oleh tim medis PUSKESMAS,dan setelah 3 bulan berhenti minum obt MDT sekarang timbul nodul bentol warna putih kaya panu d tangan,kaki dan badan banyak,apakah itu kuman kusta yg sudah mati atau timbul lagi kusta nya???
    Mohon jawaban nya,terimakasih…

    • Selamat malam,
      Kekambuhan pada kusta bisa saja terjadi, walau terkadang keluhan yang muncul bisa berupa reaksi tubuh pasca terinfeksi kusta,
      Saya sarankan anda untuk memeriksakan diri kembali ke dokter yang sebelumnya merawat dan lakukan tes laboratorium untuk konfirmasi status kusta anda saat ini,
      Terimakasih

  71. Dok. Sya mau tnya, sya minum mdt mb memasuki bulan ke 6.
    Muka sya spertinya memerah dok. Trus di bgian paha gatal dan sdikit terkelupas.

    Trus saya mau tnya.

    Apa saya tetap minum mdt,y.?

    Apa stop dulu untuk berapa minggu.

    • Selamat siang,
      Silakan memeriksakan diri kembali ke dokter yang menangani anda untuk memastikan apakah hal tsb adalah reaksi pengobatan berupa efek samping atau kegagalan pengobatan,
      Jangan pernah menghentikan meminum obat tanpa konsultasi dan pemeriksaan dari dokter anda,
      Terimakasih,

  72. Dok saya pernah kena beberapa kali reaksi enl.. Dan akibat reaksi itu muncul nodul kecil2 warna merah kehitaman disekujur tangan, kaki dan wajah.. bagaimana cara menyamarkan bekas nodul tsb? Bisa hilangkah dok? Apa lesi kusta jg skrg menghitam jg bisa hilang? Kira2 brp lama dok? Oiya saya sdh rtf masuk 2 bulan

  73. Pak ,
    Saya baru baru ini terkena kusta apakah bisa sembuh dengam baik kusta saya pak? Apakah mungkin terjadi cacat , mohon responnya pak

    • Selamat siang,
      Kusta ada penyakit yang bisa disembuhan, semakin dini mendapatkan pengobatan yang baik, maka kemungkinan besar untuk sembuh dengan baik tanpa kecacatan.
      Terimakasih

  74. saya sudah relap obat MDT selama 12 bln,dan setelah 3 bln berhenti,ko banyak nodul putih”d seluruh tubuh ya,dan makin hari nakin banyak aja,itu kenapa ya????

  75. Malam dok,maaf langsung saja ya,gini dok,saya udah kena kusta ntah kapan dan telah terapi MDT selama satu tahun,dan kata pihak puskesmas katanya udah relap,tapi yg saya rasakan belon sembuh total,dan sekarang d seluruh tubuh tangan,kaki,punggung dada,banyak noda putih kaya panu,itu apa ya???
    dan setelah 3 bulan noda putih kaya panu itu makin bertambah ,mohon penjelasan nya makasih sebelum nya…..

    • Selamat malam mas,
      Maaf baru sempat merespon kedua konsultasinya,
      Apakah noda putih tersebut bila diraba tidak merasakan apa2? Jika ya, kemungkinan itu adalah bentuk dari gejala khas kusta, bukan panu/tinea/jamur,
      Saran saya segera memeriksakan diri ke dokter yang memberikan pengobatan kusta agar mendapatkan penanganan yang tepat;
      Terimakasih

  76. dok..kalo pengobatan reaksi sdh selesai kemudian datang lg dengan kondisi spt tanda reaksi apa bs diberikan prednison dengan dosis taffering dari awal? satu lg dok penentuan tanggal RFT

  77. maaf dok mau nanya….

    sya pendrita kusta…. setelah minum mdt mb msuk bulan 10 bercak di tangan membengkak. dn terasa kaku. itu knpa yea dok…

    mohon solusinya mkasih…

    • Selamat sore,
      Perihal keluhan yang anda sebutkan diatas kemungkinan adalah reaksi dari penyakit kusta tsb atau bisa efek samping pengobatan,
      Saran saya segera memeriksakan diri dan berkonsultasi kembali ke dokter yang merawat anda;
      Terimakasih dan semoga lekas sehat

  78. salam sejahtera dok. saya didiagnosa menderita kusta sejak 17 hari yang lalu, dan telah meminum obat yang diberikan oleh puskesmas. Saya ingin bertanya apakah kusta saya masih bisa menular ke orang lain? terutama saudara dan kerabat dekat yang tinggal serumah.

    • Selamat malam,
      Kusta bisa menular melalui kontak yang cukup intens.
      Sepanjang sudah menjalankan pengobatan, maka kemungkinan penularan akan menurun seiring dengan kesembuhan.
      Jadi jangan khawatir, sementara menjaga kontak berlebihan dgn keluarga, misalnya menggunakan alat2 pribadi.

  79. Assalamualaikum selamat pagi pak…
    Pak saya penderita kusta PB, saya sudah minum obat 3 bulan, nah di bulan ke empat saya lupa minum dapson 1 hari, apakah tidak masalah? atau saya harus mengulang minum obat dari bulan pertama lagi? terimakasih pak….

    • Selamat malam,
      Pengobatan rejimen kusta sebaiknya diminum dengan teratur n menghindari kejadian putus obat.
      Dalam kondisi ini tentu saja ada pengurangan efektifitas obat tsb nantinya,
      Saran saya segera berkonsultasi kembali dgn dokter yang merawat anda,
      Terimakasih

  80. dok bagi penderita kusta klo msih tahap pngobatan mdt. smbil mngonsumsi obat herbal seperti madu atau jinten hitam boleh gk dok…??

    pliese solusinya dok…

    • Selamat malam,
      Sejauh ini belum ada yang bisa membuktikan pengobatan herbal bisa menyembuhkan kusta secara ilmiah,
      Namun saya tidak melarang, silakan asalkan tetap teratur meminum obat2 mdr anda,
      Semoga lekas sehat

  81. assalamualaikum dok. sy niki umur sy skrg 20 th. wkt berumur 18 th sy mendpt bercak merah berbentuk koin dan di tngahnya ad bulat putih dan terasa tebal di muka sy tpt di pipi kanan sy,karena kulit sy putih org kira muka sy hbs terbakar. kedua di lengan tangan dan kaki yg berd di ats tulang kering sy ad juga bercak seperti itu namun entah kenapa berubah jdi luka n membesar sampe lukanya itu basah n lengket. sy akhirnya memeriksakan ke klinik kulit dan ternyata sy di diagnosa penyakit kusta dan di suruh minum obat MB yg papannya berwarna merh .selama mengkonsumsi obat,kulit sy mengalami perubahan warna dr putih ke hitam pdhl sy jrng kluar, cmn di bwh ac sj.selama 9 bulan sy mengkonsumsi obt itu,tdk ad lg bercak merh yg tumbh di kulit sy,wlpun pernh ada tumbh bercak namun hilng kembali tdk membesar,alhamdulillah.dan luka yg ad di lengan kanan sy sembuh seperti tdk ad bekas luka sm skli.tp di kaki sy sdh sembh kmbl mulus, namun wrn kulit sy di tmpt bkas luka berwarna hitam. ??? akhirnya sy memutuskan untuk berhenti mengkonsumsi obt krn stiap sy meminum obt klt kpl sy basah n bdn sy berkeringat. tp sebelmnya sy jrng berkeringat aplgi smpai menetes. . dan smpai skrg kulit sy sdh kembali putih tdk ad lg bercak merh yg tumbuh.PERTANYAAN sy,menrt dok sendr dlht dr analisa cert sy. apakh penykit kusta sy sudh hilang??? krn smp skrg sy blm memerikskn drh sy ke lab. . kalupun sdh sembuh ,alhandulillah tapi kenapa ??
    1.berck merh di pipi sy belum hilang walaupun yg di tngahnya wrn putih telah hilng. dan tebalnya msi terasa namun skit jika di cubit. ???
    2. wrn kulit yg bks luka di tlng kring kaki sy mlh brwrna hitam namun terasa menipis???? ,adkah salep yg bs sy berikan agr wrnnya bs pth persis kulit sa. ???
    3.stlh berhenti mnm obt sy mengkonsumsi obat natur-e dan pernah beberapa kali suntik vit-c .apakh vit c bs membntu pnymbh kusta di dlm bdn sy????
    4. bisakah sy meminum obt pembersih darah agr drh sy kmbl bersih ????
    3.apakh penykit kusta yg di nyatakan sembuh (-) ,bisa kembali lgi n mnyrng tubh sy????

    tlong dok di respon. mksi sblmnya.

    • Selamat sore,
      Sesuai dengan informasi2 yang telah disampaikan,
      Saya sarankan untuk kembali memeriksakan diri ke dokter/klinik tempat anda berobat sebelumnya utk dilakukan konsultasi n pemeriksaan ulang,
      Bagaimanapun utk memastikan penyembuhan kusta hanya bisa dgn pemeriksaan lab, gejala yg berkurang/menghilang bukanlah penentu kesembuhan yang utama,
      Apalagi dgn kondisi tidak teratur/taat dgn pengobatan kusta yg anda jalani, umumnya kesembuhan lebih sulit dicapai,
      Terimakasih

  82. Dok.. aku mengalami tanda2 penyakit kusta.. mati rasa di kaki, bercak merah disertai perih, jari2 tangan dan kaki udah kerasa kaku, dan kesemutan di kaki tangan dan wajah….
    tpi bulan januari kemarin aku tes ambil darah keterangannya negatif,.
    itu gimana Dok ??
    apakah aku nanti bisa mengalami penyakit kusta atau tidak ??

    • Selamat sore,
      Saya sarankan mas amir untuk kembali ke dokter/rumah sakit terdekat untuk melakukan tes ulangan konfirmasi kusta nya? Jika dilihat memang ada beberapa gejala yg mengarah ke kusta, namun tetap sebagai penyakit infeksi haruslah diperiksa dengan pemeriksaan lab tambahan.
      Terimakasih

  83. Pagi dok, calon suami saya terkena kusta.

    Awalnya pada saat 3 tahun pertama berpacaran, ia mengakui bahwa ayahnya terkena kusta (begitu juga adik/kakak ayahnya). Namun pada saat itu kami tidak merasa khawatir krn baik dia, maupun ibunya tidak menunjukkan adanya gejala penularan.

    Namun seiring berjalannya waktu terdapat ciri2 pada tubuh calon suami saya seperti kulit yg tipis, jari tangan membengkok, alis rontok. Hingga akhirnya pd awal bulan kemarin terdapat lesi berwarna merah dan ada bercak putihnya di punggung, tangan, dan seluruh kakinya.

    Yg saya ingin tanyakan dok,

    1. apakah penyakit kusta dapat menurun melalui keturunan?
    2. Apakah efek samping obat kusta juga dapat menyebabkan impotensi?
    (calon suami saya masih enggan untuk berobat karena setelah ayahnya meminum obat seperti yg dibicarakan pd forum ini, ayahnya menderita impotensi)

    Terima kasih dok.

    • Selamat sore mbak,
      Saya akan mencoba untuk menjawabnya :
      1. Penyakit kusta tergolong penyakit infeksi, yang mungkin saja bisa menular atau menurun pada keturunan pasien terutama akibat kontak fisik yang cukup intens.
      2. Sejauh ini masih sedikit laporan tentang keluhan impotensi (gangguan fungsi seksual) akibat konsumsi obat-obat kusta. Kondisi tersebut mungkin akibat gangguan kepercayaan diri yang dialami oleh pasien kusta sehingga mempengaruhi kondisi fungsi seksualnya.
      Terimakasih,

  84. Saya wanita 20 thn, baru mengetahui menderita kusta setelah saya periksakan ke rumah sakit, menurut saya kusta yg saya derita merupakan kusta jenis kering, karna hanya terdapat bercak putih seperti panu di betis saya, jumlahnya di 2 betis saya ada 11 bercak, tapi saya diberi obat MDT MB yg setau saya itu obat utk kusta basah yg masa pengobatannya lebih lama dari kusta kering. Bagaimana menurut dokter?

  85. asalamualaikum pak mau tanya saya penderita MB dan sudah mengkonsumsi selama 11 bulan..bulan depan jadi bulan terakhir… setelah itu apakah saya otomatis sembuh atau harus cek lagi?

    • Selamat malam,
      Untuk memastikan kesembuhan atau berhasilnya pengobatan yang utama adalah dari pemeriksaan laboratorium. Silakan melakukan kontrol kembali saat pengobatan berakhir.
      Semoga lekas sehat

      • Selamat pagi dok.15 tahun lalu kena kusta dan mongkumsumsi obat mdt jedis mb dan minum yg tetatus alhamdulillah sembuh semua epek sampin obat tersebut hilang,dan skrg kulit yg mati rasa yg pernah sembuh dan akhir akhir ini kulit sy kembali mati rasa bertambah dan sy suda ke lab periksa darah hasilnya negatip dgn 2 lab yg berbeda ,dokter kulit menyarangkam sy minum obat mdt jenis pb dan puskes sy dikasih obat mdt jenis mb,dan sy bertanyak kpd pihak puskesmas minum obat jenis mb itu tdk pengaru klu slh obat.pengaruhnya cm ķulit agak hitam katanya,yg sy tanyakan apakah obat tersebut tdk bernahaya jk salah komsumsi.thankz…

      • Selamat pagi,
        Dengan tidak tepatnya paket pengobatan sesuai tipe kusta yg dialami, maka akan berdampak terhadap kesembuhan dan mungkin menimbulkan efek samping yg tdk perlu.
        Saran sy kembali memeriksakan diri ke dokter/puskesmas utk kejelasan terapi yg dijalankan.
        Semoga lekas sehat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: