Rumpi Remaja Sehat-4 ; Konsep Remaja yang Sehat dan Bertanggung Jawab

Remaja merupakan suatu masa dalam kehidupan manusia dengan rentang usia dari 10 hingga 24 tahun (Kisara, 1994). Fase tersebut penting dalam perkembangan seorang manusia yang tumbuh sebagai calon tulang punggung dan harapan masa depan yang kelak akan menjadi penerus bagi bangsa dan mengendalikan negara ini. Disisi lain, remaja dengan segudang aktifitasnya merupakan sosok manusia yang belum stabil dan masih dalam status pencarian jati diri. Sehingga dipandang sangat perlu untuk mendampingi dan membina para remaja baik dari segi psikologis maupun kesehatan fisiknya.

Dekade terakhir ini saja sudah banyak muncul berbagai pemberitaan yang menghebohkan di media massa mengangkat berbagai fakta negatif yang dialami oleh kaum remaja di Indonesia. Mulai dari kasus Hubungan Seksual Pra-Nikah (HSPN), hubungan seksual yang bebas dan tidak bertanggung jawab, penyalahgunaan narkotika dan alkohol, merokok, penularan Infeksi Menular Seksual (IMS) dan HIV-AIDS, Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) dan aborsi yang tidak aman hingga pernikahan dini. Kondisi diatas pada dasarnya berawal dari ketidakmampuan dan ketidakpahaman remaja untuk menghindari dan mencegah berbagai resiko yang ada dalam kehidupannya.

Kisara Youth Clinic (KYC), yang selanjutnya juga disebut Klinik Remaja Kisara merupakan unit program dari Kita Sayang Remaja (Kisara) Perkumpulan Keluarga Berencana Iindonesia (PKBI) Provinsi Bali bekerjasama dengan Laboratorium Prodia cabang Denpasar mewadahi para remaja Bali untuk berkumpul sekaligus bersama-sama berdiskusi mengenai bagaimana menjadi remaja yang sehat dan bertanggung jawab. Hal itu sesuai dengan visi dari Kisara selaku Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang konsen sejak lama bergerak dalam advokasi, KIE dan pemberdayaan remaja khususnya di Bali.

Dengan inisiatif tersebut akhirnya Kami pun merealisasikan kegiatan “Rumpi Remaja Sehat-4” sebagai wujud kepedulian terhadap remaja. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari minggu tanggal 20 Desember 2009 bertempat di Aula Laboratorium Prodia lantai-2, Jalan Diponegoro no.192 Denpasar. Diharapkan dari kegiatan tersebut dapat tercapai remaja yang sehat dengan melibatkan dan memberdayakan para remaja secara aktif dalam suatu diskusi yang interaktif terutama mengenai aspek kesehatan agar para remaja dapat tumbuh dan berkembang menjadi sosok individu yang bertanggung jawab dalam perilakunya sehari-hari baik secara sosial maupun seksualitasnya.


Rumpi Remaja Sehat-4 kali ini pelaksanaannya dikordinir oleh dr.Yanitama dari divisi Reseach and Development KYC dan dibantu oleh Mbak Menuk selaku perwakilan dari Prodia Laboratorium Denpasar, serta tidak lupa bahwa kegiatan edukatif ini berjalan sukses juga sepenuhnya didukung oleh seluruh Staf KYC, Relawan Kisara, PKBI Provinsi Bali dan Laboratorium Prodia cabang Denpasar. Even yang berdurasi 3 jam (Pkl.08.30-11.30 Wita) untuk kali ini menyasar para siswa-siswi SMU Negeri se-Kota Denpasar dan remaja berminat hingga total 75 orang.


Acara edutainment ini dipandu oleh duet Asteria dan Resita dengan energik, serta menghadirkan 3 pembicara yang memang sangat berkompeten di bidangnya masing-masing. Diawali oleh dr.Oka Negara, seorang dokter dan edukator yang sudah cukup lama dikenal  kepeduliannya terhadap remaja kali ini membawakan materi mengenai konsep remaja sehat dan permasalahannya di Bali. Dilanjutkan dengan penyampaian informasi singkat mengenai panel pemeriksaan kesehatan umum untuk remaja (Paket KAMU ; KAwula MUda) oleh dr.Fievie dari Prodia dan diakhiri narasumber wakil dari Kisara, Elfira Nacia yang memaparkan dengan semangat mengenai kiprah Kisara dan relawannya selama ini.


Secara umum, kegiatan kemarin sangat berhasil dan ramai akan diskusi ataupun pertanyaan dari remaja yang tentu saja berbobot. Hasil analisis sederhana dari pre-post test singkat yang diberikan saat kegiatan berlangsung menunjukkan peningkatan pengetahuan dan pemahaman para peserta mengenai konsep remaja yang sehat dan bertanggung jawab itu. Ketika pre-test rerata para peserta mendapatkan skor benar 3 dari 10 pertanyaan, setelah pemberian materi dan dilanjutkan dengan diskusi didapatkan level nilai post-test para peserta yang meningkat secara signifikan menjadi skor benar 9 dari 10 pertanyaan. Pada akhirnya, acara Rumpi Remaja Sehat-4 episode kali ini ditutup dengan meriah melalui pemberian hadiah bagi 5 peserta terbaik yang dilihat dari pre-post test.


Rumpi Remaja Kisara-4 menyampaikan “Terimakasih atas Dukungannya dan Tetap Memperjuangkan Remaja” kepada ;

  1. Seluruh peserta dan undangan ; SMAN 2 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, SMAN 4 Denpasar, SMAN 6 Denpasar, SMAN 7 Denpasar, SMAN 8 Denpasar.
  2. Para Narasumber ; dr.Oka Negara, dr.Fievie Prodia dan Elfira Nacia.
  3. Panitia Pelaksana dari Staf Klinik Remaja Kisara ; dr.Pramesemara, dr.Yanitama, dr.Henie, dr.Benny, dr.Haryoga, dr.Maharjana, dr.Wahyu, dr.Wardika, dr.Ardhy + dr.Purnama dan paramedis Setiani, Agung + Ayu Eka dll.
  4. KISARA ; dr.Sutarsa, Asteria, Resita, Wiwik, Anton Hpt dkk.
  5. PKBI Provinsi Bali ; Pak Ketut, Pak Made, Ibu Putu dll.
  6. Laboratorium Prodia Cabang Denpasar ; Pak Antonius Erbano, Mbak Menuk, Riska dll.
  7. Dana yang sebagian besar bersumber dari Outreach bersama YAMAHA – Bali ; Dimas Dimaz dkk.

#Sampai berjumpa di Rumpi Remaja Sehat-5 Kisara Youth Clinic yang direncanakan medio Pebruari 2009 nanti.

********


6 Responses

  1. dr. Yanitama itu Yanitama Putri ya?

  2. bro, ijin copy beberapa bahan untuk penyuluhan di sekolah ya… (UKS) thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: