Welcome 2010 ; Let’s Start The Blue Moon Resolutions

Pasti rekan-rekan bertanya apa maksud dari judul diatas ketika membaca postingan Saya kali ini? Sudahlah Kawan, inilah jawabnya. Judul ini diangkat karena ada fenomena menarik yang menyertai perayaan tahun baru 2010 petang ini. Seluruh umat manusia di seluruh dunia akan merayakan pergantian tahun sambil ditemani sebuah fenomena unik yang disebut-sebut sebagai bulan biru (Blue Moon). Bukan merk obat kuat, Bukan pula nama makanan ringan. Namun janganlah juga berharap kalau yang dimaksudkan diatas adalah terlihatnya bulan dengan warna biru. Istilah tersebut tidak ada sangkut-pautnya sama sekali dengan warna dari satu-satunya satelit milik bumi itu.

Ada baiknya diawali dengan berbagi informasi. Idiom tersebut digunakan untuk menyebutkan keadaan dimana terjadinya bulan purnama untuk kedua kalinya dalam satu bulan kalender masehi. Coba Kita lihat kalender bulan desember 2009 ini kembali dengan seksama, tampak bulan purnama terjadi pertama kali pada 1 Desember 2009 yang lalu dan kemudian kembali hadir yang akan menemani Kita tepat di malam akhir tahun, 31 Desember 2009. Definisi blue moon menjadi populer setelah diperkenalkan oleh seorang penulis majalah Sky & Telescope, James Hugh Pruett pada tahun 1937 yang salah mengartikan almanak petani dari Maine. Sebenarnya anekdot tersebut didalam almanak dijelaskan blue moon berarti fenomena bulan purnama ketiga dalam satu musim, pada akhirnya hingga saat ini tetap digunakan sebagai sebutan pada bulan purnama kedua dalam sebulan masehi. Menurut para ahli astronomi, fenomena blue moon tersebut tidak memberikan pengaruh besar pada dunia (bumi).

Bulan purnama normalnya terjadi setiap 29,5 hari dan setiap tahun biasanya memiliki 12 kali peristiwa bulan purnama. Dari rata-rata tersebut biasanya ada tambahan kejadian bulan purnama dalam sebulan (blue moon) yang umumnya siklusnya terjadi setiap 2,5 tahun sekali. Sebelumnya purnama blue moon yang terakhir terjadi pada bulan Mei 2007. Sementara purnama di malam tahun baru sangat jarang terjadi karena hanya setiap 19 tahun sekali fenomena tersebut terjadi berulang, terakhir kali pada Desember tahun 1990 dan yang selanjutnya adalah bulan Desember 2028. Semoga ramalan 2012 bangsa Maya tidak menjadi kenyataan dan Kita diberikan kesempatan untuk melihatnya kembali jika panjang umur.

Yah kembali kepembicaraan. Mengucapkan Selamat dan Marilah Menyongsong Tahun Baru 2010 dengan penuh makna…. Tak Lupa Mengenang Tahun 2009 yang penuh warna. Berdoa untuk tercapainya resolusi kesuksesan bersama. Banyak hal yang diinginkan sebagai manusia dalam kehidupan di dunia fana ini, namun pinta yang utama adalah kesuksesan pribadi terutama dalam pendidikan yang sedang dijalani, prioritas agar cepat lulus dan tepat waktu menyelesaikan kewajiban tesis. Tidak lupa untuk memohon berbagai aspek kehidupan dan kegiatan atau pekerjaan yang telah direncanakan kedepan dapat berjalan dengan baik hingga mencapai tujuan dan mendapatkan manfaat.

“Aum Canthi Canthi Canthi Aum”

3 Responses

  1. Terlepas dr apa itu blue moon yg sesungguhnya, pokoknya smoga thn ini lbh baik dr thn kmaren…

    salam kenal sobat🙂

  2. Met tahun baru 2010🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: