Mengenal KISARA (Leaflet Profil)

KISARA?

Kita Sayang Remaja (KISARA) adalah sebuah yayasan (LSM) yang peduli dengan permasalahan remaja, dalam memberikan pendampingan sebaya untuk pemberian informasi dan konseling. Oleh karena itu, KISARA adalah sebuah pusat informasi dan konseling remaja. KISARA lahir pada 14 Mei 1994 yang merupakan organisasi remaja dibawah naungan PKBI Bali. Anggota dan personelnya disebut dengan para relawan. Semuanya merupakan para remaja maupun pihak-pihak yang peduli remaja. KISARA sendiri terbentuk didasari rasa ingin ikut peduli terhadap maraknya kejadian permasalahan kesehatan reproduksi remaja, seperti hubungan seksual pranikah, kehamilan remaja yang tidak diinginkan, infeksi menular seksual, HIV dan AIDS, termasuk juga penyalahgunaan narkotika.

Visi KISARA

“Membentuk remaja yang bertanggung-jawab”, melalui pendekatan dan pendampingan sebaya “dari, oleh dan untuk remaja”

Misi KISARA

Pemberian KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) oleh relawan KISARA dan melakukan berbagai aktivitas-aktivitas pemberian informasi yang dikemas dengan pendekatan meremaja (konsep edutainment ; edukasi dan entertainment)

Kegiatan KISARA

  • Pelayanan konseling ; via surat, telepon, email internet, facebook maupun tatap muka.
  • Ceramah, diskusi maupun seminar yang dilakukan ke sekolah, kampus, banjar.
  • Informasi lewat media berupa siaran di radio secara teratur dan juga melalui media televisi.
  • Mengadakan pelatihan-pelatihan untuk remaja, seperti pelatihan kesehatan reproduksi, NAPZA, teknik presentasi, teknik konseling.
  • Pengadaan perpusatakaan mini, diskusi antar relawan, dan kegiatan lain yang bernuansa kerelawanan.
  • Pengembangan media dengan mem-buat kemasan informasi dalam bentuk buletin, blog, buku saku, stiker, brosur, T-shirt, dan lainnya dengan gaya meremaja.
  • Penjangkauan remaja sekolah melalui program pendidik sebaya.
  • Program rumah remaja, yang didalamnya termasuk adanya layanan klinik untuk remaja.
  • Kampanye rutin, seperti dalam acara Malam Renungan AIDS Nusantara, Hari AIDS Sedunia, Hari Remaja Internasional, Hari Anti Penyalahgunaan Narkotika Internasional, dan masih banyak lagi.

DAKU!

Dunia Remajaku Seru! atau yang biasa disingkat DAKU! merupakan salah satu program KISARA yang bersifat in-school. Program ini didukung oleh WPF (World Population Federation) yang bermarkas di Belanda.

Pada dasarnya, DAKU! sendiri merupakan media edukasi berbasis IT dengan menggunakan komputer dan modul belajar dalam bentuk CD-ROM. .

Program DAKU! ini sangat menyenangkan karena menggunakan perangkat komputer dengan 13 bab materi yang di desain dengan konsep kartunis dan meremaja, banyak permainan yang berhubungan dengan informasi kesehatan remaja dan fasilitatornya adalah guru yang memang langsung dipilih oleh siswa.

Kisara Youth Clinic

Sejak tanggal 1 September 2008, sejalan dengan program Integrated Youth Centre yang didukung oleh Ford Foundation, KISARA mendirikan Klinik Remaja Kisara yang sering disebut pula dengan Kisara Youth Clinic (KYC).

Keberadaan klinik remaja ini merupakan salah satu wujud pemenuhan hak remaja untuk dapat mengakses layanan kesehatan yang ramah remaja. Layanan ramah remaja artinya layanan yang non-diskriminatif terhadap remaja baik dari segi tenaga medisnya hingga pelayanan yang diberikan. Disamping itu, tersedia layanan yang dibutuhkan oleh remaja, murah, mudah, dan yang terperting adalah remaja dapat mengakses layanan tersebut dengan leluasa tanpa ada rasa takut akan stigma dan diskriminasi.

KYC menyediakan layanan kesehatan umum, tes buta warna, tes golongan darah, konsultasi berat badan ideal, permasalahan kesehatan reproduksi remaja, dan lainnya. KYC juga diasuh oleh dokter-dokter muda yang nantinya akan memberikan layanan non dikriminatif dan ramah remaja.

Kita Sayang Remaja

Jadi, buat remaja maupun yang pihak yang lain peduli dengan remaja termasuk guru, orang tua, atau instansi lain yang berminat untuk bekerjasama maupun ikut serta atau mengundang KISARA, silahkan hubungi KISARA dari pukul 10.00-20.00 Wita.

Dan buat para remaja, silahkan datang untuk memanfaatkan fasilitas KISARA, dan jika berminat untuk menjadi relawan dan ikut peduli dengan sesama teman-teman remaja.

Alamat :

Jalan Gatot Subroto IV/6 Denpasar

Gedung PKBI, Lantai 3

Telepon :

(0361) 430200

Fax : 430214

Email :

info@kisara.org

Blog :

http://www.remajabali.wordpress.com

Web :

http://www.kisara.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: