YanKesTis HMKU Unud @Gumung Tenganan

Sebari istirahat siang dari kerja kantoran, dan membangkitkan semangat untuk lanjut mem-posting blog. Sedikit berbagi gambar-gambar hasil jepretan amatir dengan menggunakan Nikon SLR 3100D *tanpa sentuhan photoshop lho. Saat menjadi bagian dari tim dokter mewakili unit Program Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) dalam kegiatan Pelayanan Kesehatan Gratis (Yankestis) yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Kedokteran Umum (HMKU) bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Fisioterapi (HMF) Universitas Udayana (Unud) di Dusun Gumung Desa Tenganan Kecamatan Manggis Kabupaten Karangasem Provinsi Bali pada hari sabtu, 06 Agustus 2011. Semoga bisa menjadi kenangan berguna.

Berbalut dinginnya suhu pagi hari itu, Saya menerobosnya dengan Xeon dan tiba pertamakali di kampus Sudirman FK Unud tepat Pkl.06.30 wita, walau kemaren baru saja terkena musibah *kecurian GSM n CDMA sekaligus. Selang beberapa menit kemudian drPutri Mayuni datang dengan mobil dan langsung sibuk dengan BB-nya ho4. Kami berdua pun menunggu teman-teman Dokter lain yang akan ikut serta, termasuk juga panitia, peserta dan Ibu PD3 yang belum menampakkan diri. Pekerjaan lama….Menunggu….

Tepat Pkl.07.00 wita kegiatan pun diawali dengan prosesi pelepasan peserta Yankestis oleh Perwakilan PD3 FK Unud yang kali ini diwakili oleh Pak Toya Wiartha Apoteker. Dilanjutkan sambutan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), ketua HMKU dan sambutan dari Ketua Panitia. Dalam perjalanannya berturut-turut akhirnya nampak juga kehadiran motor drDarwin, mobil drWahtu, dan mobil drFerry, ya tak lupa batang hidungnya (*baca sosok) mereka juga.

Tampak waktu menunjukkan Pkl.08.00 wita, saatnya berangkat ke lokasi TKP. Kami pun me-nebeng mobil Aswin mahasiswa FK Unud semester IV bersama Dwija rekannya. Setelah menikmati 1,5 jam perjalanan darat, sampai juga di Dusun Gumung Tenganan, sebuah dusun yang berlokasi di Timur Dusun Pegringsingan Tenganan yang terkenal sebagai tempat tinggal komunitas Bali Aga.

Akhirnya sampai juga di TKP, walau harus sekitar 3 kilometer menempuh perjalanan Off-Road, untung bukan menggunakan mobil milik sendiri. Ternyata ekspetasi yang diharapkan berbeda 180* derajat….bersemangat membawa DSLR kali ini dengan mengira view dusun Gumung akan se-eksotis pemandangan dusun Pegringsingan. No problemo….hitung-hitung latihan sambil hunting.

Sedikit informasi bahwa dusun Gumung yang terletak di sebelah timur bukit dari dusun Pegringsingan ini memang masih alami, namun ternyata sosial-ekonomi masih sedikit memprihatinkan. Tampak dusun ini masih terbelakang juga dari sarana prasanara, fasilitas publik dan kondisi lingkungannya. Tidak heran, pemerintah setempat merujuk untuk melakukan pelayanan dan edukasi kesehatan disana, layaklah yankestis yang dihelat. Ini juga menjadi inti kata sambutan pembukaan yang disampaikan mewakili Ibu PD3 untuk kegiatan yang dihelat selama 2 hari ini.

Seketika setelah berakhirnya sambutan, Kamipun diserbu oleh masyarakat yang notabene calon pasien yankestis kali ini. Hingga drSemara yang merupakan satu-satunya bala bantuan tenaga dokter dari Puskesmas Manggis-II heran memandang keramean tersebut. Selama 3 jam dari Pkl.10.30-13.30 wita Kami melayani total 168 pasien baik dari golongan orang tua lanjut usia, anak-anak, remaja dan penduduk dewasa setempat. Tanpa mengenal lelah, Kami berempat melayani pasien di meja dokter dan menyisakan drDarwin di ruang Injeksi dan tindakan. Senang rasanya bisa membantu banyak orang….

Sesaat setelah berakhirnya agenda Yankestis pada hari pertama, maka sisa waktu yang ada Kami isi dengan sesi bersendagurau, berfoto ria dengan mahasiswa dan tak lupa mencicipi sedikit snack nasi kotak yang disajikan panitia sebagai pemanasan sebelum lanjut ke tujuan utama Kami, yaitu menikmati hidangan sate lilit ala Pesinggahan Klungkung. Tampak kemudian para mahasiswa sibuk mempersiapkan dekorasi untuk malam keakraban dengan masyarakat nantinya, dan sisanya melakukan koordinasi untuk even penyuluhan dan senam lansia keesokan harinya.

Tim Kami pun berangkat pulang, walau tetap tidak melupakan tujuan utama dan kali ini penumpang bertambah satu, Ambara waka BEM FK Unud ikut dalam rombongan. Selang 1 jam perjalanan yang dilalui dengan perlahan-lahan sebari penuh berbincang, sampailah Kami di Warung Merta Sari di Pesinggahan Klungkung. Kami pun segera berlalu menikmati menu seafood ala Bali yang ditawarkan, mak….nyos*seperti kata Pak  Bondan. Pada akhirnya setelah 1 jam makan rame-rame sekaligus kopdar singkat, pada akhirnya dilanjutkan dengan 1 jam perjalanan pulang ke kampus tercinta FK Unud di jalan Sudirman. Cerita perjalanan panjang sejauh 150 km pulang-pergi ini pun akhirnya selesai disini dulu.

Successfully Event, Good Foods, Great Team and Nice Trip….See U

 **************

5 Responses

  1. Kegiatannya mulia sekali. Ternyata banyak juga dari saudara kita yang perlu mendapat perhatian seperti ini. Sukses selalu dokter Pram.🙂

  2. Tunggu dulu, Kapubaten Manggis itu di mana? Ada pemekaran ya?

  3. waaahhh,,,di posting di blog…. kerennn……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: