Semarak Hari Remaja Internasional 2011

Tidak ada kata terlambat untuk menginformasikan semarak perayaan momen ini. Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 12 Agustus 2011 Kita merayakan Hari Remaja Internasional (International Youth Day 2011 atau selanjutnya disebut dengan IYD). Mungkin sedikit orang atau secara khusus remaja Indonesia yang mengetahui perihal tersebut. Masih sangat asing terdengar di negara kita tentang IYD dibandingkan hari Ibu ataupun hari keluarga. Namun tanpa mengurangi hikmahnya, maka mari bersama menyimak tulisan singkat tentang IYD kali ini.

Cerita ini berawal dari sebuah konferensi menteri-menteri tingkat dunia (World Conference Of Ministers For Responsible Youth) yang membahas tentang isu-isu Kaum Muda terutama untuk membentuk Remaja yang bertanggung-jawab (Responsible Youth) yang diadakan di Lisabon, Portugal pada tanggal 8-12 Agustus 1998. Pertemuan yang didukung oleh PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membuat kebijakan dan program-program yang melibatkan para remaja, serta mengusulkan suatu momen waktu untuk merayakan hari remaja. Batasan remaja yang digunakan adalah acuan PBB yang mengambil rentang umur remaja atau kaum muda,yaitu usia dari 10-24 tahun dan notabene merupakan 1/6 dari total populasi penduduk dunia saat ini.

Sebenarnya wacana IYD tersebut sudah disuarakan sejak tahun 1991 pada forum remaja dunia (World Youth Forum) di Vienna, Austria. Mereka sepakat merekomendasi dan mendeklarasikan IYD untuk kepentingan promosi dan penggalangan dana kegiatan remaja dalam wadah United Nations Youth Fund dan menyalurkan ke berbagai lembaga peduli remaja di seluruh dunia. Disisi lain juga terdapat even perayaan serupa yang telah dijalankan oleh Remaja Gereja Katolik sejak 1985, yaitu World Youth Day.

Akhirnya cita-cita tersebut terkabulkan juga setelah simposium tahunan tingkat dunia ke-54 yang diadakan oleh PBB pada tanggal 17 Desember 1999 dimana sesuai dengan resolusi A/RES/64/134 bahwa setiap tanggal 12 Agustus diperingati sebagai momen International Youth Day dan akan diperingati pertamakali tahun 2000 yang mencangkup bahasan remaja pada 15 isu-isu yang diprioritaskan. Sejak saat itu, setiap tanggal 12 Agustus dirayakan IYD dengan tematis yang berganti setiap dua tahun sekali dan tahun 2011 ini mengangkat tema internasional Dialogue And Mutual Understanding dan tema secara nasional adalah Remaja Memilih – Remaja Berpastisipasi.

Kali ini pun Kami dari Kisara PKBI Provinsi Bali (*tentu saja bersama unit layanan remajanya KYC ; Kisara Youth Clinic) tidak lupa turut serta memperingatinya untuk edisi 12 Agustus 2011 kali ini. Serangkaian kegiatan dilakukan untuk memperingati IYD 2011 dan dari KYC berupa siaran radio KISAH (Kita Sayang Remaja Sehat) di Bali FM98,9, namun tetap dengan esensi utama untuk tidak bosan-bosannya memperkenalkan keberadaan IYD dan semangat kepedulian terhadap remaja kepada masyarakat dan kaum muda di Bali pada khususnya.

Selamat Hari Remaja Internasional 2011, Selalu menjadi Remaja yang Bertanggung-Jawab

**************

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: