HARI AIDS SEDUNIA / WORLD AIDS DAY (2011)

Getting to Zero : Zero New HIV Infections, Zero Discrimination, and Zero AIDS-Related Deaths”

Kamis, 01 Desember 2011 : Adalah sebuah momen internasional yang tepat untuk kita bersama-sama menyatakan kepedulian terhadap kasus HIV dan AIDS. Epidemi yang sudah berjalan selama dua dasawarsa terakhir ini memang menarik perhatian dan memerlukan keterlibatan semua pihak untuk mencegah, menanggulangi, dan menunjukkan kepedulian. Ingatlah bahwa penyebaran HIV dan AIDS bisa Kita ditaklukkan, tetapi jalan kesana masih panjang kawan.

Jangan jadikan hal ini sebatas waktu peringatan seremonial tahunan semata, apalagi kalau ternyata kenyataan dilapangan masih banyak kesedihan dan permasalahan yang muncul. Mungkin tidak banyak keuntungan nyata, cepat, dan secara langsung yang dapat diperoleh, namun percayalah bahwa usaha giat yang berkesinambungan dan terus-menerus akan menghapus stigma, diskriminasi, dan menunjukkan usaha kemanusiaan. Walaupun saat ini terkesan gaung program HIV dan AIDS secara nasional dan internasional agak menurun akibat tertutupi isu-isu sentral dunia lainnya, tetapi sudah banyak kemajuan yang tercapai yang belum terekspos optimal.

Laporan UNAIDS yang terbaru tahun 2011, secara global jumlah kematian di seluruh dunia yang disebabkan oleh infeksi HIV dan AIDS mencapai puncak pada tahun 2005 dengan jumlah 2,2 juta kematian dan sekarang angka tersebut telah menurun menjadi 1,8 juta kematian. Pada front pencegahan pun tampak kemajuan dimana jumlah infeksi baru menurun dari puncaknya sebanyak 3,2 juta orang pada tahun 1997 menjadi sekitar 2,7 juta saat ini.

Kembali pula mengingatkan bahwa data statistik menunjukkan kelompok umur 15-49 tahun atau usia produktif sebagai rentangan tertinggi tertular HIV dan AIDS. Sebagai relawan bagi rekan remaja ini yang notabene para remaja masih berumur 10-24 tahun, maka tidak henti-hentinya Saya meneriakkan permohonan bantuan dan membulatkan tekad untuk membekali remaja dengan informasi dan edukasi yang tepat sebari melakukan aksi kongkrit dan memperluas jangkauan layanan kesehatan yang terpadu dan ramah remaja.

Mari kita perangi virus HIV, selamatkan diri dari epidemi infeksi ini, dan berbagi kepedulian terhadap ODHA…..Salam Pita Merah!

4 Responses

  1. zero discrimination……. mantapz demi kualitas hidup ODHA yang lebih baik

  2. Wah Pram ngeblog juga… keep writing bro!

    • ho4 just share a little bit thing….udah lama bli, dulu bli udah pernah comment jg.
      skarang bli baru hebat, banyak punya blog bagus….sukses

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: