Tetap Cantik, Tanpa Jerawat

Oleh :

dr. Ni Wayan Nurtraini Suatra, S.Ked (Staf Klinik Remaja KISARA)

********

Hai…. Klinik KISARA, Mau konsultasi sedikit…. Saya memiliki masalah dengan kulit wajah. Setiap menjelang menstruasi, pasti akan tumbuh sejumlah jerawat dan itu menakutkan banget rasanya. Saya jadi malu bertemu dengan orang-orang, apalagi ama pacar Saya. Ada ga ya cara untuk mencegah munculnya jerawat? Makachie….

 ********

Wajah adalah pesona utama setiap insan baik itu kaum pria atau wanita. Hal yang pertama kali diperhatikan ketika kita bertatap muka dengan seseorang adalah wajahnya. Jika wajah kita terdapat keluhan yang namanya jerawat, pastinya akan mengganggu sekali terutama terhadap aspek penampilan kita, khususnya bagi kaum perempuan yang lebih peduli akan penampilan fisik dan kecantikan diri.

Diawali oleh pertanyaan,  Apa sich itu jerawat?. Jerawat adalah suatu keadaan saat pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung-kantung nanah yang kemudian meradang. Jerawat merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang cukup banyak jumlah kejadiannya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat bahwa “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya terbebas tanpa sebuah jerawat di kulitnya”. Setiap orang kemungkinan pernah memiliki masalah dengan jerawat, bukan hanya remaja yang rawan dengan jerawat.

Sepertiga dari wanita usia dewasa dan seperempat laki-laki dewasa mempunyai permasalahan dengan jerawat. Problem jerawat biasanya ditemukan pada wajah, namun bisa pula di pundak, bahu bagian belakang maupun dada. Beberapa orang masih menganggap jerawat sebagai permasalahan kesehatan yang ringan dan membiarkannya hingga meninggalkan bekas fisik dan menimbulkan masalah psikologis.

Penyebab jerawat secara umum bersifat multi-faktorial atau banyak penyebabnya, terutama yang terjadi pada remaja adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak pada kulit secara berlebihan.  Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi (datang bulan), kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi, serta stressor psikologis. Penggunaan obat-obatan dan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat memicu timbulnya jerawat.

Jerawat sesuai bentuknya dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu jerawat komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu. Komedo sebenarnya berupa pori-pori kulit yang tersumbat, serta bisa terbuka atau tutup kembali. Komedo yang terbuka (blackhead) terlihat, seperti pori-pori yang membesar dan menghitam pada kulit. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat, seperti tonjolan putih kecil. Jerawat pada stadium komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit yang mati dan produksi kelenjar minyak yang berlebihan.

Tipe jerawat biasa adalah jenis jerawat yang sangat mudah dikenal dengan tonjolan-tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan. Kondisi tersebut terjadi karena pori-pori yang tersumbat telah terinfeksi oleh bakteri yang mungkin bisa berasal dari kain waslap, kuas make-up, jari atau kuku tangan, telepon genggam dan benda kotor lainnya yang kontak pada wajah. Stress psikis, perubahan hormonal, dan udara yang lembab mampu memperbesar kemungkinan terbentuknya jerawat.

“Jerawat Batu” (Cystic acne atau Acne conglobata) adalah infeksi jerawat yang berukuran besar dengan peradangan yang cukup hebat, dan umumnya terlokalisir sekitar muka. Cystic acne biasanya juga memiliki riwayat keluarga yang menderita kasus jerawat yang sama. Pada jerawat terdapat kelenjar minyak yang over produksi dan membanjiri pori-pori kulit dengan minyaknya, pertumbuhan sel-sel kulit yang tidak normal dan tidak memiliki kemampuan regenerasi secepat kulit normal, serta memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga meninggalkan bekas di kulit wajah.

Penanganan termasuk upaya mencegah, dan mengobati jerawat tidak boleh dilakukan secara sembarang. Prinsip sederhana mencegah kulit wajah agar terhindar dari jerawat adalah kulit wajah harus selalu dijaga bersih dalam berbagai kesempatan, hindari menyentuh jerawat, dan yang tidak kalah penting adalah menghindari pemakaian bahan-bahan kosmetik yang tidak jelas.

Memiliki kulit sehat dan tampilan wajah cantik merupakan dambaan setiap insan. Untuk mewujudkannya dapat dilakukan dengan menghindari terjadinya peningkatan produksi kelenjar minyak, diet makanan yang rendah lemak dan karbohidrat, melakukan perawatan wajah secara rutin untuk membersihkan permukaan kulit dari kotoran dan bakteri. Tidak kalah penting untuk menghindari faktor-faktor pemicu jerawat melalui penerapan pola hidup yang sehat, misalnya cukup istirahat, rutin berolahraga, hindari stress, menghindari minuman beralkohol dan merokok, jauhi lingkungan yang tidak sehat dan polusi debu, dan jangan pernah mencoba untuk memencet jerawat sendirian tanpa alat atau bahan yang steril dari kuman karena dapat memperberat kondisi jerawat.

Pemberian informasi dan komunikasi kepada individu yang mengalami masalah jerawat dengan kulitnya pun sangat penting. Janganlah bersikap pesimisatau optimis yang berlebihan terhadap upaya pengobatan yang dilakukan guna mengurangi munculnya rasa putus asa dan kecewa. Namun setidaknya tetap perlu untuk menanamkan pikiran positif mampu terbebas dari permasalahan jerawat.

Sehingga bagi rekan-rekan termasuk para remaja yang memerlukan layanan kesehatan khususnya terkait jerawat, maka bisa kunjungi Klinik Remaja Kisara (KISARA Youth Clinic) dengan alamat Jalan Gatot Subroto IV nomor 6 di Gedung PKBI Daerah Bali Lantai 1. Layanan Kami buka setiap hari Senin sampai dengan Jumat, Pukul 09.00-21.00 WITA. Akhir kata, tetap menjadi remaja yang sehat dan terhindar dari jerawat.

********

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: