Bau Mulut ; Bikin Nggak Pede

Dewa Adi Sastrawan dan Pramesemara

(Staf Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali)

 ********

Dear Klinik Kisara,

Mo nanya nih. Knapa stiap bangun pagi, bau mulut aku sering nggak enak, bau naga?

Jadi nggak pede, padahal aku ni dah rajin gosok gigi koq. Trims ya

(Adinie, +6281239894XXX)

 ********

Bau mulut tidak enak atau dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah Halitosis merupakan masalah kesehatan yang cukup mengganggu dan sering dialami oleh banyak individu. Selain bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, seringkali juga bau mulut (nafas) tersebut menimbulkan perasaan tidak pede (Percaya Diri) saat berinteraksi dengan orang lain maupun ketika menjalani kehidupan sehari-hari.

PENYEBAB BAU NAGA

Secara umum terdapat berbagai penyebab bau mulut dan tentu saja faktor yang paling dominan adalah akibat adanya infeksi bakteri. Mulut merupakan salah satu tempat yang disukai mikroorganisme untuk hidup dan bereproduksi, bersembunyi baik di antara sela-sela gigi dan permukaan lidah. Perlahan-lahan koloni bakteri tersebut bertambah jumlahnya dan mengeluarkan sejumlah racun yang menimbulkan bau kurang sedap.

Kondisi kesehatan mulut memegang peranan timbulnya bau busuk pada mulut, misal ditemukannya gigi berlubang, terdapat plak (karang gigi), serta kondisi gigi rusak, busuk, dan dibiarkan tidak dirawat. Kesehatan gigi di atas kalau tidak mampu untuk dibersihkan secara tuntas akan menjadikannya habitat kuman dan tempat sisa-sisa makanan yang membusuk hingga menyebarkan bau tidak sedap.

Lidah kotor, adanya sariawan, dan pembengkakan gusi juga menjadi sumber dari bau mulut jikalau tidak segera diobati. Acapkali lubang-lubang yang terletak di bagian dalam amandel (Tonsil) itu beserta dengan bentukan bulat-bulat hasil pembengkakan kelenjar limfe akan ditemukan sisa-sisa makanan maupun kuman yang terselip dan berkontribusi sebagai penyebab bau mulut tidak sedap. Terkadang problem kesehatan lainnya ikut terkait dengan bau mulut tidak enak, seperti permasalahan pada perut yang bisa menyebabkan bau mulut amis terutama saat bersendawa.

Beberapa bahan makanan dan minuman yang beraroma kuat, contohnya bawang merah atau putih, buah durian, jamu atau obat, dan produk dari air laut (ikan) menyebabkan bau mulut tidak sedap pula meskipun sudah menyikat gigi. Bahkan kebiasaan-kebiasaan buruk dalam hidup, seperti merokok atau meminum minuman alkohol atau kopi mengakibatkan bau napas menjadi tidak segar. Mulut yang kering karena kurang cairan atau sedikit minum pun dapat menjadi salah satu penyebab bau naga tersebut.

ATASI BAU MULUT

Berbagai hal di atas menyebabkan timbulnya bau nafas menjadi tidak segar, kondisi yang sama terjadi pada bau badan tidak enak lainnya, seperti bau keringat, bau kaki maupun bau ketiak. Akan tetapi, janganlah khawatir yang berlebih karena ada banyak solusi yang ditawarkan untuk mengatasi bau mulut yang tidak enak itu.

Tips paling utama tentu saja rajinlah menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sikatlah gigi secara rutin minimal tiga kali sehari, setiap selesai makan dan sebelum tidur malam. Hal tersebut berguna untuk mencegah timbulnya plak-plak pada gigi akibat sisa makanan yang menempel. Bersihkan pula bagian lidah karena menurut beberapa penelitian terbaru dikatakan lidah merupakan salah satu bagian tubuh paling kotor. Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah dapat menjadi media hidup bakteri-bakteri yang membuat bau mulut tidak sedap. Untuk menghilangkannya, sikat lembut lidah dengan sikat gigi berbulu soft atau coba gunakan alat khusus pembersih lidah.

Tak lupa, bilas mulut seusai makan dengan berkumur memakai air bersih yang mampu menyegarkan nafas dan menghilangkan sisa-sisa partikel makanan. Atau bisa dengan obat kumur anti bakteri yang memberikan perlindungan ekstra, mengurangi terbentuknya plak dan mematikan bakteri penyebab bau mulut. Segera berobat ke dokter umum atau dokter gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan klinis yang tepat, misalnya menambal gigi yang berlubang agar tiada lagi tumpukan sisa-sisa makanan yang sulit dibersihkan.

Selalu mencegah keringnya mulut karena akan menjadi sasaran empuk dari pertumbuhan bakteri. Sebisa mungkin kelembapan mulut dijaga dalam keadaan basah dengan meminum air putih secara teratur sebagai solusi praktis atau mengkonsumsi permen karet yang rendah gula. Hindari permen yang tinggi gula karena bisa menyuburkan pertumbuhan bakteri dan memperparah masalah bau mulut. Sebaliknya, mengunyah permen karet rendah gula mampu merangsang produksi air liur sebagai mekanisme pertahanan alami tubuh terhadap plak yang merusak gigi ataupun bau mulut.

Stop merokok, karena para perokok jika didekati akan tercium bau mulut dan bahkan bau badan yang buruk dan sangat menusuk hidung. Merokok merusak struktur gusi dan gigi-gigi berubah menjadi kekuningan. Selain aktifitas merokok lama memungkinkan terjadinya kanker mulut yang notabene mengancam jiwa. Maka hentikan kebiasaan merokok sedini mungkin, bau mulut akan teratasi dan meningkatkan kualitas hidup.

Hindari diri dari makanan atau minuman yang memicu bau mulut tidak sedap. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengeluarkan aroma tidak sedap atau bila terpaksa agar mengurangi porsinya hingga nantinya diharapkan tidak menimbulkan bau nafas tidak enak. Perbanyak konsumsi buah-buahan kaya serat dan sayur-sayuran yang bermanfaat dan aman dari timbulnya bau mulut tidak sedap.

Memang terasa sepele perihal bau mulut yang tidak enak, namun sangat besar pengaruhnya terutama dalam aspek penampilan maupun citra diri. Jadi silakan lakukan hal-hal terbaik guna mencegahnya dan telusuri latar belakang penyebabnya jikalau mengalami bau nafas tidak segar. Bau mulut janganlah dipelihara, jadilah generasi muda yang penuh percaya diri, pede tanpa bau mulut.

Bagi rekan-rekan remaja yang membutuhkan informasi dan layanan kesehatan khususnya bisa mengunjungi Klinik Remaja KISARA di Jalan Gatot Subroto IV nomor 6, Gedung PKBI Daerah Bali lantai-1. Merupakan unit program dari KISARA (Kita Sayang Remaja) yang ramah remaja dan buka layanan setiap hari Senin hingga Jumat pada Pukul 09.00-21.00 WITA.

********

 

One Response

  1. obat untuk penyembuhan dan pencegahan bau mulut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: