KAWAT GIGI ; PERLUKAH ATAU SEKEDAR TREND?

images (1)

Oleh :

I Wayan Eka Kasmahendra, AMKG

(Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali) 

******************

Skarang khan lagi ngetrend temen2 skolah pada masang kawat gigi. Nah…. Luhtu pengen ikutan juga make begituan. Ndak berbahaya ya Dok?

Luhtu @Seminyak +6281805326XXX

 ******************

Fenomena penggunaan kawat gigi (Behel atau Bracket) memang semakin menjamur di masyarakat. Para orang tua, remaja, dan anak-anak baik dari kalangan menengah maupun atas mulai banyak menggunakannya. Penggunaan kawat gigi sendiri dalam dunia kedokteran gigi di Indonesia baru dimulai pada sekitar medio tahun 1980-an dan semakin popular pada awal dekade hingga kini.

Beberapa waktu belakangan, trend pemasangan kawat gigi semakin banyak digunakan sekedar untuk alasan fashion ataupun estetika belaka tanpa adanya indikasi medis. Menggunakan kawat gigi dengan berbagai macam varian bahan, warna, dan aksesoris pelengkap lainnya tersebut seringkali mampu menjadikan penampilan seseorang terlihat lebih menarik dan secara tidak langsung mampu meningkatkan kepercayaan dirinya.

kawat-gigi

Mengenal Kawat Gigi

Kawat gigi merupakan media yang sebenarnya ditujukan untuk memperbaiki letak dan susunan gigi-geligi seseorang yang tidak beraturan, serta menyesuaikannya dengan kondisi rahang atas maupun bawah. Susunan gigi-geligi yang tidak beraturan dapat menimbulkan berbagai problem penyakit yang terkait dengan kesehatan gigi dan mulut.

Sifat kawat gigi ada yang permanen atau tidak dapat dilepas setelah terpasang dan kawat gigi non permanen yang mampu dilepas dan dipasang. Untuk bahannya, terdapat kawat gigi yang terbuat dari logam baja tahan karat (stainless  steel) yang murah dan kuat, tetapi meninggalkan noda dipermukaan gigi sehingga banyak dihindari penggunaannya. Adapula kawat gigi yang terbuat dari logam baja yang dilapisi emas hingga menimbulkan kesan kosmetik yang lebih bagi penggunanya.

Saat ini yang dominan digunakan adalah kawat gigi yang terbuat dari material keramik atau plastik transparan yang tampak lebih alami karena terkesan membaur dengan struktur gigi-geligi, tidak meninggalkan noda, dan kekuatannya sama dengan kawat gigi berbahan logam. Walau kawat gigi ini memerlukan waktu perawatan yang lebih lama untuk hasil yang lebih maksimal, biaya yang lebih mahal, dan terkadang pada beberapa kasus bisa  menjadi kotor atau warna kawat gigi berubah diakhir masa perawatan.

Invisible Braces

Manfaat Dan Bahayanya

Susunan gigi-geligi yang saling menumpuk, tidak beraturan, dan tidak rata bisa menimbulkan problem kesehatan terutama terkait kebersihan gigi dan mulut yang juga menentukan normalnya fungsi pencernaan. Susunan gigi yang berantakan dan saling tumpang tindih mengakibatkan kesulitan membersihkan sela-sela antar gigi. Kondisi itu akan menimbulkan bau mulut yang tidak nyaman, kerusakan gigi, gigi berlubang, dan bahkan tanggalnya gigi (ompong). Gusi beserta bagian lunak (mukosa) dari rongga mulut menjadi lebih mudah terluka, berdarah hingga menimbulkan sariawan.

Selain merapikan, penggunaan kawat gigi dapat memperbaiki proses mengunyah dan memperjelas lafal pengucapan kata-kata. Apabila tampilan gigi terlihat rapi, maka individu tersebut menjadi enak untuk dipandang, penampilan menjadi lebih baik, membuat senyum terlihat manis, serta tentu saja bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Alangkah baiknya penggunaan kawat gigi memang ditujukan untuk merapikan gigi-geligi. Jika kawat gigi dipakai sekedar untuk tampil trendi atau memenuhi tuntutan mode, justru akan merugikan dan menimbulkan bahaya bagi kesehatan gigi dan mulut. Risiko tertular penyakit atau mengalami alergi juga meningkat, jika praktek pemasangan kawat gigi dilakukan secara ilegal oleh tenaga yang tidak terlatih.

Gigi yang sehat menjadi longgar, goyah, dan gigi rentan tanggal akibat dari gusi dan tulang rahang yang memegang gigi berubah mengikuti alur kawat yang memegang gigi. Susunan gigi-geligi yang dahulunya normal mungkin menjadi berantakan dan akhirnya sulit untuk dibersihkan. Seiring dengan kebersihan yang buruk dan tidak terjaga, maka bisa memunculkan masalah infeksi kuman atau bakteri yang mampu merusak struktur gigi-geligi dan menimbulkan bau mulut yang tidak nyaman.

Perawatan Kawat Gigi

Sangat disarankan bagi pengguna kawat gigi agar selalu rutin melakukan kunjungan (check-up) ke dokter gigi selama kawat gigi terpasang. Kontrol perawatan kawat gigi harus dilakukan secara berkala untuk evaluasi kerapian gigi, penyesuaian kekencangan kawat, dan membersihkan kotoran atau karang (plak) gigi yang ada. Salah satu efek samping yang sering muncul pasca perawatan kawat gigi adalah rasa nyeri dan hal ini bisa dikurangi dengan pemberian obat antinyeri (analgetic).

Menjaga kesehatan selama menggunakan kawat gigi merupakan sesuatu hal yang tidak sulit. Cukup hanya dibutuhkan ketelitian dan ketekunan untuk rutin membersihkan gigi beserta rongga mulut. Rajin menggosok gigi 3-4 kali sehari yang disertai berkumur untuk menjaga kesegaran mulut.

Hindari makanan yang keras dan disarankan memperbanyak konsumsi makanan-makanan yang relatif lunak, seperti sayur-sayuran (bayam, sawi, dan selada) dan buah-buahan (pisang, pepaya, dan semangka). Lakukan gerakan mengunyah makanan secara perlahan-lahan dan biasakan memotong makanan dalam ukuran kecil agar kawat gigi yang terpasang tidak cepat mengalami kerusakan dan mencegah timbulnya luka di mulut akibat gesekan kawat gigi.

unduhan

Berharap rekan-rekan yang ingin menggunakan kawat gigi hanya untuk mengikuti trend perlu memikirkan terlebih dahulu efek-efek dari penggunaan kawat gigi yang tidak ada indikasi medisnya itu. Cerdas dan bijak dalam mempertimbangkan penggunaan kawat gigi sehingga tidak menjadi korban sia-sia dari keinginan hanya untuk terlihat gaul atau berpenampilan keren.

Akhirnya bagi yang masih membutuhkan informasi lebih lanjut tentang kawat gigi atau seputaran kesehatan umum lainnya. Silakan kunjungi KISARA Youth Clinic (KYC) di Jalan Gatot Subroto IV nomor 6 Denpasar, Gedung PKBI Daerah Bali lantai-1. KYC merupakan unit pendukung program KISARA (Kita Sayang Remaja) yang layanan buka setiap hari Senin-Jumat Pukul 09.00-15.00 WITA, kecuali libur. Info  bisa menghubungi telepon (0361)-430200, website http://www.kisarayouthclinic.org, facebook™ group, email kisarayouthclinic@yahoo.com, dan twitter™ @kisara_clinic.

******************

One Response

  1. Percaya gak percaya, tapi pemenang X-Factor UK memakai kawat gigi, bahkan katanya suaranya menjadi lebih bagus setelah menggunakan kawat gigi

    http://kumcer.com/2013/11/02/behel-gigi-bisa-membuat-suara-merdu/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: