KENALI EFEK SOFTDRINK

SoftDrinkTax

oleh :

dr. Ni Wayan Eka Rahayu Dewi, S.Ked

Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali

 **************

Kemaren pas liburan panjang, Koko keliling selamatan ke rumah temen-temen. Koko kayaknya kebanyakan minum Softdrink, tidak kenapa-kenapakan? Bahaya Kak?.

Koko (081952777XXX)

 **************

Siang hari yang panas pastilah segar jika mendapat minuman yang dingin. Apalagi hingga menimbulkan sensasi “nyeessss…“. Tak lupa, disaat merayakan hari-hari raya besar atau momen-momen penting lainnya, rasanya tidaklah lengkap tanpa minuman bersoda. Apalagi kini sudah banyak pilihan produk minuman ringan yang ada di pasaran. Sebelum menenggak habis minuman-minuman di dalam kemasan, kaleng ataupun botol itu, mari cari tahu dulu apa saja kandungan dan efeknya bagi tubuh.

 

images

MINUMAN BERSODA

Minuman bersoda, minuman ringan atau yang sering disebut dengan istilah Softdrink adalah jenis minuman yang tidak mengandung alkohol, tidak seperti minuman keras (miras) yang mengandung alkohol. Minuman ringan merupakan produk minuman olahan dalam bentuk serbuk atau cairan yang mengandung bahan tambahan alami maupun sintetis yang diproduksi dalam kemasan yang siap untuk langsung dikonsumsi. Terdapat dua jenis produk minuman ringan, yakni minuman ringan yang berkarbonasi (minuman bersoda) dan minuman ringan tanpa karbonasi.

Sensasi “nyeessss…” yang menyejukkan raga muncul sebagai akibat proses pelepasan gas karbondioksida (CO2) yang sebelumnya terperangkap di dalam air dari minuman ringan. Hal ini dapat dilihat langsung dari munculnya buih-buih pada minuman bersoda, tidak lain merupakan proses pelepasan kandungan gas CO2. Pembuatan minuman bersoda melibatkan proses pelarutan gas CO2 di dalam air yang bertekanan tinggi yang disebut dengan proses karbonasi, sehingga dikenal dengan sebutan minuman berkarbonasi atau yang lebih umum dikenal sebagai minuman bersoda.

KANDUNGAN SOFTDRINK

Umumnya mengkonsumsi Softdrink memang memberikan efek yang menyegarkan jiwa dan memberikan sedikit energi bagi tubuh yang didapat dari kandungan nutrisi dan proses karbonasinya. Akan tetapi, kandungan zat-zat pemanis yang digunakan ternyata cenderung berlebihan jumlahnya. Acapkali sesuatu yang berlebihan mungkin memberikan efek-efek yang tidak baik bagi kesehatan, sama halnya saat kekurangan.

Pemanis alami yang umum digunakan dalam produk minuman bersoda adalah berupa sirup jagung yang sering ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak. Hasil penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan konsumsi lebih dari satu kaleng minuman bersoda akan menurunkan kolesterol baik (HDL) dan sebaliknya meningkatkan kolesterol jahat (LDL) di dalam darah, sehingga memicu munculnya masalah kegemukan (obesitas).

Kegemukan dapat terjadi pada individu yang memang memiliki masalah kelebihan berat badan maupun pada individu dengan berat badan yang masih normal. Meminum satu kaleng minuman bersoda setiap hari selama satu bulan mampu menaikkan berat badan sebanyak setengah kilogram. Dari awalnya masalah kegemukan, nantinya merembet ke penyakit-penyakit lain yang lebih serius. Penelitian yang sama menyebutkan bahwa remaja yang meminum lebih dari satu kaleng minuman ringan dicurigai lebih rentan terkena diabetes mellitus tipe-2 (kencing manis), penyakit jantung, dan serangan stroke secara dini.

Pemanis lain yang sering terkandung dalam minuman bersoda adalah jenis pemanis buatan, seperti aspartam. Aspartam akan dipecah di dalam tubuh menjadi senyawa formaldehide yang bersifat karsinogen dan mampu memicu timbulnya keganasan (kanker) ketika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, kandungan nilai gizi dari minuman bersoda terutama  pemanisnya adalah sangat rendah, bahkan sering dianggap sebagai limbah di dalam tubuh.

Minuman bersoda juga mengandung kafein yang bisa menimbulkan efek ketergantungan (adiksi). Efek negatif lainnya dari kafein ialah membuat jantung berdebar-debar, sulit tidur (insomnia), kekurangan cairan (dehidrasi), dan tekanan darah menjadi rendah. Sifat soda  dan kafein yang cenderung asam mampu mengacaukan kerja sistem pencernaan, misalnya hingga menimbulkan gangguan maag pada lambung.

Asam fosfat yang terdapat dalam minuman bersoda juga menyebabkan kerusakan dengan cara melarutkan kalsium, sehingga mengganggu gigi dan tulang yang merupakan tempat penyimpanan kalsium dalam tubuh. Pengikisan kalsium akan menyebabkan tulang rapuh dan keropos (osteoporosis), demikian pula yang terjadi pada lapisan enamel gigi yang menjadi mudah berlubang dan rusak.

MINUMAN SEHAT

Ternyata banyak hal yang harus diwaspadai sebelum kita mengkonsumsi softdrink!. Lalu apa alternatif pengganti minuman bersoda dan bagaimana cara menghilangkan haus dahaga tetapi tetap sehat?. Kita haruslah cermat dalam memilih makanan maupun minuman yang akan dikonsumsi. Air putih tetap menjadi pilihan utama dan terbaik untuk sehat. Minuman jus yang dibuat dari buah-buahan juga tidak kalah menyehatkan dan menyegarkan. Atau mengganti minuman bersoda dengan produk minuman lain yang kandungan gulanya lebih sedikit atau produk minuman untuk diet.

Bagi sahabat remaja yang masih membutuhkan informasi lebih lanjut tentang efek softdrink dan problem kesehatan umum lainnya. Silakan berkunjung ke Klinik Remaja KISARA di Jalan Gatot Subroto IV nomor 6 Denpasar, Gedung PKBI Daerah Bali lantai-1. Kami membuka layanan setiap hari Senin sampai dengan Jumat pada Pukul 09.00-15.00 WITA atau bisa menghubungi KISARA di telepon (0361)-430200.

**************

soda_unhealthy_fat

One Response

  1. Kalori tinggi, gula tinggi. Selain itu, softdrink juga kurang baik untuk lambung karena meningkatkan kadar asam lambung secara berlebih. Ditambah lagi, konon juga dapat merusak gigi jika meminum softdrink sebelum sikat gigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: