DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA

kanker payudara

oleh :

dr. I Gusti Ngurah Arika Fermiawan, S.Ked

Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali

****

Abiz mandi, Aq ndak sengaja ngeraba ada benjolan kecil di payudara kanan, apa itu bahaya Kak?  Aq takut coz di keluarga ada yg kanker payudara, thx.

Dewi, Badung – 081236338XXX

****

KANKER PAYUDARA

Sudah lama Breast Cancer atau kanker payudara menjadi momok yang menakutkan bagi kaum hawa, selain kejadian Cancer Cerviks atau kanker dinding rahim. Namun tidak hanya pada kaum perempuan saja yang bisa mengalami kanker payudara, kaum laki-laki pun bisa mengalami kanker payudaya, tetapi dengan frekuensi kejadian yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan perempuan.

kanker payudara1

Data World Health Organization (WHO) padaa tahun 2008 menunjukkan bahwa angka pasien kanker payudara mengalami peningkatan setiap tahunnya, yakni 36,2 kasus baru untuk setiap 100.000 perempuan pertahunnya. Angka tersebut diperkirakan akan meningkat hingga tujuh kali lipat pada tahun 2030. Sebagian besar kasus kanker payudara dialami perempuan dewasa, tepatnya di kelompok umur 30-50 tahun.

Acapkali faktor keturunan dianggap sebagai penyebab utama kanker payudara. Ternyata masih banyak faktor lain yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara dan biasanya terkait dengan gaya hidup yang cenderung tidak sehat, seperti konsumsi fast foods secara berlebihan, merokok, dan kurang olahraga.

Mitos-mitos menyesatkan yang beredar di masyarakat mengenai kanker payudara yang menyebabkan keterlambatan dalam mendeteksi keberadaan kanker. Khusus di Indonesia, masih banyak pasien kanker payudara yang seringkali tidak patuh atau takut untuk datang berobat secara medis. Selain dikarenakan masih kurangnya kepedulian dan pemahaman masyarakat terhadap penyakit kanker secara umum.

Tidak semua benjolan yang muncul pada payudara merupakan bentukan tumor yang ganas atau kanker. Hanya sekitar 10% dari benjolan payudara yang timbul merupakan wujud dari keganasan atau kanker. Sisanya sekitar 40% merupakan tumor fibrokistik yang jinak, 7% kasus berupa tumor jinak jenis fibroadenoma mammae (FAM) yang umum ditemukan pada payudara perempuan usia remaja atau dewasa.

KONSEP SADARI

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) gencar telah memperkenalkan konsep SADARI atau “Periksa Payudara Sendiri” sebagai metode deteksi yang murah, mudah, dan cukup efektif untuk menemukan tumor payudara sedini mungkin. Skrining pemeriksaan SADARI bisa dilakukan setiap bulan sekali sesudah masa haid.

Urutan SADARI dimulai dengan memperhatikan dengan teliti kedua payudara di depan cermin tanpa menggunakan pakaian dengan kedua lengan lurus ke bawah. Amati dan perhatikan secara seksama apabila terdapat benjolan atau perubahan lainnya pada payudara, seperti ada luka, kulit payudara berwarna kemerahan atau keriput, ukurannya membesar atau keduanya tidak simetris, dan terkadang disertai perubahan bentuk dari puting payudara.

sadari1

sadari7

Kedua siku mengarah ke samping dan tekan telapak tangan yang satu dengan yang lain secara kuat. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada sehingga perubahan-perubahan kecil seperti cekungan dan benjolan akan terlihat lebih jelas. Pencet pelan-pelan daerah sekitar kedua puting payudara dan amati jika ada cairan keluar yang tidak normal .

sadari2

 

sadari3

Selanjutnya berbaring dengan tangan kanan di bawah kepala dan letakkan bantal kecil di bawah punggung kanan. Raba seluruh permukaan payudara kanan dengan tiga ujung jari tengah dari tangan kiri yang dirapatkan sampai daerah ketiak. Perhatikan bila ada benjolan yang mencurigakan ataupun rasa nyeri yang berlebihan dan lakukan hal yang sama untuk payudara kiri.

sadari4

sadari5

sadari6

Kemudian lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut dan posisi jari yang sama, dimulai dari pinggir dengan mengikuti arah putaran jarum jam. Ketika melakukan SADARI menemukan benjolan atau perubahan pada payudara dibandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, maka kemungkinannya adalah suatu tumor jinak atupun ganas sehingga disarankan untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan yang terdekat.

kanker-payudara11

Jangan pernah menunda memeriksakan diri apabila ditemukan kelainan atau gangguan terkait kanker payudara. Hindari mitos-mitos negatif tentang kesehatan dan bekali diri dengan informasi-informasi yang benar mengenai kanker. Dibutuhkan kerjasama di antara berbagai elemen masyarakat dan pemerintah melalui gerakan pita merah muda untuk meningkatkan kepedulian akan bahaya kanker payudara.

Jikalau masih membutuhkan informasi tentang kanker payudara atau kesehatan umum lainnya. Silakan kunjungi unit layanan Klinik Remaja KISARA (Kita Sayang Remaja) di Jalan Gatot Subroto IV nomor 6 Gedung PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Daerah Bali lantai-1 yang buka setiap hari Senin hingga Jumat pada jam 09.00-15.00 WITA atau bisa menghubungi telepon 0361-430200.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: