My Clinic

 

Serasa Ringan Apabila Kita Selesaikan Bersama

 

Di halaman ini, rekan-rekan semua bisa berinteraksi dengan Saya mengenai berbagai hal yang terjadi di dunia ini. Terutama bagi rekan-rekan yang tertarik akan dunia kesehatan, ilmu kedokteran, kesehatan reproduksi, spesialisasi andrologi dan seksologi, psikologi remaja dan lainnya.

Maka sangat tepat apabila di rubrik ini kita saling berdiskusi dan menyelesaikan segala problema yang ada tersebut secara bersama-sama. “Sebesar apapun masalah yang ada, dapat kita selesaikan bersama dengan baik”.  Semoga Saya bisa membantu rekan-rekan semuanya :

Quotes : “In Youth We Learn ; In Age We Understand”

47 Responses

  1. Assalamualaikum, saya sepertinya punya kasus seperti komentar sebelumnya mengenai Pubertas Dini, secara singkat kami menanyakan informasi langkah² yg harus kami lakukan . Mungkin Dokter Pramesemara bisa bantu.(alamat dokter ?)

    Thank’s
    Bung Dan

  2. Selamat Pagi Bung Dan,
    Mohon maaf, Saya baru bisa membalasnya saat ini.

    Utk informasi mengenai pubertas dini Bund Dan mungkin dapat membaca artikel Saya sebelumnya di Kategori Andrologi-Sexologi. Disana Saya paparkan informasi Pubertas Dini termasuk langkah-langkah penanganan secara sederhana.

    Selanjutnya mengenai alamat & informasi ttg Saya dpt dilihat pada halaman About Areola. Terimakasih.

  3. halow kak prammm. Alfred nieh…cieh pak dokter uda punya blog juga nieh….Aku baru nemu di BBC…hehehe pasang link blogku.ku ya…makasih kak Pram salam sukses

    • yoi. Sbenarnya Saya dah punya blog sejak 2006 waktu itu di Blogspot. Kmudian menjalani fase dokter muda, mandek d. Stelah tamat muncul kembali smangat ngeblog itu n jg berpindah kelain hati yakni WordPress. Sip ayo ikutan keg BBC

  4. bagaimana cara mengobati penyakit kutil kelamin dok?

    • Kutil Kelamin atau dalam bahasa medis disebut “Condiloma Akuminata” adalah manifestasi IMS yang dapat diobati.
      Penanganan Kutil Kelamin dapat dibagi secara sederhana menjadi tindakan bedah maupun non-bedah (obat). Bedah bisa dengan pemberian suntikan obat yang dapat menghambat pertumbuhan Kutil Kelamin hingga pembedahan dengan alat bedah untuk mengangkat Kutil Kelamin tsb.
      Sedangkan penatalaksanaan non-bedah diberikan sesuai keluhan (antinyeri dll) & mencegah adanya serangan infeksi mikroorganisme lainnya (antibiotika) sesuai indikasi.
      Utk info lebih lanjutnya Alfin bisa segera memeriksakan diri ke Dokter Umum/Spesialis Kulit-Kelamin untuk mendapatkan penanganan yang komprehensif atau dapat klik & membaca link berikut ini tentang tulisan Kutil Kelamin dalam blog Saya
      Terimakasih

  5. dok,saya mimi umur 20 tahun.
    Saya mau tanya dengan yang saya alami. Pada bawah lubang kemaluan saya terdapat luka, dan sakit na minta ampun.
    Disekitar situ juga terdapat benjolan merah beberapa.
    selain itu keluar juga nanh dari vagina saya.
    dan terasa gatal.
    apakah saya terkena penyakit kelamin dok?
    secara saya sudah pernah berhubungan intim dengan laki-laki?
    terimakasih…

    • Selamat Malam Mimi,
      Dilihat dari gejala sepertinya Mimi kemungkinan mengalami infeksi kelamin/infeksi menular seksual, yang identik dengan gejala keputihan abnormal, nyeri panggul dan demam.
      Cobalah untuk memeriksakan diri segera ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dan hindari perilaku seksual berisiko, gunakan kondom saat melakukan aktifitas seksual.
      Terimakasih

  6. dr. pram..
    mengapa jumlah sperma bisa semakin menurun?
    mengapa sperma bisa tidak aktif?
    siapa ahli masalah ini?
    trims ya..

    • Selamat Pagi Meme,

      Banyak faktor yang dapat mempengaruhi jumlah / total sperma.
      Secara umum dapat kita bagi dari faktor intrinsik (dalam tubuh, seperti keberadaan oksidan, stress, metabolik dll) dan ekstrinsik (luar tubuh seperti polutan lingkungan, bakteri, preparat yang bersifat estrogenik dll) dimana hampir sebagian besar menurunkan jumlah produksi spermatozoa.
      Sperma dapat menjadi tidak aktif dikarenakan hal-hal diatas.
      Untuk menjawab dan berkonsultasi dengan tepat tentang permasalahan ini adalah dokter spesialis andrologi (ahli spermatologi) terdekat dengan domisili meme.

      Semoga bermanfaat dan terimakasi

  7. salam kenal dokter, saya sejawat dari malang, baru mulai ber blogging, mampir di blog saya, kebetulan topiknya sama tentang sndrologi, tapi saya in english,

    nice to know you bro🙂

    http://www.yuanadesukma.wordpress.com

  8. selamat siank dok,saya mau tanya penyebab kencing nanah itu dikarenakan apa ya dok,?

  9. atau karna masalah penginapan yng jorok, maaf banyak tanya!
    makasih sebelumnya

    • Selamat malam Mbak Citra,
      Penyebab kencing nanah/GONORE/G.O adalah infeksi kuman neiseria gonorea akibat perilaku seksual yang berisiko.
      Penginapan/sanitasi lingkungan yang kurang bersih/jorok bukanlah penyebab infeksi G.O.
      Terimakasih

  10. Dokter,

    Saya lelaki 26 tahun dan sudah menikah.

    Mohon maaf dengan sangat apabila pertanyaan saya keluar dari pokok pembahasan.

    Begini dokter,
    (MAAF) di leher alat kelamin saya terdapat benjolan seperti urat / otot. Terlihat jelas ketika (MAAF) ereksi, dan apabila dipegang tak terasa sakit, hanya saja terasanya tidak terlalu keras dan tidak lembek (benjolan tersebut sebesar 1 butir isi kacang)

    semacam urat keseleo gitu lah dokter.

    saya khawatir sekali dok.

    Mohon dibantu dokter mungkin saya bisa dibantu lewat blog ini atau email saya.

    • Selamat malam,maaf baru sempat membalas.
      Sepertinya perlu pmeriksaan atau gambaran kondisi yg lebih lengkap.
      Mohon penjelasan bisa disampaikan via email ke pramareola14@ymail.com utk konsultasi selanjutnya.
      Bisa jg dilampirkan foto keluhan tsb.
      Terimakasih

  11. selamat siang dok,,
    maaf dok saya mau konsultasi, sy perempuan usia 24 pny suami seusia juga 24 tahun, dok beberapa hari ini suami sy mengeluh sakit saat berkemih, trs dia blg kdg klwr nanah, saat duduk aja kdg dia ngrasa kesakitan, trs sy minta dia tuk cek k klinik saat itu gak sy dampingi, dia blg dokter klinik mngatakan dia kena PMS, trs di klinik diinjeksi gtw obat apa diberikan IM boka boki krn kata dokternya sy bom pke antibiotik yah, trs dpt terapi oral furosemid, mefinal, kalmetason tab, sma levofloxacin, dokternya juga minta gar sy juga diijeksi, nah dok klo kencing nanah itu GO kan dok yg disebabkan bakteri niecceria gonorea yg ditularkan lewat ganti2 pasangan sek, tp suami sy jga blg ga pnh melakukan hub selain sm sy, sy jga prcya itu dok, nah klo yg GO suami sy itu knp dan dri mana dok? tuk gejala pda perempuannya yg spesifik apa dok? terus apakah GO bs sembuh tuntas krn sy tkut GO itu msh ada wlw sdh pngobtan, kami belum pny anak dok, terimkash mhon penjelasan dok.

    • Selamat siang,

      Sesuai dgn jawaban yg sebelumnya bahwa infeksi Gonore adalah Penyakit yang dominan penularannya melalui aktifitas / hubungan seksual,
      Walau ada dilaporkan beberapa kasus yg sebagian kecil menular melalui darah, kurangnya higienitas, dan aktifitas kelamin lainnya.

      Utk gejala spesifik pd perempuan hingga saat ini belum ada, tetapi umumnya ditemukan dgn adanya “keputihan abnormal”.
      Dimana sangat berbeda dgn “keputihan normal” yg sering dialami wanita sesaat sebelum/sesudah menstruasi.
      Keputihan abnormal bercirikan waktu keputihan yg tidak terpola, jumlah banyak, bau busuk-amis, warna putih/kehijauan dan terkadang disertai gatal/kemerahan di daerah kelamin.

      Saya rasa maksud penanganan yg disampaikan Dokter sudah benar karena tatalaksana PMS harus komprehensif dgn terapi diberikan pd kedua pihak/pasangan.
      Hal ini utk menghindari fenomena ping-pong, ketika hanya salah satu pihak yg diobati dan kemudian PMS tersebut akan hilang-timbul susah disembuhkan.
      Guna menghindari pengobatan yg tidak efektif, maka saya sarankan ibu utk ikut menjalani pengobatan tersebut.

      Matur suksema dan semoga bermanfaat,

  12. terimaksih dok untuk jawaban sebelumnya…
    kemudian kalo kita berdua sudah sama2 menjalani pengobatan sesuai instruksi dokter, kira2 bisa sembuh total gak? setelah beberapa hri pengobatan suami sy blg sudah gak ada keluhan, apakah gejala tersebut bisa timbul lgi dikemudian hari dok?

    • Selamat sore mbak,
      Seperti uraian sy sebelumnya, GO bisa sembuh total jika kedua pihak/pasangan tekun berobat bersama-sama dan saling mendukung.
      Utk kemungkinan infeksibyg berulang,hal ini dikarenakan pengobatan yg tdk optimal dan adanya salah satu patner yg dekat dgn faktor risiko penular GO,yaitu hubungan seksual yg bebas dan tdk bertangungjawab atau tdk menggunakan kondom.
      Semoga bermanfaat

  13. Terimaksih dok,,,
    maaf dok, kan sy sempet baca di internet klo skg pengobatan dengan peniccilin sudah resisiten, dan skg pengobatan slah satunya bisa dengan antibiotik ceftriaxon IM, dan dikombine oral seperti cifro or levo maaf dok knp mesti IM ya dok, knp gak IV? berarti kalo dua2nya berobat dan tak terpapar bakteri trsbt kesembuhan total bs diperoleh, kalo dua2nya sdah berobat satu kali dan sudah tidak ada keluhan apa msh perlu chek up lgi dok??? maaf beribu ribu maaf saya banyak nanya… terimakasih

    • Selamat siang,
      Sebelumnya saya ingin bertanya, apakah Anda memiliki latar belakang medis? agar diskusi kita dapat berjalan lebih terarah dan bahasa lebih disesuaikan.
      Masing-masing obat memang memiliki aturan nya, termasuk dalam penggunaan, hal tsb sudah melalui penelitian/ujicoba sebelumnya.
      Jika kedua pihak sudah menjalani pengobatan secara baik dan benar utk kasus IMS ini kemungkinan besar akan mendapatkan kesembuhan yang baik, namun semua tetap tergantung pada ibu dan suami serta bantuan dari TYME.
      Umumnya setelah melakukan pengobatan akan dilanjutkan evaluasi pasca pengobatan, namun hal tsb dirasakan jika perlu saja.
      Semoga bermanfaat,

  14. tiang gungde mau tanya seputaran kesehatan sex
    belakangan ini saya punya masalah ereksi yang kurang optimal dan yang kedua saya tidak susah mengontrol ejakulasi saya
    kemana kah saya harus berobat atau berkonsultasi

    mohon petunjuknya

    regard
    gungde

    • Selamat malam,
      Maaf, Mungkin alangkah baiknya kita bisa bertemu utk membicarakan permasalahan ini,
      Senin-Sabtu niki tiang praktek di apotek k24 teuku umar denpasar jam 6-9 malam,
      Mungkin dikesempatan tsb bisa konsultasikan permasalahan gungde,
      Matur suksema

  15. Selamat siang.. mas.. boleh saya nanya lagi..
    Circumvallate papillae itu apa ya?
    terima kasih..

  16. Maaf dok.
    Saya laki-laki 27th. Di sekitar kemaluan saya terdapat satu kutil kelamin, sudah di ambil sekali dan tetap saja masih keluar. Dan yang kedua sudah di ambil lagi kemarin, tapi belum tau hasilnya. Saya sudah vaksin Gardasil sebanyak 2x, tinggal satu kali lagi 6 bulan yang akan datang. Yang saya mau tanyakan adalah, apakah penyakit Human Papiloma Virus ini dapat sembuh total & tidak mengeluarkan kutil pada bagian alat kelamin saya lagi?
    Kira2 berapa lama untuk masa penyembuhannya ?
    Kl misalkan bisa sembuh total. Setelah sembuh, apakah bisa menularkan ke pasangan hidup saya nantinya?
    Terima Kasih,,🙂

    • Terimakasi atas konsultasinya mas hendry,

      Penyakit Human Papiloma Virus adalah suatu infeksi kronis yang disebabkan virus HPV tsb. Salah satu bentuk tanda dari infeksi HPV adalah munculnya kutil pada tubuh termasuk memungkinkan kutil pada kelamin.
      Dari informasi yang diberikan termasuk pengobatan yang sudah dijalani sebenarnya agak terlambat, karena vaksinasi dengan gardasil adalah mekanisme pencegahan. Sehingga apabila kutil kelamin sudah mendahului muncul dibandingkan pelaksanaan vaksinasi, maka gardasil yg diberikan tidak berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Vaksinasi gardasil berisi virus HPV yang sudah dimatikan/dilemahkan dgn tujuan membangkitkan sistem imunitas secara pasif. Secara prosedural sebenarnya disarankan untuk mengecek antibodi HPV sebelum mendapatkan vaksinasi tsb, terutama pada pasien yang sudah berisiko tertular/terinfeksi HPV sebelumnya. Karena apabila pasien tsb sudah terinfeksi, kemudian diberikan vaksinasi maka seringkali menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan, misalnya munculnya kutil kelamin dan lainnya.
      Jika ditanyakan apakah akan sembuh total, sepertinya tidak karena HPV secara kronis dapat dorman (diam dalam stadium tidak menginfeksi) dalam saraf tubuh kita, pemberian gardasil diharapkan mencegah timbulnya penyakit yang tidak diinginkan dari HPV tsb seperti kanker ataupun tumor jinak lainnya. Kutil kelamin adalah salah satu bentuk infeksi kronis HPV yang jinak sifatnya.
      Saran saya adalah menjaga kebersihan daerah di sekitar kelamin anda dan hindari perilaku seks berisiko, mungkin melanjutkan vaksinasi yang ada.
      Hindari dahulu perilaku berisiko terutama terkait aktifitas seksual, karena HPV bisa menyebar lewat kontak kulit yang intensif.
      Apabila ingin berkeluarga nantinya, saya sarankan pasangan anda mendapatkan vaksinasi HPV dahulu.

      Semoga bermanfaat,

      • Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih atas informasi yg di berikan.
        Maaf dok. Tanya lagi. Brarti kutil ini akan terus tumbuh & tumbuh walau di buang terus – menerus?
        Menurut informasi yang saya dapat dari internet, infeksi virus hpv dapat berhenti dengan sendirinya jika sistem kekebalan tubuh kita baik. Apakah itu benar?
        Dan apakah itu artinya kutil ini bisa berhenti untuk tumbuh di sekitar kemaluan saya?
        Maaf saya terlalu banyak bertanya, karena saya benar2 Drop ketika saya mengetahui terkena Virus ini.

        Mohon Petunjuknya,,
        Terima Kasih…

      • Mas, coba bila berkenan bisa dikirimkan via email gambaran kutil tsb? Kirim ke pramareola14@ymail.com agar saya bisa memberikan analisis lebih baik terhadap kondisi yg anda hadapi.
        Pada dasarnya kutil kelamin atau dalam bahasa medisnya condiloma akuminata disebabkan infeksi hpv yg manifestasinya berupa kutil baik berukuran kecil atau besar (jengger ayam). Biasanya bisa menular via aktifitas seksual berisiko sebelumnya. Sifat infeksinya kronis krn sifat virusnya n utk pengobatan hanya bersifat kosmetik jika ukuran kutil membesar/menganggu penampilan. Yg terpenting adalah pencegahan dgn gaya hidup sehat, tdk melakukan perilaku berisiko n vaksinasi jika belum pernah terinfeksi.
        Saya tunggu, terimakasi

      • Baiklah, jika tumbuh lagi, akan segera saya kirim gambarnya sebelum di ambil.
        Biasanya kutil akan tumbuh dalam waktu kisaran 2 bulan-an setelah di ambil.
        Maaf jika ada tutur kata saya yang kurang berkenan di hati.
        Sebelumnya saya ucapkan banyak2 terima kasih atas konsultasi ini.
        GBU.

      • Sama-sama Mas, maaf di Bali sedang ada hari raya jadi agak lama mesti menunggu balasan

  17. Selamat siang….
    berbahayakah circumvallate papilae dan apa penyebabnya.saya mengharapkan jawaban secepatnya Terima kasih

    • Terimakasih atas pertanyaan n semoga ini respon yang tergolong cepat:-) :
      Circumvalate papila merupakan bagian normal dr lidah, yg terletak di ujung dalam bagian tengah lidah, berbentuk kubah2 yg cukup besar, berfungsi jg sbg unit perasa n ujung syaraf IX.

  18. Dok,Saya Ayu
    saya khawatir kok saya ngaca dilidah saya itu bagian belakang ada , semacam apa ya? saya sih cari digoogle namanya Circumvallate papillae , Nah sedangkan saya sedang sariawan dibagian lidah samping. Bahaya atau tidak dok? dan itu apa dok? tolong jawab secepatnya dok .. Terimakasih wass.

    • Dok saya mau tanya di bagian Circumvallata papilla di lidah sya ada benjol benjol kecil, lalu tidak nyaman saat menelan dan terkadang ad dahak putih dikit namun kental sehingga sya harus seperti meludah keras.. apakah itu? Bisahkah hilang? Apa penyebabnya? Apakah menular? Berbahaya kah? Di obatin pakai apa? Mohon infonya ya dok.. Makasi

      • Selamat pagi,
        Mungkin jika anda berkenan, bisa mengirimkan gambaran keluhan via email ke pramareola14@ymail.com, saya tunggu untuk konseling yang lebih baik
        Sekilas dari yang anda sampaikan sepertinya ada masalah di bagian belakang mulut (tenggorokan atau kerongkongan),
        Namun alangkah baik anda segera memeriksakan diri ke praktek dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat, memgingat keterbatasan media ini,
        Terimakasih

  19. Tapi apakah itu circumvallate papillae? kl bisa mah saya mau kirim foto dok,soalnya khawatirsekali, Takut kanker lidah
    trimakasih dok..

  20. Dear pak pramesemara..
    Saya slh seorang yg di vonis dokter terkena bakteri MH sejak oktober 2014
    Saya minum rutin (setiap hari MDT yg diberikan).
    Saya mengalama reaksi reversal pertama kali pada bulan maret 2015. (Fyi pd bulan feb 2015 saya perjalanan ke luar negeri,saat itu negara tersebut msh beriklim salju).
    Kemudian saya panik akhirnya saya ke dokter spc kulit dan kelamin.. Krn akhir maret saya hrs ibadah umrah.
    Reaksi reversal ini bertambah ketika saya abis suntik meninghitis.
    Kemudian saya ke dokter spc kulit lagi utk menanyakan hal ini.
    Saya dikasi prednison utk meredakan bengkak kemerahannya.
    Hingga skrg saya rutin minum MDT + prednison tsb (prednison dgn dosis yg menurun setiap 2mggu)
    Yg saya mau tanyakan apakah stlh bengkak nya reda ini, kemeraham di muka saya jg akan memudar jadi putih lagi ??

    Mhn jawaban bapak spy saya lbh tenang🙂

    Terimakasih

    • Selamat pagi,
      Kemerahan atau hiperpigmentasi tsb kemungkinan disebabkan tumpukan obat dan reaksi penyakit itu sendiri.
      Saran saya jalani pengobatan dgn baik dan selalu konsultasi dgn dokter yg merawat anda, jangan menggunakan produk kulit yg bebas.
      Terimakasih

      • Sangat berterimakasih dgn responnya.
        Saya hanya khawatir kemerahannya tdk memudar spt awal lagi.
        Saya ada bbrp refernsi dokter spc mh. Spt dr indiyah (fatmawati) dan dr sri linuwih aka dr dini (cipto).
        Namun hingga kini saya masih bersabar menunggu kemerahannya pudar mjd sama dngan warna kulit di wajah disekitarnya.
        Dok, Krn hingga kini kemerahannya blm kunjung pudar apalagi hilang. Apakah bs mengambil tindakan estetik utk menyamarkan kemerahan tsb.
        Mhn responnya.

      • Selamat malam pak,
        Hiperpigmentasi atau kemerahan pada kulit / wajah merupakan salah satu efek samping dari pengobatan mdt pada mh.
        Saran saya adalah segera beekonsultasi dgn dokter yg merawat utk meminta saran obat subsitusi (pengganti) bagi obat mdt yg dicurigai menyebabkan kondisi di atas,
        Tindakan estetik diperkenankan walaupun tetaplah harus dibawah supervisi dokter yg merawat anda dan hindari tindakan yg invasif.
        Semoga bermanfaat,

  21. Pak saya mau tanya
    Penyebab nafas bau itu apa dan adakah cara untuk mengobatinya?

    • Selamat pagi,
      Banyak hal dapat menyebabkan masalah bau napas. Bisa dikarenakan faktor makanan, minuman, kebersihan rongga mulut, dan adanya penyakit di rongga mulut.
      Saran saya untuk dapat menjaga aroma mulut untuk selalu tidak bau adalah dengan rutin sikat gigi atau berkumur, mengurangi konsumsi daging dan bumbu, hindari merokok atau makanan/minuman yang dapat menyebabkan bau mulut, dan minum air putih yang cukup.
      Terimakasih,

  22. Selamat menjelang pagi dok, Dok saya mau nanya nih, saya baru baru ini sunat khitan dok,nak setelah sunat itu.ada gelembung seperti gelembung luka bakar di batang (Maaf) p*n*s saya, dan ketika pecah malah bonyok dan permukaan kulit luarnya terkelupas semua dan menyebabkan perih luar biasa dan setiap saya kasi obat merah agar cepat kering dan sembuh tpi kok gk sembuh sembuh ya,dan kadang msih keluar air dari luka.tersebut,kira kira gimana ya dok.cara.menanganinya,dan apa obat yg harus saya.berikan agar.cepat kering.dan sembuh,aialnya saya.menderita sekali dengan luka ini dok,mohon bantuan arhannya ya dok.Trimakasih🙂

    • Selamat malam,
      Kemungkinan hal tsb terjadi karena masih adanya infeksi yang diakibatkan kurang bersihnya higieni daerah tsb,
      Saran sy segera memeriksakan diri ke dokter terdekat utk mendapatkan pemeriksaan, penanganan n konsultasi yg baik, harap maklum dgn keterbatasan media ini.
      Utk sementara yang bisa dilakukan adalah menjaga kebersihan n kelembaban daerah sekitar kelamin, kompres luka tsb dgn air infus NaCl n berikan krim antibiotika,
      Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: