KUKU SEHAT, KUKU TANPA KUTEKS

kukucantik

oleh :

Putu Budhi Sanjaya Putra, A.Md.Kep

Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali

****

Skarang temen2 lagi ikutan trend masang kuteks warna-warni di kuku. Apa ndak bahaya ya? Trus klo ada, gimana ngatasinnya? Thanxz buaangedd Kak klinik kisara.

Ayux Gianyar, +6281916114XXX

**** 

Setiap hari, ketika melakukan berbagai aktivitas tentu melibatkan semua anggota gerak, kedua tangan dan kaki termasuk bagian terkecilnya, yakni kuku. Kendati fungsinya terkesan kecil, kuku juga rentan mengalami masalah disetiap aktivitas yang dilakukan. Di sisi lain, kuku memerlukan cukup nutrisi untuk dapat tetap tumbuh normal.

Continue reading

Advertisements

KENALI EFEK SOFTDRINK

SoftDrinkTax

oleh :

dr. Ni Wayan Eka Rahayu Dewi, S.Ked

Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali

 **************

Kemaren pas liburan panjang, Koko keliling selamatan ke rumah temen-temen. Koko kayaknya kebanyakan minum Softdrink, tidak kenapa-kenapakan? Bahaya Kak?.

Koko (081952777XXX)

 **************

Siang hari yang panas pastilah segar jika mendapat minuman yang dingin. Apalagi hingga menimbulkan sensasi “nyeessss…“. Tak lupa, disaat merayakan hari-hari raya besar atau momen-momen penting lainnya, rasanya tidaklah lengkap tanpa minuman bersoda. Apalagi kini sudah banyak pilihan produk minuman ringan yang ada di pasaran. Sebelum menenggak habis minuman-minuman di dalam kemasan, kaleng ataupun botol itu, mari cari tahu dulu apa saja kandungan dan efeknya bagi tubuh.

  Continue reading

Organ Reproduksi Perempuan

kespro

oleh :

dr. I Gusti Ngurah Pramesemara, S.Ked

Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali

*********

Alow Kakak Dokter Kisara,

Mo nanya, apa aja alat-alat reproduksi cewek itu? Bedanya dengan organ sex? 

Mpe skarang Tania masih bingung, thx.

Tania (081337174XXX   

 *********

Menjadi remaja di era yang modern ini bisa menjadi sesuatu fase kehidupan yang menyenangkan sekaligus memberikan kewajiban hidup yang cukup berat. Kini remaja selalu dituntut untuk menjadi anak yang baik, rajin belajar, dan ditambah dengan banyak tugas lain yang harus dikerjakan tiap harinya. Di sisi lain remaja harus mampu menjadi sosok yang mengikuti trend dan mode terbaru agar diterima oleh teman-teman sebayanya. Yakinkah para remaja sudah pintar untuk membagi perhatian agar semua dilema di atas bisa sejalan dengan baik?.

Continue reading

Menolak Iklan, Promosi, Dan Sponsor Rokok

wntd 2013

Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2013  

Oleh :

dr. Pramesemara

(Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali)

1369964526

Halo Kisara, kemaren ada aksi turun ke jalan ya untuk kampanye anti rokok? Tapi koq ironis, layar LCD milik pemerintah di perempatan itu malah tetap mengiklankan produk rokok?.

Pande (0811380xxx)

**************

Mungkin pernah mendengar anekdot ini di masyarakat bahwa terdapat tiga keunggulan dari para perokok. Pertama, para perokok tidak akan menua. Kedua, rumah mereka tidak pernah kemalingan. Terakhir, mereka sangat disayang dokter.

Benarkah? Janganlah percaya dulu!” bahwa para perokok tidak pernah tua karena mereka terlanjur mati muda. Rumahnya tidak pernah kemalingan karena sepanjang malam menderita terbatuk-batuk terus tanpa henti. Dan mengapa mereka sangat disayang para dokter karena seringkali harus berobat ke Dokter untuk keluhan yang sama dalam jangka waktu yang lama.

Continue reading

KAWAT GIGI ; PERLUKAH ATAU SEKEDAR TREND?

images (1)

Oleh :

I Wayan Eka Kasmahendra, AMKG

(Relawan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali) 

******************

Skarang khan lagi ngetrend temen2 skolah pada masang kawat gigi. Nah…. Luhtu pengen ikutan juga make begituan. Ndak berbahaya ya Dok?

Luhtu @Seminyak +6281805326XXX

 ******************

Fenomena penggunaan kawat gigi (Behel atau Bracket) memang semakin menjamur di masyarakat. Para orang tua, remaja, dan anak-anak baik dari kalangan menengah maupun atas mulai banyak menggunakannya. Penggunaan kawat gigi sendiri dalam dunia kedokteran gigi di Indonesia baru dimulai pada sekitar medio tahun 1980-an dan semakin popular pada awal dekade hingga kini.

Beberapa waktu belakangan, trend pemasangan kawat gigi semakin banyak digunakan sekedar untuk alasan fashion ataupun estetika belaka tanpa adanya indikasi medis. Menggunakan kawat gigi dengan berbagai macam varian bahan, warna, dan aksesoris pelengkap lainnya tersebut seringkali mampu menjadikan penampilan seseorang terlihat lebih menarik dan secara tidak langsung mampu meningkatkan kepercayaan dirinya.

Continue reading

Derita Akibat Sariawan

sariawan1

Oleh :

dr. Nilam dan dr. Pramesemara

(Staf Unit layanan Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali)

****

Alow KISARA,

Sory Kakak, Putu nanya lewat sms aja ya karna lagi sariawan. Sulit buanget ngomong n ndak enak maem juga. Tolong donk, gimana biar cepat sembuh dari derita ni? :-(,

Putu di Bukit Jimbaran, +6282146909XXX.

*****

Terimakasih atas sms-nya Putu 🙂,

Seperti yang diketahui bahwa mulut merupakan salah satu pintu gerbang utama tempat masuknya mikroorganisme ataupun hal-hal lain yang bisa merugikan kesehatan. Secara umum di dalam rongga mulut terdapat banyak kuman ataupun mikroorganisme lainnya yang merupakan bagian dari flora normal yang tidak menimbulkan gangguan kesehatan apapun (non patogen), serta turut menjaga kesehatan mulut dan membantu fungsi pencernaan.

Continue reading

BAHAYANYA MIRAS BER-ALKOHOL

miras1

Oleh :

Ns. Pramitaresthi dan dr. Pramesemara 

(Staf Klinik Remaja KISARA PKBI Daerah Bali)

 arak bali

Halo KISARA,

Nanya nih, apa minuman beralkohol bisa bikin kematian? Takut aja karna pas kmaren pawai Ogoh-ogoh diajak teman-teman pesta minum arak Bali sedikit sich.

Gung De Denpasar, +628185544XXX.

MIRAS = NAPZA

Minuman keras atau seringkali disebut MIRAS merupakan jenis minuman beralkohol yang  mengandung senyawa etanol. Zat etanol adalah bahan psikoaktif, apabila dikonsumsi berlebihan dan tanpa pengaturan dosis yang tepat bisa menyebabkan perubahan kesadaran maupun penurunan kesadaran. Berbagai minuman beralkohol yang ada dapat juga dimasukkan kedalam golongan zat adiktif karena menimbulkan efek negatif berupa sifat kecanduan  secara fisik maupun psikis.

Continue reading