Pengetahuan Dan Sikap Remaja Perempuan Mengenai Cara Mencegah Dan Mengatasi Keputihan Di Klinik Remaja Kisara Pada Tahun 2009 (Abstrak Penelitian)

manik

IGA Manik Karuniadi

Keputihan (Leukore atau Fluor Albus) adalah istilah untuk menggambarkan keluarnya cairan selain darah dari vagina dan diperkirakan semua wanita pernah mengalami keputihan terutama pada usia reproduktif. Ada dua jenis keputihan, yaitu keputihan fisiologis yang normal dialami semua wanita dan keputihan patologis dengan gejala yang berlangsung lama, terjadi berulang, jumlahnya berlebihan, baunya busuk, dan menimbulkan nyeri, panas, gatal hingga mengarah keganasan. Keputihan dapat menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman yang dapat mempengaruhi kepercayaan diri seorang wanita terutama remaja putri.

Oleh karena itu, pengetahuan yang dimiliki oleh remaja putri tentang pencegahan dan mengatasi keputihan sangatlah berpengaruh pada sikap perilaku bagaimana mereka mencegah dan mengatasi keputihan. Sehingga dilaksanakan penelitian deskriptif ini dengan pendekatan subyek yang berjalan dan populasi seluruh remaja putri yang datang memeriksakan diri ke Klinik Remaja Kisara pada rentang tanggal 9 Mei-13 Juni 2009. Kriteria inklusiyang digunakan adalah remaja putri yang berusia 10-20 tahun saat penelitian dan bersedia menjadi responden.

Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan bahwa sebagian besar remaja putri mengetahui tentang pengertian keputihan (93,02%), sedangkan sebagian remaja putri tidak mengetahui dampak keputihan (60,47%). Berdasarkan karakteristik umur diperoleh data sebagian besar remaja putri berusia 14-16 tahun tidak tahu perihal penyebab keputihan (90,91%). Berdasarkan pendidikan didapatkan bahwa seluruh responden lulusan perguruan tinggi (100%) tidak mengetahui secara pasti cara mencegah keputihan. Dari segi akses informasi didapatkan seluruh remaja (100%) yang tidak mendapat sumber informasi tidak mengetahui mengenai dampak buruk keputihan.

Sebagian remaja putri (53,49%) memiliki sikap negatif terhadap cara mencegah dan mengatasi keputihan. Kelompok usia 17-20 tahun adalah kelompok responden yang seluruhnya memiliki sikap positif tertinggi (100%).  Berdasarkan pendidikan didapatkan hasil kelompok responden SMP yang tertinggi dimana sebagian besar memiliki sikap positif (63,64%). Sikap responden sesuai kemudahan terhadap akses informasi  menunjukkan lebih dari setengah (55%) responden yang pernah mendapat informasi memiliki sikap positif.

Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, Remaja Putri, Keputihan

*Sebuah Abstrak Penelitian Akhir (Skripsi) yang Dilakukan Seorang Mahasiswa Poltekkes Akademi Kebidanan Bali di Klinik Remaja Kisara Tahun 2009 dan Diikutsertakan dalam Ajang Makalah Bebas Simposium Asosiasi Seksologi Indonesia ke-4 di Pontianak.

25 Responses

  1. JuduL skripsinya Bagus..
    dimana saya bisa liat lengkapnya,,???

  2. salam kenal,sy tertarik dengan judul skripsinya.sy ingin membaca selengkapnya bisa kan?trima kasih

  3. pengen liat yang lengkap gmn caranya?

    • Bisa saja Novi….Namun sebelumnya, Novi sekolah dimana? Saya lihat di Facebook, klo Novi backgroundnya Kebidanan. Apabila benar, bisa menghubungi penulisnya langsung, Manik Karuniadi ; Alumnus Akademi Kebidanan Bali tahun kemaren. Thanxs

  4. saya ingin lihat lengkapnya bs,……………?

  5. Berikut Tips yang dapat dilakukan untuk mencegah keputihan:

    1.Bersihkan organ intim dengan pembersih yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina. Salah satunya produk pembersih yang terbuat dari bahan dasar susu. Produk seperti ini mampu menjaga seimbangan pH sekaligus meningkatkan pertumbuhan flora normal dan menekan pertumbuhan bakteri yang tak bersahabat. Sabun antiseptik biasa umumnya bersifat keras dan dapat flora normal di vagina. Ini tidak menguntungkan bagi kesehatan vagina dalam jangka panjang.

    http://www.naturalcrystal-x.co.cc/

  6. apa saya boleh lihat selengkapnya????krna saya tertarik ingin membacanya….

  7. kka’,, wndy tertarik sma judulx kka’..
    boleh ga’ wndy liat skripsix kka’??

  8. kak..lam knal y. skripsiny bagus tuh, boleh gk mnt selengkapny, soalny skr aku jg lg buat skripsi ttg keputihan. mksh..

  9. ka,aq mau lihat skripsinya boleh ga

  10. ass slam kenal sebelum nya , , ,, mbak saya teryarik banget ma isi skripsinya ,,,boleh gak saya baca terima kasih sebelumnya

    • Kepentingan saya ingin membacanya adalah karena pacar saya kebetulan proposalnya tentang keputihan. Untuk tolong dikirim ya sekalian untuk referensi saya juga. Terima kasih

      • Silakan kontak facebook atas nama manik karuniadi yg mmiliki softcopy karya tulis ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: